Sukses

4 Cara Membuat Gelang Dari Tali Kur, Tali Sepatu, Tali Kulit dan Benang Wol

cara membuat gelang dari tali kur, tali sepatu, tali kulit dan benang wol.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat gelang dari tali kur, tali sepatu, tali kulit dan benang wol dapat bisa menjadi keterampilan yang berguna dan menghasilkan. Gelang merupakan salah satu aksesoris yang kerap kali menjadi favorit oleh banyak orang, baik perempuan maupun laki-laki.

Dengan mengetahui cara membuat gelang dari tali kur dan tali lainnya, anda bisa membuat gelang buatan tangan ini dan diberikan pada teman ataupun keluarga terdekat sebagai hadiah. Selain itu anda juga bisa mengembangkannya menjadi bisnis aksesoris untuk mendapat keuntungan.

Oleh karena itu, memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang cara membuat gelang dari tali kur dan tali lainnya bisa menjadi peluang untuk memulai usaha baru. Dengan budget awal yang tidak terlalu besar, anda dapat membuat gelang-gelang cantik yang cantik dan unik.

Untuk panduan dalam membuat gelang dari tali kur dan tali lainnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/10/2022). Tentang cara membuat gelang dari tali kur, tali sepatu, tali kulit dan benang wol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Gelang Dari Tali Kur

1. Cara Membuat Gelang Dari Tali Kur

Gelang pertama yang dibuat adalah gelang dengan bahan dasar tali kur, berikut ini adalah bahan yang perlu disiapkan dan langkah-langkah yang perlu diikuti:

Bahan:

- 2 tali kur dengan dua warna berbeda

- Gunting

- Korek api

- Selotip

Cara membuat gelang dari tali kur:

1. Langkah pertama adalah memotong kedua tali tersebut dengan ukuran yang sama panjang. Lalu buat simpul di 1/3 bagian salah satu tali.

2. Lalu masukkan tali warna lainnya pada simpul tali yang pertama dan buat simpul mati. Setelah itu buat simpul tali seperti angka 8.

3. Pastikan untuk memegang masing-masing tali dengan kedua tangan dan arahkan tali kanan ke kiri melewati sisi depan tali yang sejajar. Kemudian masukkan tali kiri ke dalam lubang kanan melewati belakang tali yang sejajar. Lakukan sampai tali habis.

4. lalu gabungkan dua tali dengan memasukkannya ke dalam tali sejajar pada lubang kecil yang berada di ujung simpul tersebut. Jika ada sisa tali, potong tali dan bakar sedikit dengan korek api. Rapikan dan gelang siap digunakan.

 

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Gelang Dari Tali Sepatu

2. Cara Membuat Gelang Dari Tali Sepatu

Selanjutnya adalah cara membuat gelang dari tali sepatu, dengan tali yang lebih besar maka ukuran gelang pun lebih besar daripada gelang dari tali kur, berikut bahan dan langkah lengkapnya:

Bahan:

- Tali sepatu

- Sedotan bening

- Selotip

- Gunting

- Korek api

Cara membuat gelang dari tali sepatu:

1. Sediakan sedotan. Lalu ukur 1,5 cm dan tandai dengan pena, teruskan hingga sedotan habis. Gunting-gunting sedotan setiap 1,5 cm.

2. Kemudian siapkan tali sepatu, ukur sama panjang, rekatkan bagian tengahnya pada meja dengan selotip.

3. Masukkan satu buah sedotan ke dalam tali, lalu masukkan sisi lain tali menyilang. Tarik tali hingga sedotan ada di atas. Lakukan terus hingga habis. Sesuaikan dengan pergelangan tangan.

4. Selanjutnya cukup panjang, buat simpul di bagian akhir tali.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Gelang Dari Tali Kulit

3. Cara Membuat Gelang Dari Tali Kulit

Gelang berikutnya dibuat dengan bahan dasar tali kulit, berikut ini bahan yang perlu disipakan dan langkah-langkah yang perlu diikuti:

Bahan:

- 3 tali kulit

- 1 kunci gelang

- 2 kawat ikat penjepit

- 3 kawat cincin

Cara membuat gelang dari tali kulit:

1. Ambil tali dengan ukuran yang sama, lalu satukan dengan kawat penjepit dan eratkan dengan tang.

2. Selanjutnya pasang satu kawat cincin pada ujungnya. Kemudian, pasang kunci gelang. Eratkan lagi dengan tang.

3. Lalu kepang tali dengan rapi hingga ujung. Satukan ujungnya dan eratkan dengan kawat penjepit. Lalu, pasang kawat cincin.

4. Tambahkan hiasan gelang dengan sisa tali. Selesai.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Gelang Dari Benang Wol

4. Cara Membuat Gelang Dari Benang Wol

Cara membuat gelang yang selanjutnya dengan menggunakan benang wol dan ring aluminium. Berikut bahan dan langkah-langkah membuatnya:

Bahan:

- 1 Benang wol

- 2 Ring alumunium

- Pernak Pernik

- Lem

- Gunting

Cara membuat gelang dari benang wol:

1. Setelah semua bahan terkumpul, oleskan permukaan ring sekitar 1 cm dengan lem.

2. Lalu tempelkan ujung benang wol pada bagian yang sudah diolesi lem tersebut dan lilitkan benang wol ke seluruh permukaan ring.

3. Usahakan untuk lilitannya rapi melingkari ring tanpa ada yang saling bertumpukan, ya. Kalau sudah, kamu bisa memberikan lem kembali bagian ujung dari ring tersebut.

4. Terakhir, berikan berbagai pernak-pernik atau aksesoris lainnya supaya gelangmu semakin cantik dan stylish. Selesai.

 

Demikian cara membuat gelang dari tali kur, tali sepatu, tali kulit dan benang wol yang bisa diikuti dengan langkah-langkah yang mudah untuk diikuti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.