Sukses

10 Manfaat Ceker Ayam yang Kaya Nutrisi dan Kolagen, Baik Untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Ceker ayam mungkin terdengar tidak menggugah selera untuk sebagian orang, Namun di beberapa negara seperti China, Vietnam, Filipina, dan Korea dijuluki sebagai makanan yang lezat. Meskipun kaki ayam sering dibuang sebagai produk limbah, namun di Indonesia ceker ayam akan dengan mudah Anda jumpai di warung kecil atau angkringan. Manfaat ceker ayam yang bisa Anda peroleh saat mengonsumsinya adalah menjaga kesehatan tulang juga mengatasi peradangan. 

Ceker ayam memiliki tampilan serta tekstur yang kenyal, membuat banyak orang beranggapan bahwa mereka sedang memakan sepasang kaki. Akan tetapi, ceker ayam memiliki segudang manfaat kesehatan yang tersembunyi di balik penampilannya. Salah satu manfaat ceker ayam yang bisa Anda peroleh adalah membuat wajah tetap awet muda, juga mencegah penuaan dini. 

Manfaat ceker ayam juga sebagaian dikaitkan dengan kandungan kolagennya yang tinggi. Dengan kolagen, dapat  membentuk sekitar 25% hingga 35% kandungan protein tubuh yang seiring bertambahnya usia. Kolagen juga mengurangi produksi protein struktural yang bisa Anda peroleh ketika mengonsumsi ceker ayam.

Berikut ini manfaat ceker ayam yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/10/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Manfaat Ceker Ayam

1. Kulit Bersih

Manfaat ceker ayam yang bisa Anda peroleh adalah membuat kulit lebih bagus dan bersih. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh Department of Animal Science National Chung-Hsing University di Taiwan menunjukkan bahwa ceker ayam mengandung banyak kolagen yang membuat kulit wajah tampak awet muda.

2. Mencegah Penuaan Dini 

Manfaat ceker ayam yang kaya akan kolagen, serta mengandung asam hialuronat, dan kondroitin sulfat membantu mencegah efek penuaan. Kolagen secara sederhana dapat digambarkan sebagai protein yang bertindak sebagai perekat, tidak hanya untuk membuat kulit bersih, namun meningkatkan performa atletik dengan baik. 

Manfaat kolagen yang Anda peroleh ketika mengonsumsi ceker ayam adalah: 

- Kulit lebih sehat dan tampak lebih muda.

- Kaya akan kalsium dan protein, tanpa karbohidrat.

- Dapat meningkatkan suplai darah dengan memperkuat pembuluh darah.

- Membantu tubuh dalam memetabolisme lemak.

- Memperlambat efek radang sendi.

- Mengurangi rasa sakit dan bengkak (peradangan).

3. Arthritis

Ceker ayam terdiri dari tulang, kulit, dan tendon, tetapi tidak ada otot, sehingga kandungan protein, kalsium, mineral, kolagen, dan tulang rawan, mudah diserap oleh tubuh. Manfaat ceker ayam yang memiliki banyak nutrisi penting ini, dibutuhkan untuk gerakan sendi yang baik, serta meminimalkan radang sendi dan nyeri sendi.

 

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Ceker Ayam

 

4. Kaya Nutrisi

Ceker ayam memang sebagian besar terdiri dari jaringan ikat, tulang rawan, tendon, dan tulang. Namun masih cukup bergizi dan memberikan cukup banyak vitamin dan mineral. Satu porsi 2 kaki ayam mengandung kalori, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin, kolagen, yang tentunya membuat kesehatan otot dan tulang selalu terjaga.

5. Sumber Folat

Melansir dari laman Healthline, sumber folat atau vitamin B9 yang terkandung di dalam ceker ayam, memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya membantu sintesis DNA dan membantu mencegah kelainan kelahiran. Kandungan lemaknya kebanyakan berasal dari kulitnya, yang biasanya dibuang untuk dimasak. Manfaat ceker ayam secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit. 

6. Mencegah Keropos Tulang 

Manfaat ceker ayam juga membantu mencegah keropos tulang, karena mengandung kolagen yang dapat meningkatkan pembentukan dan kepadatan tulang pada wanita pascamenopause. Melansir dari sumber yang sama, bahkan para peneliti percaya bahwa kolagen dapat memberikan efek ini karena merupakan konstituen utama dari massa tulang.

7. Membantu Mengontrol Gula Darah

Melansir dari laman Healthline, manfaat ceker ayam juga membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Bahkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menentukan bahwa protein kaki ayam dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dengan merangsang glukagon-like peptide, di mana hormon ini membantu mengaktifkan produksi insulin 

 

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Ceker Ayam

 

8. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat ceker ayam yang baik untuk kesehatan adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Adapun kandungan kolagen membantu mencegah penyakit jantung. Namun Anda harus teliti dalam mengolahnya, karena lemak tak jenuh yang tidak sehat yang diketahui membahayakan kesehatan jantung. 

9. Seimbangkan Hormon

Manfaat ceker ayam untuk kesehatan juga baik dalam menyeimbangkan hormon, karena adanya kandungan kadar seng yang dapat memenuhi setidaknya 1/3 dari kebutuhan tubuh di setiap porsi. Lemak di ceker ayam juga membantu meningkatkan kinerja kelenjar dalam tubuh, serta kolagennya sangat berperan dalam membantu menjaga suplai darah ke sejumlah titik kendali hormonal termasuk sistem saraf pusat di otak dan di sejumlah kelenjar di seluruh tubuh.

10. Mengencangkan Kulit

Manfaat ceker ayam selanjutnya, mampu mengencangkan kulit wajah. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Research by the Department of Animal Science of National Chung-Hsing University di Taiwan menunjukkan bahwa ceker ayam mengandung banyak kolagen yang meremajakan kulit wajah. Dengan kolagen mendukung kulit lebih sehat dan tampak lebih muda serta mengurangi rasa sakit dan bengkak.

 

5 dari 5 halaman

Cara Mengolah Ceker Ayam

Ceker ayam sebagian besar digunakan untuk menyiapkan sup dan semur dan dapat disajikan sebagai camilan, bahkan hidangan utama, atau lauk. Adapun cara mengolah ceker yang bisa Anda lakukan di rumah adalah:

Bahan:

- Siapkan 10 kaki ayam

- 2 sendok makan (30 mL)

- Cuka sari apel 1 sendok makan 

- Garam lautair yang disaring

- Sayuran dan rempah-rempah untuk rasa (opsional)

Cara membuat ceker ayam:

- Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah rebus ceker ayam, jika memiliki lapisan kulit luar.

- Masukkan ke dalam panci berisi air mendidih selama 10–30 detik, lalu masukkan ke dalam air dingin. Tarik dan buang kulit luarnya.

- Siapkan multi-cooker, kemudian tambahakan ceker ayam dan tambahkan air yang disaring sampai benar-benar tertutup.

- Tambahkan cuka, garam, bumbu, dan sayuran. Didihkan, lalu kecilkan suhu hingga mendidih. Ambil sendok dan singkirkan busa atau buih yang terbentuk di atasnya.

- Anda bisa masak semalaman, lalu saring kaki, sayuran, dan bumbu dari kaldu. Nikmati kaldu segera atau tuangkan ke dalam stoples kaca dan dinginkan hingga 1 minggu atau bekukan hingga 6 bulan.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS