Sukses

Contoh Surat Permohonan untuk Berbagai Keperluan, Mudah dan Sederhana

Contoh surat permohonan yang wajib disimak.

Liputan6.com, Jakarta Surat permohonan biasanya dibuat dengan fungsi memohon izin kepada beberapa pihak tertentu, di mana harus memuat tentang alasan yang jelas, baik itu meminta bantuan atau sekadar mengajak untuk bekerja sama. Contoh surat permohonan harus menggunakan bahasa yang sopan sesuai ejaan yang benar.

Contoh surat permohonan juga dapat merepresentasikan juga menyampaikan maksud dan tujuan secara singkat dan jelas. Sebuah surat permohonan bisa ditulis secara ringkas, singkat sehingga mudah dipahami oleh pihak yang dituju, karena surat permohonan termasuk dalam sebuah surat resmi dan merupakan dokumen bersifat formal yang digunakan untuk mengajukan sesuatu dalam ranah kepentingan tertentu.

Contoh surat permohonan yang benar, juga bisa dibuat oleh perorangan, organisasi, maupun institusi. Berlaku secara komersial maupun nonkomersial, kepada pihak lain dengan tendensi meminta sesuatu dengan relevansi tertentu. Surat permohonan juga mencakup beberapa aspek kepentingan, seperti individu juga secara resmi.

Berikut ini contoh surat permohonan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/10/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Seperti Apa Surat Permohonan

Sebelum mengetahui contoh surat permohonan, maka sangat penting bagi Anda untuk mengenal seperti apa surat permohonan itu. Surat permohonan adalah surat resmi yang biasanya ditulis oleh seseorang, badan usaha, maupun organisasi dan instansi resmi pemerintahan untuk meminta suatu hal kepada pihak atau instansi lain. Biasanya surat permohonan ini digunakan di lingkungan formal seperti lembaga pendidikan, perusahaan dan sejenisnya.

Surat permohonan bersifat formal, maka perlu ditulis dengan bahasa yang juga formal. Penulisan surat permohonan tentunya bersifat persuasif sehingga perlu disertai alasan atau latar belakang seseorang atau organisasi meminta atau memohon sesuatu dari pihak lain. Akan tetapi, banyak sekali contoh surat permohonan dengan berbagai format penulisan yang berbeda antar lembaga resmi. Namun terlepas dari hal itu, terdapat salah satu ciri khas, di mana bertujuan untuk meminta bantuan, juga urutan teks surat.

 

 

3 dari 5 halaman

Format Penulisan Surat Permohonan

Sebelum menulis surat permohonan, maka sangat penting bagi Anda mengetahui apa saja format yang baik dan benar dalam menulis surat permohonan. Krena bersifat formal, maka tata bahasa, juga urutan surat harus menjadi perhatian Anda ketika ingin menulis. 

1. Kop surat

Dalam membuat surat permohonan, tentu memiliki kop surat yang dapat menyatakan legalitas instansi atau organisasi beserta atribut pelengkapnya seperti alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Namun jika dalam membuat surat permohonan secara perorangan, maka sifat kop surat menjadi opsional. Adapun hal penting yang dimuat dalam kop surat adalah: 

- Nama Organisasi

- Alamat Organisasi

- Nomor Telepon/Fax.

- Logo Organisasi

2. Isi surat

Selain kop surat, terdapat bagian penting dari surat permohonan yaitu isi surat permohonan, yang sebaiknya dibuka dengan salam resmi dan menambahkan nama atau pejabat yang dituju dari institusi penerima surat. Kalimat pembuka yang sering digunakan adalah “Yth. Bapak/ Ibu ” atau “Kepada CEO”, hindari penggunaan kedua atribut “Yth.” dan “Kepada” secara bersamaan. Bagian isi surat, bisa Anda membuka dengan perkenalan berbasis organisasi jika hal itu berkaitan dengan organisasi dan sebaliknya. Dalam isi surat permohonan, Anda bisa menyampaikan latar belakang dari tujuan secara rinci atau singkat, serta menggunakan bahasa yang efektif. 

3. Penutup

Format terakhir dari surat permohonan adalah bagian penutup surat, dengan kalimat yang singkat dan sopan ditambah kalimat persuasif seperti harapan agar pihak penerima surat dapat menyetujui permohonan yang Anda lakukan. 

 

4 dari 5 halaman

Contoh Surat Permohonan

Berikut contoh surat permohonan izin cuti dan magang:

1. Surat Permohonan Izin Cuti

SURAT PERMOHONAN IZIN CUTI.....,......

Hal : Izin cuti

Kepada Yth,Bapak/Ibu XYZ di (Nama instansi)

Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:

Alamat:

Jabatan:

Dengan surat ini saya bermaksud untuk memohon izin cuti selama 5 (5) hari kedepan, dikarenakan dalam masa pemulihan. Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenarnya. Atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,

 

(nama lengkap dan tanda tangan)

2. Surat Permohonan Magang

SURAT PERMOHONAN PENELITIAN…………….., …………

Hal : Permohonan Penelitian Lapangan

Lampiran : 1 (Satu) Bundel

Kepada Yth,(tempat penelitian)

Dengan hormat,

Sehubungan dengan penelitian lapangan yana akan saya lakukan di (tempat penelitian), maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Tempat/Tgl Lahir :

Jenis Kelamin :

Pendidikan :

Kewarganegaraan :

Agama :

Nomor telepon :

Alamat :

Dengan ini bermaksud mengajukan permohonan untuk melakukan penelitian di XXYZ, untuk posisi sebagai Accounting (posisi dan jabatan). Saya telah membaca semua persyaratan dan bersedia memenuhi semua ketentuan perusahaan, termasuk menjalani masa intership, juga bekerja dalam sistem full time. Untuk itu, sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu HRD, bersama surat permohonan magang ini saya turut melampirkan :

- Fotokopi Ijazah Terakhir

- Fotokopi Transkrip Nilai

- Fotokopi KTP

- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

- Surat Keterangan Berbadan Sehat

- Daftar Riwayat Hidup

Besar harapan saya Bapak/Ibu bisa memberikan saya kesempatan wawancara, sehingga saya bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai potensi diri dan kemampuan yang saya miliki. Demikian surat permohonan penelitian lapangan ini saya sampaikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

 

(nama lengkap dan TTD)

 

 

5 dari 5 halaman

Contoh Surat Permohonan

 Berikut contoh surat permohonan sponsor dan izin acara:

3. Surat Permohonan Sponsor

SURAT PERMOHONAN SPONSOR………………,………………..

Nomor :

Perihal : Permohonan Sponsor

Lampiran : 1 Bundel Proposal

Kepada Yth, Direktur YYZ di Jakarta Barat

Dengan hormat,Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional, kami dari ……….. bermaksud untuk menyelenggarakan Pentas Seni Tari yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:

Waktu:

Tempat :

Maka dari itu, kami selaku panitia Pentas Seni Tari dari …………………, bermaksud untuk mengajukan permohonan kerjasama sponsorship untuk mendorong kelancaran acara tersebut. Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, bersama ini kami sudah melampirkan 1 bundel proposal dari kegiatan yang terbuka untuk umum tersebut.

Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas perhatian dan ketersediaannya menjadi sponsor, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

 

(Nama lengkap dan TTD)

4. Surat Permohonan Izin Acara

SURAT PERMOHONAN IZIN ACARA………,……….

No : ………..

Hal : Permohonan Izin Kegiatan Bakti Sosial

Yth. Kepala Desa ……..

di Tempat

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, kami bermaksud mengadakan acara bakti sosial di lingkungan wilayah kerja Bapak/Ibu pada:

Hari, tanggal:

Waktu:

Tempat:

Kegiatan :

Bersama surat ini, kami bermaksud memohon izin untuk pelaksanaan kegiatan tersebut sekaligus menggunakan ………… untuk tempat acara.

Demikian surat permohonan ini kami buat. Kami harap permohonan kami dapat diterima dan diberikan izin agar pelaksanaan acara berjalan lancar. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

(nama dan tanda tangan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.