Sukses

31 Contoh Sila ke-3 di Lingkungan Masyarakat dan Penjelasannya

Simak kumpulan contoh sila ke-3 Pancasila di lingkungan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami contoh sila ke-3 Pancasila di lingkungan masyarakat ini penting untuk memperkuat jiwa nasionalisme warga masyarakat Indonesia. Bunyi sila ke-3 adalah “Persatuan Indonesia” yang mengarah pada sikap bersatu dan bekerja sama.

Di lingkungan masyarakat, contoh sila ke-3 Pancasila merupakan wujud dari perasaan cinta pada tanah air Indonesia. “Persatuan Indonesia” ini yang mampu pula memperkokoh Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat sama dengan melakukan segala sesuatu atas nama bangsa dan negara. Melakukan segala sesuatu yang bermartabat demi menjunjung tinggi harkat negara Indonesia. Baik itu dalam bentuk prestasi maupun dalam bentuk lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat, Rabu (12/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bunyi Sila ke-3 Pancasila dan Penjelasannya

Bunyi sila ke-3 Pancasila adalah “Persatuan Indonesia” yang memiliki makna mendalam dan sampai saat ini masih dipegang sebagai ideologi bangsa Indonesia. Bunyi sila ke-3 Pancasila mencerminkan sikap nasionalisme yang kuat dan kokoh.

Dalam buku berjudul Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar kelas 5 oleh Christiana Umi, contoh sila ke-3 Pancasila di lingkungan masyarakat adalah gambaran dari persatuan, gotong royong, hingga kerja sama membangun negeri. Bunyi sila ke-3 Pancasila memperkuat makna persatuan dan kesatuan bangsa.

Bunyi sila ke-3 Pancasila melansir dari Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) mengungkap adanya “Persatuan Indonesia” memuat tujuh pengamalan yang termasuk dalam contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat. Ini contoh sila ke-3 Pancasila yang dimaksudkan:

1. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.

2. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan.

3. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.

4. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air indonesia.

5. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

6. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah mengembangkan persatuan indonesia atas dasar bhinneka tunggal ika.

7. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa

3 dari 3 halaman

Contoh Sila ke-3 di Lingkungan Masyarakat Selanjutnya

Apalagi yang termasuk dalam contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat? Sejatinya contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah wujud dari perasaan bersatu, bekerja sama, dan saling menjaga kerukunan di lingkungan masyarakat.

Ini contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

8. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah berprestasi agar membanggakan bagi negara indonesia.

9. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah menjunjung tinggi kehormatan negara jika sedang berada di luar negeri.

10. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

11. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.

12. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah bangga menjadi rakyat indonesia.

13. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah mau saling membantu saat orang lain sedang kesusahan dalam hal apa pun.

14. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah tidak membeda-bedakan antar sesama manusia terutama dalam hal tolong-menolong.

15. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah kompak dalam melakukan kebaikan.

16. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah selalu giat dalam belajar agar bisa membanggakan keluarga, bangsa, dan negara.

17. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah selalu mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi atau diri sendiri.

18. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah mau selalu menjaga kerukunan dengan siapa pun, termasuk keluarga, teman sebaya, dan kelompok lainnya.

19. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah menanamkan sikap rela berkorban demi kepentingan yang lebih besar seperti kepentingan bangsa dan negara.

20. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah membangun pergaulan yang baik sekaligus memajukan pergaulan demi kemajuan bangsa dan negara.

21. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah selalu memiliki rasa penghargaan tinggi pada segala ras, suku, adat, dan agama lainnya.

22. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah selalu menghindari konflik demi perdamaian.

23. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah selalu berupaya menghindari sikap anarkis dalam hal apa pun.

24. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah tidak melakukan adu domba, baik itu pada bangsa sendiri atau bangsa lainnya.

25. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah selalu berupaya mendamaikan jika menemui pihak-pihak yang berseteru.

26. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah tidak mudah menyinggung dan tersinggung.

27. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah tidak suka menggunjing keburukan orang lain.

28. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah menghindari perasaan dendam dan iri.

29. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah menjunjung tinggi norma-norma baik yang dianut oleh masyarakat.

30. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah selalu berupaya hidup bermasyarakat di mana pun dan kapan pun.

31. Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat adalah menghormati segala perbedaan yang ada di mana pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.