Sukses

Contoh Berikut Merupakan Bentuk dari Interaksi Keruangan yaitu Lahan Pertanian Jadi Pemukiman

Bentuk dari interaksi keruangan yaitu perubahan lahan pertanian menjadi pemukiman.

Liputan6.com, Jakarta Contoh berikut merupakan bentuk dari interaksi keruangan yaitu salah satunya lahan pertanian jadi pemukiman. Interaksi keruangan merupakan gambaran mengenai adanya kondisi saling memengaruhi dan ketergantungan antarkomponen ruang muka bumi.

Hal ini dapat memengaruhi faktor alami, faktor alam dengan manusia, alam dengan kondisi sosial budaya, maupun antar faktor sosial.

Contoh berikut merupakan bentuk dari interaksi keruangan yaitu perubahan lahan pertanian menjadi pemukiman. Hal ini memiliki fokus utama pada bagaimana manusia memperlakukan alam atau lingkungannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari files1.simpkb.id, Senin (10/10/2022) tentang bentuk dari interaksi keuangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Interaksi Keruangan

Contoh berikut merupakan bentuk dari interaksi keruangan yaitu perubahan lahan pertanian menjadi pemukiman. Kamu tentunya harus mengenali terlebih dulu apa itu interaksi keruangan bila ingin memahami pernyataan tersebut. Ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tinggal.

Sementara itu, interaksi keruangan adalah pergerakan orang, barang atau informasi dari satu daerah ke daerah lain atau dari daerah asal ke daerah tujuan. Interaksi keruangan merujuk pada hubungan timbal balik antara dua tempat atau lebih. Hal ini biasanya bentuknya berupa pergerakan orang, barang, informasi, ide, atau gagasan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, interaksi keruangan adalah gambaran mengenai adanya kondisi saling memengaruhi dan ketergantungan antarkomponen ruang muka bumi, baik antara faktor alami, faktor alam dengan manusia, alam dengan kondisi sosial budaya, maupun antar faktor sosial. Contoh berikut merupakan bentuk dari interaksi keruangan yaitu perubahan lahan pertanian menjadi pemukiman, hal ini menandakan adanya perbedaan wilayah atau variasi ruang.

Interaksi dalam pergerakan manusia disebut dengan istilah mobilitas penduduk. Sementara itu, interaksi dalam bentuk perpindahan barang disebut dengan transportasi. Kemudian, interaksi dalam bentuk gagasan disebut dengan komunikasi. Dari sini, kamu bisa mengenali contoh berikut merupakan bentuk dari interaksi keruangan yaitu perubahan lahan pertanian menjadi pemukiman.

3 dari 4 halaman

Faktor Interaksi Keruangan

Contoh berikut merupakan bentuk dari interaksi keruangan yaitu perubahan lahan pertanian menjadi pemukiman, yang tentunya memiliki faktor tertentu. Ada beberapa kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi keruangan, yaitu saling melengkapi (complementarity), kesempatan antara (intervening opportunity) dan keadaan dapat diserahkan/dipindahkan (transferability).

Saling melengkapi (Complementarity)

Complementarity atau disebut juga dengan Regional Complementary adalah kondisi saling melengkapi yang terjadi jika ada wilayah-wilayah yang menghasilkan komoditas berbeda. Contohnya, wilayah Indramayu merupakan penghasil padi, sedangkan wilayah Subang merupakan penghasil sayuran. Wilayah Indramayu membutuhkan sayuran, sedangkan wilayah Subang membutuhkan padi. Jika masing- masing memiliki kelebihan (surplus), maka wilayah Indramayu melakukan interaksi dengan wilayah Subang dalam melalui aktivitas perdagangan atau jual beli.

Kesempatan antara (Intervening opportunity)

Intervening opportunity adalah suatu lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuan. Jika seseorang akan membeli suatu produk, maka ia akan memperhatikan faktor jarak dan biaya untuk memperoleh produk tersebut. Misalnya, pedagang beras dari Karawang biasanya membeli beras dari pasar Induk Jakarta, tetapi sejak ada pasar induk di Cikopo maka mereka lebih dekat membeli beras di Cikopo sehingga terjadi interaksi antara wilayah Karawang ke Cikopo.

4 dari 4 halaman

Faktor Interaksi Keruangan

Contoh berikut merupakan bentuk dari interaksi keruangan yaitu perubahan lahan pertanian menjadi pemukiman belum terjawab dari penjabaran di atas. Kamu perlu mengenali faktor interaksi keruangan berikutnya.

Kemudahan transfer (transferability)

Pengangkutan barang atau juga orang memerlukan biaya, biasanya biaya yang dicari adalah biaya yang lebih rendah. Jika biaya tersebut terlalu tinggi dibandingkan dengan keuntungannya, maka interaksi antar ruang tidak akan terjadi. Kemudahan transfer dan biaya yang diperlukan juga sangat tergantung pada ketersediaan infrastruktur (sarana dan prasarana) yang menghubungkan daerah asal dan tujuan. Sebagai contoh jika jalan dari desa ke kota rusak maka mereka sulit mendapatkan harga yang murah karena jalannya mengalami kerusakan, tetapi jika jalannya mudah dilalui maka barang-barang yang ada di daerah tersebut biasanya akan lebih murah.

Perubahan akibat interaksi antar ruang

Interaksi antar ruang dapat terjadi dalam bentuk pergerakan barang, orang maupun , ide atau gagsasan. Pergerakan interaksi antar ruang ini dapat berupa perjalanan menuju tempat kerja, perpindahan barang ke daerah – daerah pemasaran, migrasi ,perjalan wisata, penyyediaan fasilitas umum dan lain sebagainya. Berbagai perubahan sebagai akibat interaksi antar ruang adalah: berkembanganya pusat – pusat perkembangan, perubahan penggunaan lahan,perubahan orientasi mata pencaharian,sarana dan prasarana berkembang, perubahan social budaya,dan perubahan komposisi penduduk.

Contoh berikut merupakan bentuk dari interaksi keruangan yaitu perubahan lahan pertanian menjadi pemukiman bisa kamu pahami di sini. Dari penjabaran di atas kamu memahami bahwa contoh berikut merupakan bentuk dari interaksi keruangan yaitu perubahan lahan pertanian menjadi pemukiman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.