Sukses

35 Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan, Rambut, Kecantikan, Vitalitas, dan Masakan

Berikut adalah 35 manfaat buah kelapa untuk kesehatan, kecantikan, rambut, vitalitas, dan masakan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat buah kelapa bisa dibilang banyak sekali. Bahkan tidak hanya buahnya, hampir di setiap bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Manfaat buah kelapa tidak lepas dari kandungan nutrisinya yang sangat kaya. Maka sudah jelas jika manfaat buah kelapa juga baik untuk kesehatan tubuh.

Di samping itu, buah kelapa juga bisa diolah menjadi berbagai makanan dan bahan tambahan makanan yang dapat memperkaya rasa, baik sebagai santan atau sebagai taburan. Namun manfaat buah kelapa juga dapat dirasakan ketika sudah diolah menjadi minyak kelapa.

Bahkan manfaat buah kelapa yang telah diolah menjadi minyak kelapa sangat bagus untuk merawat rambut. Dari mulai kesehatan tubuh hingga rambut, berikut adalah sejumlah manfaat buah kelapa, seperti yang telah dirangkum Liputan6.cm dari berbagai sumber, Minggu (9/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah kelapa muda yang pertama adalah sangat baik untuk diet. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Menggunakan air kelapa muda sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping. Jadi, lebih baik mengonsumsi air kelapa muda dari pada harus membeli obat-obatan kimia untuk mendapatkan berat badan ideal.

2. Mengatasi Keluhan Pencernaan

Manfaat buah kelapa muda juga dapat mengatasi berbagai keluhan pencernaan. Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal. Air kelapa mengandung enzim bioaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan berbagai enzim lainnya. Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa ini dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

Manfaat buah kelapa muda juga berguna saat kamu terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi.

3. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah kelapa muda selanjutnya adalah untuk kecantikan, yaitu membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Kandungan sitokinin (salah satu hormon pertumbuhan) dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia. Jika kamu ingin awet muda, minum air kelapa bisa menjadi salah satu caranya.

4. Mencegah Dehidrasi

Air kelapa muda memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh kamu. Kandungan elektrolit dalam air kelapa muda sangatlah tinggi. Dengan elektrolit yang tinggi tersebut, manfaat kelapa muda dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas.

Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa muda adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa muda juga sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

5. Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah kelapa muda juga dipengaruhi oleh kandungan vitamin dan mikronutrien, seperti zink, tembaga, mangan, dan selenium. Sejumlah senyawa tersebut dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, sehingga penyakit infeksi tidak mudah terjadi.

6. Menangkal Radikal Bebas

Air kelapa muda kaya akan senyawa fenolik, yang merupakan senyawa antioksidan untuk menangkal dampak buruk radikal bebas. Senyawa tersebut juga diketahui dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel tubuh.

3 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan

7. Meningkatkan Stamina

Manfaat buah kelapa muda salah satunya adalah dapat meningkatkan stamina. Hal ini disebabkan karena kelapa muda memiliki kandungan karbohidrat di dalam air kelapa yang dapat digunakan tubuh untuk menghasilkan energi. Mengonsumsi kelapa muda tentunya bisa membuat kamu lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas.

8. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat buah kelapa muda berikutnya adalah dapat membantu memperbaiki proses metabolisme di dalam tubuh. Ini membuatnya mampu menurunkan risiko sejumlah penyakit metabolik, seperti penyakit jantung. Penyakit metabolik ditandai dengan tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, trigliserida tinggi, kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, kolesterol baik (HDL) rendah, dan lemak perut berlebih.

9. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal menjelaskan hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin.

Hasilnya menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi mereka secara rata-rata menurun. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

10. Menetralisir Racun di dalam Tubuh

Manfaat buah kelapa muda selanjutnya adalah dapat menetralisir racun di dalam tubuh. Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa muda sangatlah tinggi. Air kelapa muda juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

4 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kelapa untuk Kecantikan dan Rambut

11. Menghidrasi Kulit

Jika kamu sering mengalami kulit terasa kering, ada kemungkinan bahwa kulit tubuh kamu kekurangan cairan yang bisa melembapkan permukaannya. Manfaat kelapa muda dapat menjadi solusi yang tepat. Selain minum banyak air putih, kamu pun bisa mengonsumsi air kelapa karena mengandung vitamin C yang bisa menyehatkan kondisi kulit.

Agar hasilnya optimal, gunakan tabir surya dan hindari paparan langsung sinar matahari. Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembap setelah mandi. Dilakukan setelah mandi karena kulit yang lembap karena terkena air akan mengunci krim pelembap lebih lama ketimbang dipakai saat kondisi kulit benar-benar kering.

12. Melindungi dan Menjaga Elastisitas Kulit

Manfaat buah kelapa muda untuk kecantikan yang bisa kamu rasakan selanjutnya adalah mendapatkan elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung banyak vitamin C. Sementara itu, tubuh juga membutuhkan asupan vitamin C yang cukup untuk memproduksi kolagen dan antioksidan agar bisa menangkal radikal bebas.

Maka, dengan minum air kelapa setidaknya satu gelas dalam sehari, bisa memenuhi 40 persen kebutuhan vitamin C harian kamu. Air kelapa juga bisa kamu jadikan alternatif untuk mencukupi tubuh dengan vitamin C, terutama apabila kamu tidak suka dengan rasa asam yang biasanya ditimbulkan pada buah yang mengandung vitamin C.

13. Menutrisi rambut

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, manfaat buah kelapa juga bisa kita rasakan ketika buah yang satu ini telah diolah menjadi minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang pertama adalah menutrisi. Minyak kelapa adalah sumber vitamin, asam lemak esensial, lemak jenuh, asam laurat, dan antioksidan yang baik untuk rambut. Kandungan ini membantu rambut ternutrisi dengan baik, sehat, dan terlindungi dari hormon stres. Minyak kelapa uga dapat melindungi rambut dari kerusakan karena penataan rambut yang berlebihan atau sinar UV.

14. Melembapkan rambut

Asam laurat minyak kelapa memiliki berat molekul rendah dan mudah menembus batang rambut. Ini menciptakan lapisan tipis di atas batang rambut, mempertahankan kelembapan, dan menjaga helai rambut terlindung dari panas dan kerusakan. Manfaat minyak kelapa untuk rambut mengurangi kerusakan rambut, mencegah ujung bercabang, dan memperkuat kutikula rambut.

15. Memperkuat akar rambut

Minyak kelapa sangat baik untuk memperkuat akar rambut. Sirkulasi darah yang lebih baik melalui pijatan minyak kelapa memastikan akar rambut lebih kuat dan rambut sehat. Asam laurat minyak kelapa juga bisa memperkuat akar rambut.

16. Mempercepat pertumbuhan rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut juga baik untuk pertumbuhan rambut. Hasil studi tahun 2015 pada tikus menunjukkan bahwa formula yang mengandung minyak kelapa dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan ketebalan rambut. Para peneliti menyimpulkan bahwa minyak kelapa mampu melindungi rambut dari kerusakan, membalikkan atau mengobati kerontokan rambut.

17. Mengurangi kerusakan rambut

Minyak kelapa meningkatkan kekuatan tarik helai rambut dan mengurangi risiko kerusakan rambut. Kerusakan rambut dapat terjadi karena abrasi mekanis, perawatan kimia, dan perawatan rambut yang tidak tepat. Minyak kelapa menembus dan mengisi batang rambut, yang dapat membantu mencegah zat berbahaya lainnya masuk ke rambut. Ini dapat mencegah kerusakan rambut.

18. Melindungi dari panas

Kelelahan hygral terjadi ketika rambut membengkak karena terlalu banyak air. Terlalu banyak pembengkakan dapat merusak rambut atau membuatnya patah. Hal ini dapat membuat rambut lebih kering dan lemah dari waktu ke waktu. Menggunakan sedikit minyak kelapa pada rambut basah sebelum dikeringkan atau menggunakan penataan panas dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat air dan panas.

 

5 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kelapa untuk Rambut

 

19. Cegah keriting dan kusut

Rambut menjadi keriting ketika air masuk ke batang rambut, menyebabkannya membengkak dan terlihat tidak rata. Minyak kelapa menghentikan rambut menyerap air, terutama di iklim lembap. Ini dapat membantu mencegah rambut kusut. Cobalah mengoleskan satu atau dua tetes minyak kelapa ke rambut kering, terutama sebelum pergi keluar dalam cuaca lembab atau basah.

20. Cegah ketombe

Minyak kelapa dapat menenangkan masalah ketombe yang kronis. Manfaat minyak kelapa untuk rambut bekerja sangat baik untuk kulit kepala kering yang mengelupas. Minyak ini bekerja dengan melembapkan kulit kepala dan memulihkan kesehatannya.

21. Mencegah kehilangan protein

Asam laurat dalam minyak memiliki afinitas tinggi untuk protein. Manfaat minyak kelapa untuk rambut secara topikal dapat membantu mencegah hilangnya protein rambut dan menjaga rambut tetap sehat, tebal, dan berkilau.

22. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat minyak kelapa untuk rambut juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Ini dilakukan dengan cara memijat kulit kepala secara teratur dengan minyak kelapa. Memijat juga memastikan nutrisi dalam darah mencapai dan memelihara folikel dan menjaga rambut tetap sehat dan tebal.

23. Jaga kesehatan kulit kepala

Minyak kelapa juga memiliki sifat antivirus. Menerapkannya ke kulit kepala, dapat membantu mengurangi risiko infeksi mikroba dan rambut rontok. Pencegahan infeksi semacam itu juga dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala.

24. Mendinginkan kulit kepala

Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mendinginkan kepala. Ini bisa digunakan di musim panas atau ketika kulit kepala sedang iritas. Minyak kelapa adalah lemak jenuh alami. Kandungan lemak yang tinggi di dalamnya dapat membantu menenangkan iritasi kulit kepala, pengelupasan, dan gatal-gatal. Lemak dalam minyak kelapa juga dapat membantu menyegel kelembapan rambut.

25. Kondisioner alami

Manfaat minyak kelapa untuk rambut bisa dijadikan sebagai kondisioner alami. Minyak kelapa berfungsi sebagai kondisioner alami yang mengunci kelembapan dan membuat rambut terasa sehat, lembut, dan halus. Menerapkannya sebelum atau sesudah keramas membantu mengurangi rambut kusut dan kusam.

26. Melawan infeksi jamur

Satu studi laboratorium baru-baru ini menemukan bahwa minyak kelapa membantu menyingkirkan beberapa jenis infeksi jamur. Minyak kelapa dapat membantu menyembuhkan atau mencegah ketombe dan jamur lain di kulit kepala.

27. Mengatasi rambut bercabang

Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut bercabang. Minyak kelapa menyerap ke helai rambut lebih baik daripada minyak mineral dan jenis minyak lainnya. Ini bisa membantu mencegah rambut patah dan bercabang.

6 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kelapa untuk Vitalitas Pria

28. Mencegah disfungsi ereksi

Manfaat buah kelapa hijau dapat merangsang dan memperkuat fungsi reproduksi. Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat kelapa hijau dinilai mampu memperkuat daya tahan seksual pria.

29. Meningkatkan gairah

Manfaat buah kelapa hijau yang dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan aliran darah menuju alat kelamin. Hal ini dipicu oleh kandungan kepala hijau berupa protein dan karbon, sehingga dapat merangsang gairah pria.

30. Meningkatkan stamina

Manfaat buah kelapa hijau dalam hubungannya dengan aktivitas reproduksi yakni dapat meningkatkan stamina pria.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi air kelapa hijau bisa mencapai detak jantung lebih tinggi, dan kehilangan cairan lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang sebelumnya hanya minum air putih atau air elektrolit lainnya.

31. Menangkal dampak buruk nikotin

Zat nikotin pada rokok menjadi salah satu zat berbahaya yang dapat menyebabkan seorang pria mengalami gangguan impotensi.

Ketika terkena polusi udara termasuk asap rokok, kadar kalium dalam tubuh menjadi sangat rendah. Di Kondisi seperti itu, air kelapa hijau bisa memberi asupan kalium karena memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Selain itu, kelapa juga memiliki zat yang bersifat menetralkan racun, sehingga dapat menangkal bahaya yang ditimbulkan nikotin.

32. Meningkatkan hormon testosteron

Gangguan seksual umumnya disebabkan oleh peredaran darah yang kurang lancar. Sementara itu manfaat kelapa hijau antara lain memiliki kandungan nutrisi seperti sodium, potasium hingga magnesium yang dapat memperlancar aliran darah.

Disamping itu, rutin mengonsumsi air kelapa hijau juga dapat meningkatkan jumlah produksi hormon testosteron.

7 dari 7 halaman

Manfaat Buah Kelapa untuk Masakan

33. Memperkaya rasa

Air kelapa hijau memiliki cita rasa manis yang alami. Meski manis pada kelapa hijau tidak bisa menggantikan gula, namun menambahkan air kelapa di masakan seperti kare, gulai, opor, akan memperkaya cita rasa masakan.

32. Penyedap alami

Selain memiliki cita rasa manis alami, air kelapa hijau juga memiliki cita rasa gurih di dalamnya. Menggunakan air kelapa hijau sebagai pengganti air di masakan akan memberikan cita rasa gurih alami.

33. Menguatkan aroma masakan

Mengaplikasikan air kelapa sebagai pengganti air biasa dalam masakan juga akan meningkatkan aroma masakan. Aroma air kelapa yang harum akan meningkatkan selera makan.

34. Menghilangkan bau amis

Bau amis memang merupakan hal lumrah muncul pada bahan makanan seperti seafood dan daging. Hanya saja tidak semua orang bisa tahan dengan bau itu, bahkan bisa sampai muntah.

Manfaat kelapa hijau bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada bahan makanan. Untuk masak ikan berkuah, cukup ganti air biasa dengan air kelapa ini.

35. Membuat daging menjadi empuk

Selain menghilangkan bau amis, menggunakan air kelapa juga dapat mencegah daging sapi jadi alot ketika dimasak. Manfaat kelapa hijau juga akan terasa dalam proses mengempukkan daging.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.