Sukses

21 Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Cocok untuk Santai, Pesona Alam hingga Sejarah

Liputan6.com, Jakarta Bangka Belitung memang dikenal sebagai penghasil timah. Namun perlu diketahui tempat wisata di Bangka Belitung juga tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan tempat wisata di Nusantara lainnya.

Jika Anda adalah penggemar pantai, makan tempat wisata di Bangka Belitung ini mungkin akan jadi pilihan yang tepat. Apalagi, di kepualauan ini banyak sekali pantai dengan pasir putih yang indah.

Meski demikian, jangan pernah berpikir bahwa tempat wisata di Bangka Belitung hanya ada pantai saja. ada banyak tempat yang yang sangat indah yang bisa menjadi pilihan tempat berlibur yang menarik.

Tempat wisata di Bangka Belitung banyak yang memiliki nuansa yang sangat eksotis. Selain pantai yang menjadi tempat ideal untuk bersantai, tempat wisata di Bangka Belitung juga memiliki berbagai macam tempat yang sangat eksotis, mulai dari gurun, perbukitan, hutan mangrove, dan sebagainya.

Yang jelas, tempat wisata di Bangka Belitung ini akan menyajikan pengalaman seru di waktu liburan Anda. Berikut adalah rekomendasi sejumlah tempat wisata di Bangka Belitung, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (9/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Wisata Pantai

1. Pantai Matras

Pantai Matras adalah pantai yang terletak di desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, di sebelah timur laut Pulau Bangka yang mempunyai jarak sekitar 40 km dari Pangkalpinang atau 7 km dari kota Sungailiat. Pantai ini berbeda dengan pantai pasir putih kebanyakan.

Tempat wisata di Bangka ini memiliki topografi yang landai. Selain itu pasir putih di pantai ini juga memiliki tekstur yang halus, sehingga Anda bisa berjalan-jalan menelusuri bibir pantai dengan bertelanjang kaki tanpa perlu khawatir kaki akan sakit.

Panjang pantai ini mencapai 3 km serta berlebar 20 sampai 30 meter.[1] Pantai ini merupakan pantai yang paling banyak dikunjungi di Bangka Belitung, baik masyarakat Bangka sendiri, wisatawan domestik, ataupun mancanegara.

2. Pantai Tikus

Pantai Tikus berada di Desa Rebo, Kelurahan Kenangan, Sungailiat, Bangka. Pantai ini berdampingan secara tidak langsung dengan sebuah bukit, yakni Bukit Rebo. Disebut Pantai Tikus karena di sekitar pantai ini banyak jalan tikus yang biasa dilalui para penambang timah.

Pantai ini masih sangat bersih dan juga alami, warna air lautnya juga jernih. Tempatnya yang luas dapat digunakan warga menjadi objek wisata dan melakukan kegiatan berkemah. Di pantai ini ditemukan batu granit, tebing yang terjal, dan pepohonan yang asri. Di seberang jalan, dari pantai, kamu bisa menjumpai Vihara Puri Tri Agung yang megah.

3. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri berada di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini memiliki kontur tanah yang landai dengan ombak yang relatif kecil. Tempat wisata ini memiliki daya tarik berupa hamparan pasir putih yang masih bersih dan batu-batu granit yang alami. Batu-batu tersebut mempunyai ukuran yang cukup besar dan bersifat alami, sehingga makin menambah kesan eksotiknya pantai ini.

3 dari 6 halaman

Wisata Pantai

4. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk memiliki hamparan batu-batu granit yang melengkung menghiasi garis pantai. Jika Kamu berada di pantai ini, Kamu akan merasakan udara sejuk yang menentramkan hati karena banyak sekali pepohonan di sepanjang pantai Penyusuk. Tidak banyak fasilitas umum yang ada di pantai Penyusuk. Namun jangan khawatir karena pantai ini sedang dalam proses pengembangan, sehingga ke depannya pantai ini tidak akan kalah dengan pantai-pantai lain di sekelilingnya.

Jika Anda Berminat untuk mengunjungi Pantai Penyusuk, tempat wisata di Bangka Belitung ini berlokasi di Jalan Penyusuk, Belinyu, Bukit Ketok, Belinyu, Kabupaten Bangka.

5. Pantai Dinding Batu Belinyu

Pantai Batu Dinding Belinyu merupakan salah satu tempat wisata di Bangka yang cukup populer. Nama Pantai Batu Dinding berasal dari sebutan salah satu batu granit yang sangat besar menyerupai dinding yang menjadi ikon pantai ini.

Daya utama dari pantai ini adalah suasana taman dan pepohonan yang tumbuh di area bukit yang akan memanjakan mata Anda. Selain itu, di pantai ini terdapat rumah pemilik pantai Batu Dinding yang bisa di jadikan rumah singgah bagi anda yang ingin santai atau beristirahat.

6. Pantai Tongachi

Pantai Tongaci merupakan tempat wisata di Bangka yang cuku populer. Ini tidak lepas dari daya tariknya berupa panorama alam dengan hamparan pasir pantai yang terbentang luas dan birunya air laut.

Selain pemandangan Pantai Tongaci yang eksotis, wisatawan juga dapat melihat langsung penangkaran penyu laut. Dikelola sebagai kawasan marina untuk penangkaran satwa langka yaitu penyu belimbing dan penyu hijau.

4 dari 6 halaman

Danau

7. Danau Kaolin

Danau Kaolin ini merupakan sebuah danau yang cukup besar dan dikelilingi perbukitan pasir. Keunikan dari danau Kaolin ini adalah airnya yang berwarna biru diapit oleh timbunan tanah putih. Danau terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang sudah tak terpakai lagi dan membentuk bentang alam yang indah. Wisata Bangka ini terletak di Desa Air Raya Tanjungpandan, Belitung. Danau ini juga menjadi salah satu andalan wisata Bangka.

8. Pulau Putri

Pulau Putri ini berlokasi di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka. Terdapat berbagai gugusan batu granit raksasa yang menakjubkan di sepanjang pantai pulau ini. Air laut di pantai pun sangat jernih dan ombaknya tidak begitu deras.

9. Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden atau yang seringkali disebut BBG ini merupakan agrowisata yang menjadi ikon wisata Bangka. Kebun yang mempunyai area hijau seluas 300 hektar ini merupakan destinasi andalan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Di Bangka Botanical Garden, kamu bisa belajar mengenai agroteknologi sambil menikmati udara sejuk. Kamu juga bisa belajar mengenai usaha perikanan karena letak BBG cukup strategis yakni berdampingan dengan pantai Pasir Padi.

10. Red Hill, Danau Ampar

Tak hanya pantai yang memukau, saat berkunjung ke Pulau Bangka. Ada pula yang disebut "Red Hill" di sekitar Danau Ampar, Kabupaten Bangka. Panorama bebatuan dengan warna merah bata sungguh menakjubkan. Serunya lagi, terdapat danau ampar di tengah bebatuan merah bata tersebut.

11. Danau Open Pit

Danau open pit adalah tempat wisata di Bangka Belitung yang merupakan bekas galian yang membentuk kawah. Danau ini memiliki warna yang menarik sehingga kerap dijadikan destinasi wisata.

Danau ini merupakan salah satu kawasan bekas galian tambang timah di daerah Belitung Timur yang memiliki kawah besar berwarna hijau dan gua bekas penambangan. Danau Open Pit juga masuk dalam bagian Geopark Belitung.

5 dari 6 halaman

Wisata Sejarah

12. Museum Timah Indonesia

Kepulauan Bangka Belitung merupakan satu-satunya penghasil timah di Indonesia. Pertambangan timah juga menjadi sektor primer sebagai struktur perekonomiannya. Jejak penambangan dapat dilihat secara gratis di Museum Timah Indonesia yang berlokasi di pusat kota Pangkalpinang.

13. Rumah Pengasingan Soekarno

Di Pulau Bangka juga terdapat destinasi wisata bersejarah yang menawan. Salah satunya rumah pengasingan Bung Karno. Rumah tersebut disebut Wisma Ranggam yang terletak di Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

14. Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata adalah tempat wisata di Bangka Belitung yang memungkinkan pengunjung untuk bisa melihat koleksi film Laskar Pelangi dan juga berbagai karya dari Andrea Hirata lainnya. Keistimewaan lain dari museum ini adalah pengunjung dapat menikmati musik dari para seniman belitung. Museum kata sudah berdiri sejak 2010.

15. SD Laskar Pelangi

SD Laskar Pelangi adalah tempat wisata di Bangka Belitung selain pantai yang wajib dikunjungi. Bangunan ini awalnya dibuat guna dijadikan sebagai tempat lokasi syuting untuk film Laskar Pelangi.

SD Muhammadiyah Gantong yang sesungguhnya sudah tidak ada, dulu lokasinya terletak di pinggir pantai Belitung Timur. Akan tetapi, sekarang sudah dibangun dengan megah. Sutradara Riri Riza membuat replika SD ini lengkap dengan pasir pantai putihnya.

Di sini wisatawan bisa menikmati suasana sekolah yang pernah wisatawan lihat di film Laskar Pelangi sambil berswafoto. Wisatawan harus menempuh perjalanan hampir 2 jam dari bandara Belitung untuk bisa sampai ke lokasi ini

6 dari 6 halaman

Bukit

16. Bukit Peramun

Bukit Peramun adalah tempat wisata di Bangka Belitung yang kaya akan satwa endemiknya. Ada hamparan pepohonan hijau dengan berbagai fasilitas menarik yang bisa Wisatawan temui di sini. Seperti jembatan merah yang menjadi alat penyeberangan menuju desa sebelah, mobil terbang, dan lainnya.

Satwa yang ada di Bukit Peramun adalah Tarsius. Hewan mungil lucu bermata besar ini dapat Wisatawan temukan jika berkunjung ke sini. Bukit dengan ketinggian sekitar 129 meter ini dapat didaki selama 30 menit lamanya.

17. Gunung Burung Mandi

Gunung Burung Mandi merupakan tempat wisata di Bangka Belitung yang memiliki daya tarik berupa pemandangan pantai yang tidak kalah menarik.

18. Bukit Menumbing

Bangka Belitung juga menawarkan wisata sejarah yang menarik yaitu bukit Menumbing. Wilayah ini merupakan tempat pengasingan para pahlawan kemerdekaan.

Tempat wisata di Bangka Belitung ini berupa sebuah bukit di wilayah Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat dengan ketinggian 355 meter dari permukaan laut. Di puncak bukit ini terdapat Wisma Menumbing atau Pesanggerahan Menumbing yang merupakan tempat pengasingan Soekarno, Mohammad Hatta dan tokoh lainnya.

Di Bukit Menumbing banyak koleksi peninggalan bersejarah, menjelajahi ruang Wisma Ranggang merupakan salah satu cara mengenal sejarah Bung Karno dengan asyik. Untuk mengenang jasa Bung Karno kepada Republik, di halaman Wisma Ranggam kini dibangun Tugu Proklamasi.

19. Bukit Berahu

Bukit berahu adalah tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi. Jika Wisatawan ingin menikmati waktu lebih santai tetapi ingin tetap bisa menikmati indahnya alam di Belitung, Bukit Berahu bisa Wisatawan jadikan destinasi wisata di Belitung pilihan.

Kawasan ini sudah memiliki berbagai fasilitas mulai dari restoran dan juga villa untuk bermalam lengkap dengan sarana rekreasi seperti kolam renang.  Lebih seru lagi karena Bukit Berahu berada di dataran yang lebih tinggi, bisa menikmati indahnya pantai dan laut Belitung dari kejauhan.

20. Bukit Pangkuan

Bukit pangkuan adalah tempat wisata di Bangka Belitung yang memiliki konsep agrowisata. tempat wisata ini cocok dikunjungi oleh keluarga karena ada banyak hal menarik yang bisa dieksplor.

Setiap pengunjung diajak untuk memanen setiap buah yang telah siap. Mulai dari kelengkeng, rambutan, melon, jambu, hingga sirsak, semuanya bisa ditemukan jika berkunjung ke Bukit Pangkuan.

21. Hutan Pelawan

Hutan ini dipenuhi dengan pohon Pelawan yang unik karena berbatang kayu merah. Pohon ini menjadi sangat menarik karena jarang ditemui, beruntung Provinsi Bangka Belitung menjadi salah satu kawasan endemik pohon Pelawan. Daya tarik utama tempat wisata di Bangka Belitung ini berupa hamparan pemandangan alam yang menawan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS