Sukses

Profesi Adalah Suatu Pekerjaan, Pahami Definisi dan Jenis-Jenisnya

Profesi adalah salah satu bidang dari pekerjaan yang didasari dengan keahlian dan keterampilan tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Profesi adalah istilah yang kerap kali digunakan dalam penyebutan pekerjaan. Profesi adalah salah satu bidang dari pekerjaan yang didasari dengan keahlian dan keterampilan tertentu. Tidak semua pekerjaan masuk dalam kategori profesi.

Profesi adalah mengacu pada siapa saja yang mencari nafkah dari melakukan suatu kegiatan yang memerlukan tingkat pendidikan, keterampilan, atau pelatihan tertentu. Profesi adalah bidang pekerjaan yang memiliki karakteristik yang tidak ditemukan pada jenis pekerjaan lain.

Profesi adalah orang yang memperoleh penghasilan dari pengetahuan atau pengalaman dalam bidang pekerjaan. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kesehatan, keuangan, militer, teknik desainer, tenaga pendidik.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai definisi profesi beserta ciri-ciri dan jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Definisi Profesi

Profesi adalah kata serapan dari sebuah kata dalam bahasa Yunani yaitu Epangelia yang bermakna janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap atau permanen. Profesi adalah suatu pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, definisi profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian seperti keterampilan dan kejuruan tertentu. Profesi adalah suatu pekerjaan yang ada standar kompetensi, pengetahuan, atau pendidikan yang harus ditunjukkan serta mematuhi kode etik dan standar etika.

Dengan begitu, tidak semua pekerjaan dapat dikategorikan sebagai profesi. Sebab dalam penggunaan kata profesi tersebut, maka seseorang harus sudah memperoleh latihan, pendidikan, atau sertifikasi. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kesehatan, keuangan, militer, teknik desainer, tenaga pendidik.

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Profesi

Adapun ciri-ciri profesi adalah sebagai berikut:

1. Terdapat keahlian atau pengetahuan khusus yang sesuai dengan bidang pekerjaan, di mana keahlian atau pengetahuan tersebut didapatkan dari pendidikan, pelatiham, maupun pengalaman.

2. Terdapat kaidah dan standar moral yang sangat tinggi yang berlaku bagi para profesional berdasarkan kegiatan pada kode etik profesi.

3. Dalam pelaksanaan profesi harus lebih mengutamakan kepentingan masyarakat atas kepentingan pribadi.

4. Seseorang yang profesional harus memiliki izin khusus agar dapat menjalankan pekerjaan sesuai profesinya.

5. Pada umumnya seorang profesional merupakan anggota suatu organisasi profesi di bidang tertentu.

6. Melakukan proses persiapan (secara sengaja) dan sistematis, sebelum mengerjakan pekerjaan profesional tersebut.

4 dari 6 halaman

Karakteristik Seorang Profesional

1. Memisahkan pribadi dan profesional

Sebagai seorang yang profesionak, maka dapat memahami pentingnya memisahkan kehidupan pribadi mereka dari kehidupan profesional mereka.

2. Manajemen waktu yang efektif

Seorang profesional harus tahu bagaimana mengatur waktu mereka dengan baik saat sedang bekerja.

3. Fokus

Seorang profesional jelas tentang tujuan mereka dan memahami apa yang harus mereka capai. Seorang profesional tahu bagaimana tetap fokus pada pekerjaan mereka untuk mempertahankan produktivitas.

4. Terorganisir

Seorang profesional menjaga ruang kerja untuk tetap rapi dan teratur, sehingga mereka dapat dengan mudah menemukan barang-barang saat dibutuhkan.

5. Bahasa profesional

Orang-orang yang berperilaku profesional memantau setiap area perilaku mereka, termasuk cara berbicara. Mereka meminimalkan penggunaan bahasa gaul dan menghindari penggunaan bahasa yang tidak pantas di tempat kerja. Bahkan berhati-hati dengan bahasa yang mereka gunakan dalam suasana informal.

5 dari 6 halaman

Karakteristik Seorang Profesional

6. Perilaku etis

Mewujudkan profesionalisme dalam lingkungan pekerjaan juga berarti berkomitmen untuk melakukan hal yang benar. Kejujuran, keterbukaan, dan ketulusan adalah semua karakteristik perilaku etis. Banyak organisasi memasukkan komitmen terhadap perilaku etis dalam kode etik mereka. Profesional dapat mengadopsi kode etik pribadi dan membuat komitmen yang sama secara individu.

7. Sikap positif

Bagian dari menjadi seorang profesional berarti mempertahankan sikap positif dan bisa melakukan saat bekerja. Sikap positif akan meningkatkan kinerja profesional secara keseluruhan dan meningkatkan kemungkinan hasil yang positif.

8. Komunikator yang kuat

Seorang profesional harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat. Hal ini berarti bahwa mereka tidak hanya dapat secara efektif dan efisien menyampaikan pesan kepada orang lain tetapi juga bahwa mereka dapat secara aktif mendengarkan dan memahami apa yang orang lain katakan kepada mereka.

9. Memiliki soft skill

Soft skill adalah atribut pribadi yang memungkinkan seseorang berinteraksi secara efektif dengan orang lain. Soft skill mencakup hal-hal seperti kepemimpinan, pemikiran kritis, kerja tim, dan keterampilan orang.

6 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Profesi

Ada berbagai jenis-jenis profesi yang berbeda dari berbagai sektor pekerjaan. Berikut jenis-jenis profesi di Indonesia, antara lain:

1. Akuntan.

2. Guru.

3. Teknisi.

4. Fisik.

5. Bankir komersial.

6. Insinyur.

7. Pengacara.

8. Psikolog.

9. Apoteker.

10. Ahli diet.

11. Analis riset.

12. Bidan.

13. Montir.

14. Dokter.

15. Montir listrik.

16. Konsultan.

17. Bankir investasi.

18. Programmer.

19. Pilot.

20. Perawat.

21. Ilmuwan.

22. Fotografer.

23. Pramugari

24. Peneliti.

25. Polisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.