Sukses

10 Cara Menghaluskan Telapak Tangan yang Kasar, Gunakan Bahan Alami

Cara menghaluskan telapak tangan bisa menggunakan bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghaluskan telapak tangan perlu kamu pahami. Pasalnya, kulit tangan kerap kali tidak mendapatkan perhatian dan perawatan yang benar. Sehingga, tidak sedikit orang mengalami kulit tangan kasar dan tidak indah.

Biasanya, penyebab telapak tangan kasar ini adalah aktivitas sehari-hari yang banyak menggunakan tangan. Contohnya yaitu mencuci piring, mencuci baju, menyetir kendaraan, hingga mengetik di komputer.

Cara menghaluskan telapak tangan bisa menggunakan bahan alami. Kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami yang dapat melembapkan kulit, terutama pada kulit tangan. Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghaluskan tangan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/9/2022) tentang cara menghaluskan telapak tangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghaluskan Telapak Tangan

Lidah Buaya

Cara menghaluskan telapak tangan yang pertama yaitu menggunakan lidah buaya. Lidah buaya bermandaat untuk melembapkan kulit, mendetoksifikasi kulit, serta memperbaiki dan meremajakan kulit. Kandungan vitamin C dan E pada lidah buaya juga sangat baik untuk kulit. Cara mengatasi telapak tangan yang kasar dengan lidah buaya yaitu pisahkan daging lidah buaya dari kulitnya, kemudian cuci hingga bersih. Haluskan menggunakan blender hingga benar-benar halus. Oleskan pada seluruh permukaan telapak tangan hingga merata. Tunggu beberapa saat kira-kira 10 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai cara menghaluskan telapak tangan. Kandungan vitamin C, D, dan antioksidan pada minyak zaitun dapat membantu meremajakan kulit. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun juga dapat memberikan minyak alami yang dapat menjaga kelembaban kulit sehingga kulit terhindar dari kekeringan yang membuat kulit menjadi kasar. Cara mengatasi telapak tangan yang kasar dengan minyak zaitun yaitu, hangatkan minyak zaitun terlebih dahulu kemudian oleskan pada tangan. Lakukan 3 kali dalam satu minggu.

3 dari 5 halaman

Cara Menghaluskan Telapak Tangan

Garam

Garam juga bisa digunakan untuk cara menghaluskan telapak tangan yang kasar. Garam dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Garam juga bisa menghilangkan racun pada kulit yang dapat membuat kulit tidak sehat, kusam, dan mengelupas. Cara mengatasi telapak tangan yang kasar dengan garam yaitu dengan masukkan garam ke dalam air hangat. Kemudian, lakukan perendaman telapak tangan sesering mungkin agar menjadikan telapak tangan kita sehat, indah, dan halus.

Minyak Kelapa

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar juga bisa menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa dapat digunakan untuk melakukan perawat pada telapak tangan yang kurang sehat dan kapalan. Cara merawat telapak tangan yang kasar dengan minyak kelapa yaitu melakukan pijatan halus pada telapak tangan menggunakan minyak kelapa. Melakukan hal ini juga dapat membantu merelaksasi kulit agar lebih sehat dan halus. Pijat perlahan telapak tangan menggunakan minyak kelapa selama 5 menit.

4 dari 5 halaman

Cara Menghaluskan Telapak Tangan

Teh

Teh memiliki antioksidan yang tinggi yang yang dapat membantu meremajakan kulit, sehingga membuat kulit menjadi halus. Teh juga dapat membunuh bakteri yang dapat merusak kulit, serta dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit menjadi kasar.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan teh yaitu, pertama-tama rendam telapak tangan menggunakan teh yang telah direbus, kurang lebih selama 10 menit. Kemudian lap hingga kering. Lakukan 3 kali dalam seminggu.

Madu

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar bisa dilakukan dengan memanfaatkan madu. Madu memiliki kandungan vitamin, anti oksidan, dan potasium yang sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit. Kulit yang selalu lembab akan terhindar dari kerusakan dan kulit kasar. Cara merawat telapak tangan yang kasar dengan madu yaitu pijat perlahan telapak tangan menggunakan madu selama 5 menit lakukan secara berkala.

Jeruk Nipis

Vitamin C yang terkandung pada jeruk nipis dapat membantu pembentukan kolagen yang berfungsi menjaga elastisitas kulit serta dapat membantu melembutkan kulit. Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan jeruk nipis yakni menggosok-gosokkan jeruk nipis pada telapak tangan selama 5 menit. Kemudian cuci menggunakan air dingin. Lakukan langkah-langkah tersebut secara rutin.

5 dari 5 halaman

Cara Menghaluskan Telapak Tangan

Kentang

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar juga bisa menggunakan kentang. Kentang memiliki antioksidan yang tinggi yang membantu mengangkat sel kulit mati dari kulit yang menyebabkan kulit menjadi kusam dan kasar. Parut kentang secukupnya, kemudian oleskan merata pada telapak tangan. Gunakan sebagai masker tangan tunggu hingga mengering lalu bilas menggunakan air hangat lakukan rutin secara berkala.

Ampas Kopi

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar juga bisa dengan ampas kopi. Kopi mengandung antioksidan yang sangat tinggi untuk mencegah kuman yang masuk ke dalam kulit tangan. Cara merawat telapak tangan yang kasar dengan ampas kopi yaitu ratakan ampas kopi pada telapak tangan kira-kira 15 menit kemudian bilas mengunakan air dingin.

Garam dan Minyak Zaitun

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan garam dan minyak zaitun mudah saja. Siapkan 4 sendok makan garam halus, beri 2 sendok makan minyak zaitun, lalu aduk hingga rata. Oleskan pada telapak tangan selama 20 menit. Menggunakan garam dan minyak zaitun dapat membuat telapak tangan menjadi halus dan lembut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.