Sukses

12 Manfaat Tahajud yang Luar Biasa Beserta Ayat Al-Qur'an dan Hadist yang Mendasari

Manfaat tahajud yang didapat dengan melakukan ibadah ini secara teratur, lengkap dengan ayat dan hadist yang mendasarinya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat tahajud sangatlah banyak dan luar biasa. Shalat tahajud yang juga dikenal sebagai shalat malam ini merupakan salah satu shalat sunnah yang apapula dikerjakan akan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak mendapat dosa.

Walaupun tidak wajib dilakukan, namun terdapat banyak keutamaan dan manfaat tahajud yang bisa didapat jika melakukan ibadah ini secara teratur. Tahajjud artinya meninggalkan tidur agar bisa shalat. Ada Sejumlah hadis dan ayat-ayat yang menekankan pentingnya memohon kepada Allah SWT dengan doa di malam-malam yang paling gelap.

Shalat tahajud dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir setelah tidur, merupakan hal yang sulit bagi sebagian besar orang untuk bangun di saat-saat tersebut. Tingkat kesulitan ini lah yang menjadi salah satu alasan mengapa terdapat banyak keutamaan dan manfaat tahajud yang bisa didapat dengan melakukan ibadah ini secara teratur.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang keutamaan dan manfaat tahajud beserta ayat dan hadist yang mendasarinya, Senin (12/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Tahajud yang Luar Biasa Beserta Ayat dan Hadistnya

1. Dibawa ke tempat yang terpuji dan mulia di sisi Allah SWT

Manfaat tahajud yang pertama adalah dibawa ke tempat yang terpuji dan mulia di sisi Allah SWT. Inilah janji Allah SWT yang akan mengangkat umat-Nya ke tempat yang terpuji, bagi orang yang melaksanakan shalat tahajud dengan tekun dan ikhlas mengharapkan ridha Ilahi.

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada di dalam surga dan mata air, mengambil apa yang telah diberikan Tuhan mereka kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka dulu jarang tidur [apa]. Dan pada jam-jam sebelum fajar, mereka akan meminta pengampunan.” (Adz-Dhariyat 51:15-18)

 

2. Menyampaikan doa dan harapan

Sholat Tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang utama dan merupakan media yang efektif untuk menyampaikan doa kita kepada Allah SWT. Kita dapat berdoa tentang kehidupan, tentang impian membangun keluarga sakinah, dan permohonan untuk hadirnya aliran hidayah yang berkelanjutan dalam sholat tahajud.

“Setiap malam Allah Tabaraka Wa Ta'ala turun (ke langit dunia) pada saat sepertiga malam terakhir. Dia berkata: “Siapa pun yang memanggil saya, saya akan mengizinkan bandingnya. Siapapun yang meminta kepada saya, saya izinkan permintaannya. Dan barang siapa yang meminta ampun kepada-Ku, maka Aku ampuni dia.” (HR Bukhari dan Muslim)

 

3. Menjadi rendah hati

Allah SWT menegaskan bahwa orang yang shalat tahajud akan selalu memiliki sifat rendah hati dan ramah. Ketenangan yang merupakan cerminan dari ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masyarakat akan membuat kita rendah hati.

“Dan hamba-hamba Yang Maha Pemurah adalah orang-orang yang berjalan di muka bumi dengan kerendahan hati dan ketika menyapa mereka orang-orang bodoh, mereka berkata, ‘Damai.’ Dan orang-orang yang bermalam di hadapan Tuhan mereka dengan sujud dan berdiri.” (Al-Furqan 25:63-64)

3 dari 5 halaman

Manfaat Tahajud yang Luar Biasa Beserta Ayat dan Hadistnya

4. Menjaga kesehatan

Tidak diragukan lagi, shalat Tahajud menjadi terapi pengobatan terbaik dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, orang yang membiasakan diri untuk Tahajud akan memiliki daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Rasulullah SAW bersabda, “Lakukan shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kamu, sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, pencegahan dosa, penghapusan kesalahan, dan pencegahan segala macam penyakit dari tubuh.” (HR Tirmidzi)

 

5. Wajah terlihat bersinar

Orang yang selalu melaksanakan shalat tahajud akan tampak bersinar di wajahnya. Ini merupakan tanda bahwa seseorang bertakwa kepada Allah SWT. Tanda-tanda kehati-hatian selalu terlihat oleh orang-orang di sekitarnya.

“Karena mereka berduaan dengan Tuhannya di malam hari, maka Allah memberi mereka sebagian dari cahaya-Nya.” (Al-Maqrizi, Mukhtasar Qiyamullail).

 

6. Mengusir Setan

Manfaat tahajud yang selanjutnya adalah dapat mengusir dan menjauhkan diri dari gangguan setan. Setan selalu mencoba mengganggu kita dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memberikan bisikan/godaan agar kita tidak shalat tahajud seperti keinginan untuk tidur, lelah, dan sebagainya.

“Setan mengikat dengan tiga ikatan. Masing-masing dari mereka berkata, 'Malammu masih panjang, tidurlah!' Jika dia bangun atas nama Tuhan, maka sebuah ikatan dilepaskan. Jika dia berwudhu, maka lepas ikatan berikutnya. Dan jika dia mengerjakan salat, maka biarlah satu ikatan lagi, agar keesokan harinya dia menjadi rajin, begitu juga dengan jiwanya. Jika tidak, keesokan harinya jiwanya menjadi kotor dan jiwanya menjadi malas.”  (HR Muslim)

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Tahajud yang Luar Biasa Beserta Ayat dan Hadistnya

7. Mencegah berbuat dosa dan menghapus kejahatan

Sholat Tahajud dapat mencegah kita dari berbuat dosa dan menghapus kejahatan. Hal ini karena dilakukan pada malam hari dimana banyak perbuatan dosa dan kejahatan dapat terjadi pada malam hari, seperti keinginan untuk mencuri, membunuh, dan berzina.

“Kamu harus melakukan qiyamullail, sebenarnya itu adalah kebiasaan orang-orang saleh sebelum kamu, mendekatkan diri kepada Allah Ta'ala, mencegah dosa, menghilangkan kejahatan dan mengusir penyakit dari tubuh.” (HR. At-Tirmidzi, Al-Hakim)

 

8. Diakui sebagai orang istimewa

Keutamaan dan manfaat tahajud selanjutnya adalah agar kita dapat diakui sebagai umat yang istimewa dihadapan Allah SWT. Siapapun yang melaksanakan shalat tahajud akan terlihat istimewa dimata Allah SWT. Karena shalat ini dilakukan pada malam hari dan merupakan waktu yang istimewa dan khusyu bersama Allah.

“Maka bersabarlah, karena (perintah) Tuhanmu, karena sesungguhnya kamu di Mata Kami. Dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun, Dan di malam hari, bertasbihlah kepada-Nya, dan setelah bintang-bintang.” (At-Tur 52:48-49)

 

9. Menjadi lebih dekat dengan Allah

Manfaat tahajud yang utama adalah sebagai media untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini ditegaskan oleh pernyataan hadits Rasulullah SAW:

“Seharusnya kamu melakukan shalat malam karena shalat malam adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhanmu, dan penutup kesalahan dan penghapusan.” (Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi)

5 dari 5 halaman

Manfaat Tahajud yang Luar Biasa Beserta Ayat dan Hadistnya

10. Mempercepat pencapaian tujuan dan rasa aman

Selain usaha (ikhtiar), kita perlu melakukan shalat Tahajud karena shalat yang mengiringi Tahajud akan dikabulkan oleh Allah SWT. Allah SWT akan memberi kita tujuan yang kita inginkan dan rasa aman untuk membuat hidup kita lebih mudah.

"Saya telah memberinya apa yang dia harapkan dan memberikan rasa aman dari apa yang dia takuti." (HR Ahmad)

 

11. Mendapatkan keringanan di akhirat

Keutamaan dan manfaat tahajud yang lain adalah keringanan hari akhir. Setiap orang pasti memiliki catatan dosa dan pahala yang akan diterima di akhirat. Jika catatan amalnya lebih banyak, niscaya surga tempatnya. Namun, jika sebaliknya, tentu saja neraka adalah tempat yang tepat.

“Barangsiapa yang bahagia ketika berdiri pada hari kiamat diringankan oleh Allah, maka hendaklah dia menunjukkan dirinya kepada Allah di malam hari dengan sujud dan berdiri di hari akhir.” (Ibnu Jarir Ath-Thabari)

 

12. Pertahankan ketampanan atau kecantikan

Setiap manusia pasti mendambakan ketampanan atau kecantikan dalam dirinya. Melalui tahajud, seseorang dapat mencapai apa yang diinginkannya. Jaminan ketampanan atau kecantikan yang dihasilkan dari shalat Tahajud tidak terbatas pada penampilan lahir. Tahajud juga dapat menghasilkan inner beauty.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang banyak melakukan shalat malam , maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang hari.” (HR Ibnu Majah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.