Sukses

13 Wisata ke Bali Bersama Anak, Simak Rekomendasi Tempat Wisatanya

Liputan6.com, Jakarta - Mengisi akhir pekan atau libur panjang dengan wisata ke Bali bersama anak, wajib mampir ke tempat-tempat ikoniknya. Ada tiga belas rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak yang sayang sekali jika dilewatkan begitu saja.

Wisata ke Bali bersama anak, tentu saja anak-anak bisa menikmati alam, belajar flora fauna di hutan alaminya, belajar budaya, hingga belajar makna toleransi di Pulau Dewata ini. Di mana saja kira-kira rekomendasi tempat wisata ketika wisata ke Bali bersama anak?

Rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak, wajib mampir ke taman nasional, sangeh, kebun raya, Bali Safari and Marine Park, Garuda Wisnu Kencana, pantai-pantai cantiknya, pura, dan desa-desa yang masih kental dengan adat istiadat serta budaya.

Berikut Liputan6.com ulas tiga belas rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak, Sabtu (10/9/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Rekomendasi Tempat Ketika Wisata ke Bali Bersama Anak

1. Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat merupakan rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak dan terletak di bagian paling barat pulau Bali. Di sini, anak-anak bisa belajar tentang flora dan fauna karena terdapat berbagai habitat hutan dan sabana.

Taman Nasional Bali Barat merupakan rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak untuk menemukan satu-satunya endemik Bali yang hampir punah, Jalak Bali di habitat aslinya. Menarik dikunjungi bersama anak bukan?

2. Kebun Raya Bedugul

Rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak ini berlokasi di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Kebun Raya Bedugul atau yang juga disebut Kebun Raya "Eka Karya" Bali merupakan salah satu kebun raya terbesar yang ada di Indonesia.

Kini rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak ini menjadi kawasan konservasi ex-situ bagi tumbuhan pegunungan tropika Kawasan Timur Indonesia. Kebun Raya Bedugul terletak di tengah-tengah Pulau Bali, yakni berada di kaldera bekas gunung berapi.

3. Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park adalah objek wisata nasional yang dibangun di atas lahan seluas 40 hektare. Rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak ini memiliki lebih dari 120 spesies hewan. Termasuk spesies langka dan terancam punah, seperti komodo dragon, orangutan, dan burung jalak Bali.

Taman safari ini bukan hanya untuk pengalaman wisata dan media edukasi semata tapi juga menjadi tempat konservasi satwa liar di Indonesia. Rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak seperti Bali Safari and Marine Park juga menghadirkan berbagai atraksi yang anak-anak pasti menyukainya seperti:

- Konservasi dan Edukasi Gajah di Kampung Gajah. Di kawasan ini Anda bisa menemukan museum gajah, tunggangan gajah, suvenir gajah, dan kios gajah.

- Memandikan gajah di Taman Ganesha. Di sini terdapat patung Ganesha setinggi 9 m yang merupakan pintu masuk Teater Bali.

- Animal Education di Hannuman Stage

- Prosesi air suci Bali di Tirta Sulasih, dan masih banyak pertunjukan lainnya.

Ada pula wahana menarik lainnya seperti Mery Go Round, Clumbing Car, Go Go Bouncer, serta Fun Zone untuk anak-anak berusia hingga 10 tahun.  Bali Safari and Marine Park berlokasi di Jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Km. 19,8, (Golden Line of Bali), Desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

Rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak ini menyediakan beragam jenis tiket dengan pengalaman yang berbeda-beda. Harga tiket mulai dari Rp135 ribu hingga Rp450 per orang. Informasi lebih detail, bisa kunjungi situs resmi Bali Safari and Marine Park.

4. Pantai Kuta

Rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak adalah jangan lewatkan Pantai Kuta. Menikmati matahari terbenam di atas pantai berpasir putih dengan ditemani makanan lokal bersama anak, pengalaman ini wajib dicoba.

Ini merupakan pengalaman tidak tergantikan yang bisa di nikmati pada sore hari bersama anak di Pantai Kuta. Pantai kuta dulunya merupakan desa nelayan yang sepi, tempat ini kemudian menjadi tujuan liburan utama Bali sejak renovasi pada akhir 1970-an.

5. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran di Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli merupakan rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak dan wajib banget dikunjungi. Rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak ini, sering jadi lokasi syuting FTV. Desa ini berhasil menyabet predikat desa terbersih di dunia.

Bersanding dengan Desa Giethoorn di Belanda dan Desa Mawlynnong di India. Desa Penglipuran layak banget mendapatkan predikat tersebut karena masyarakatnya bersama-sama menjaga kelestarian, keasrian, dan keindahan lingkungan desa. Di sini, anak-anak bisa belajar tentang budaya.

6. Danau Batur

Danau Batur Kintamani merupakan rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak berlokasi di Desa Penelokan Utara, Kintamani dan masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bangli.

Untuk bisa sampai ke Danau Batur, bisa menggunakan berbagai trasnportasi, cara paling mudah, bisa memanfaatkan jasa travel agent yang ada di Pulau Dewata.

Di rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak, tentu akan disuguhi danau dengan luas mencapai 16 kilometer persegi. Danau ini pula dikenal sebagai danau terbesar yang ada di Bali. Untuk bisa berendam di air panas ini, wisatawan harus membayar Rp 60.000.

3 dari 3 halaman

Rekomendasi Tempat Ketika Wisata ke Bali Bersama Anak

7. Garuda Wisnu Kencana

Garuda Wisnu Kencana adalah rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak dan sangat ikonik. Di sini terdapat patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya Garuda.

Patung GWK sebagai rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak, yang mulai digagas pada tahun 1989 dan selesai pembangunannya pada September 2018 lalu. Kini Pengunjung baik lokal maupun mancanegara bisa menikmati kemegahan patung Garuda Wisnu Kencana secara utuh dan sebagai wisata Bali terbaru.

8. Pura Taman Saraswati

Rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak ini cukup religius. Anak-anak bisa belajar tentang makna toleransi dan budaya. Pura taman saraswati memang tempat ibadah yang sengaja dibangun untuk memuja Dewi Saraswati atau dewi Ilmu Pengetahuan.

Pura Taman Saraswati Ubud, sedikit berbeda dari pura-pura lain yang ada di Bali. Pura ini memiliki kolam yang banyak terdapat bunga teratai berwarna merah mudah dan taman air yang tertata rapi.

Wisatawan memang tidak diperbolehkan masuk ke dalam pura, karena ini tempat pemujaan atau sembahyang. Di balik gerbang utama akan ada tembok tinggi sekali dan di balik tembok tinggi tersebut akan ada patung raksasa dengan tinggi sekitar 3 meter.

9. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan terletak di lereng sebelah utara Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Kawasan rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak ini dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih sangat alami.

Danau sebagai rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak ini, tetap dijaga kelestariannya hingga saat ini. Di sekitar tempat wisata di Bali ini juga terdapat sejumlah pura yang menyimpan sejarah dan perkembangan peradaban dan kebudayaan Bali.

10. Desa Munduk

Kali ini suguhan keindahan Bali daerah utara yang siap memanjakan. Rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak ini sering disebut sebagai “Desa di Atas Awan” versi Bali. Pasalnya, letak desa ini di ketinggian kurang lebih 900 mdpl.

Desa yang terletak di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng ini menawarkan panorama hamparan perkebunan kopi, teh, dan cengkih. Cocok untuk Anda yang ingin mengeluarkan racun pikiran dan melonggarkan dada yang sesak dengan hawa sejuk khas dataran tinggi.

Selain pemandangan perkebunan, di desa ini juga ada air terjun menawan. Anak-anak bisa belajar menikmati alam dengan tenang di sini. Namanya air terjun Melanting. Ketinggiannya mencapai 20 meter dan memiliki debit air yang deras. Bisa nih buat main air untuk merefreshkan pikiran.

11. Sangeh

Monkey Forest Sangeh adalah rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak yang terletak di Desa Sangeh, Kecamatan Abian Semal, Kabupaten Badung. Rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak ini berjarak 22 km dari Kota Denpasar.

Saat sampai di gerbang masuk, pengunjung akan melihat pura di dalam hutan, wisatawan juga akan disambut oleh banyak monyet yang berdatangan mencari makan.

Namun pemandu di Monkey Forest Sangeh berpesan agar tidak mengepalkan tangan selama di area itu, karena para kawanan monyet akan menganggap wisatawan sedang memegang makanan.

12. Sanur

Rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak ada Sanur. Sanur adalah kota tepi pantai di sebelah tenggara pulau Bali. Hamparan pantainya yang panjang menawarkan perairan yang dangkal. Perahu nelayan jukung warna-warni bertumpu di atas pasir, didukung oleh jalur bersepeda yang beraspal.

Hotel Bali Beach di Sanur dibangun oleh Presiden Indonesia Sukarno pada tahun 1963, dan mendorong pariwisata di Bali. Saat ini Sanur memiliki sejumlah resor hotel seperti Fairmont Sanur Beach Bali dan Hyatt Regency Bali. Sanur juga merupakan rumah bagi semakin banyaknya resor vila yang populer di Bali.

13. Pasar Seni Sukawati

Pasar Seni Sukawati adalah rekomendasi tempat ketika wisata ke Bali bersama anak, sebagai tempat barang-barang seni khas Bali. Banyak wisatawan mencari oleh-oleh di pasar ini.

Di pasar seni ini ada ratusan pedagang seni berkumpul menjajakan barang kerajinan, mulai dari patung kayu, lukisan, kaos, celana pendek, tas, sandal, dan banyak lagi. Belanja oleh-oleh bersama anak menjadi semakin mengasyikkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS