Sukses

23 Wisata Banyumas Terbaru Paling Hits, Cocok untuk Liburan Keluarga Maupun Meditasi

Berikut adalah 23 rekomendasi tempat wisata Banyumas yang cocok untuk liburan keluarga maupun meditasi.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Banyumas memiliki banyak daya tarik yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Daya tarik wisata Banyumas jelas tidak lepas dari kondisi geografisnya, yang merupakan lereng Gunung Slamet.

Berada di lereng Gunung Slamet, tentu saja wisata Banyumas menawarkan suasana yang sejuk dengan pemandangan alam yang asri nan indah. Tidak hanya itu, wisata Banyumas juga memiliki banyak mata air yang bisa digunakan sebagai sarana rekreasi atau hanya sekadar menenangkan diri.

Sumber mata air wisata Banyumas pun bukan sumber mata air biasa, di sana terdapat banyak sumber mata air panas yang bermanfaat untuk kesehatan kulit karena kandungan sulfurnya.

Hanya ingin sekadar nongkrong dan bercakap-cakap dengan teman? Wisata Banyumas juga memiliki tempat seperti itu. Yang jelas menghabiskan waktu libur di wisata Banyumas tidak ada ruginya. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan diri dari penatnya pekerjaan.

Berikut adalah sejumlah rekomendasi tempat wisata Banyumas, yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (31/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata Banyumas yang Menenangkan

1. Telaga Sunyi

Bagi Anda yang ingin mencari ketenangan, wisata Banyumas yang satu ini mungkin adalah tempat yang paling cocok. dari namanya saja sudah bisa diketahui bahwa wisata Banyumas ini menawarkan suasana tenang dan sunyi.

Telaga Sunyi merupakan sebuah telaga yang mata airnya bersumber dari Gunung Slamet. Airnya begitu jernih dan sejuk, sampai warnanya terlihat kebiruan. Betapa jernihnya air di telaga ini memungkinkan Anda untuk melihat dasarnya dengan mata telanjang.

Air di telaga ini sangat jernih, bahkan bisa diminum langsung tanpa harus dimasak dulu, karena belum tercemar polutan. Namun, Anda tidak perlu melakukannya jika merasa ragu.

Sesuai namanya, suasana di telaga ini memang sunyi. Telaga yang tenang dan kucuran air terjun menjadikan suasana terasa syahdu, cocok untuk merenung. Tak heran kalau danau ini kerap jadi tempat bertapa di masa lalu.

2. Bukit Tranggulasih

Jika Anda ingin berdiam diri sambil menikmati pemandangan kota dari ketinggian, tempat wisata Banyumas ini mungkin akan jadi pilihan tepat. Bukit Tranggulasih terletak di Desa Windujaya, Kecamatan Kadungbanteng, Banyumas. Dari atas bukit ini, Anda dapat menikmati pemandangan yang sangat mengesankan.

Mata akan dimanjakan oleh hamparan hijaunya pepohonan serta udara sejuk. Dari ketinggian 750 mdpl ini, pengunjung dapat menyaksikan indahnya kota-kota sekitar bukit, seperti Kota Purwokerto, Purbalingga, dan Pemalang.

Tidak hanya itu, wisata Banyumas ini juga merupakan spot ideal bagi Anda pecinta petualangan. Ada jalur motor cross dan offroad di Bukit Tranggulasih. Tidak hanya itu, anda juga bisa bermalam di sini dengan mendirikan tenda.

3. Bukit Watu Meja

Stres akibat tekanan pekerjaan? Tempat wisata Banyumas ini mungkin jadi jawabannya. Bukit Watu Meja menawarkan pesona alam lembah yang indah dan menenangkan.

dari puncaknya, Anda dapat menikmati pesona pemandangan sungai Serayu yang mengalir di bawahnya. Tak hanya itu, dari atas bukit, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hutan pinus, serta pemandangan kereta yang melintas di atas jembatan Sungai Serayu.

Bukit Watu Meja berlokasi di Desa Tumiyang, Kecamatan Kebasen, Banyumas, sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Purwokerto.

4. Lokawisata Baturraden

Lokawisata Baturradèn merupakan suatu objek wisata Banyumas yang terletak di sebelah utara kota Purwokerto tepat di sebelah selatan lereng Gunung Slamet. Wisata Banyumas ini memiliki hawa yang sejuk dan cenderung sangat dingin terutama di malam hari.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata Banyumas untuk Liburan Keluarga

5. Taman Andhang Pangrenan

Taman Kota Andhang Pangrenan merupakan tempat wisata Banyumas alternatif yang bisa menjadi pilihan menarik. Terletak di Kelurahan Karangklesem Purwokerto Selatan, Taman Kota Andhang Pangrenan dulunya merupakan terminal bus Purwokerto.

Namun, karena ada perubahan pemerintahan pada waktu itu, terminal bus Purwokerto dipindahkan ke Teluk. Sekarang tempat bekas terminal tersebut dibuat menjadi Taman Kota Andhang Pangrenan.

6. Curug Bayan

Jika Anda ingin melakukan rekreasi air yang terasa lebih alami, tempat wisata Banyumas ini mungkin menjadi pilihan yang tepat. Di Curug Bayan, Anda bisa melakukan kegiatan yang bisa dilakukan di water park. Bedanya, dengan suasana yang lebih alami.

Curug Bayan memiliki ketinggian sekitar 7 meter dan areal kolam yang memiliki luas sekitar 200-300 m2 dengan kedalaman 2-5 meter. Di kawasan curug ini juga terdapat villa “Wisma Curug Bayan” yang berdiri di atas sungai Banjaran. Di villa ini kita bisa menikmati pemandangan langsung ke arah Curug Bayan dan Dam Jepang.

7. The Village Purwokerto

The Village Baturraden Purwokerto merupakan Family City Park yang berlokasi di Rempoah, Kecamatan Baturraden. Taman rekreasi ini hadir dengan gaya bangunan unik klasik dan elegan ala Eropa. Konsep utama dari wisata Banyumas ini adalah wisata edukasi seputar dunia kesenian, pendidikan, budaya, dan hiburan.

Dibangun di atas lahan seluas 2,8 hektar, tempat wisata Banyumas ini memiliki daya tarik tinggi dengan ciri khas kemegahan bangunan dan taman-taman indahnya.

8. Taman Mas Kemambang

Taman Mas kemambang merupakan bangunan dengan desain arsitektur khas Jawa. Bangunan ini dibuat dari kayu. Di sekitarnya terdapat kolam ikan menjadikan tempat ini nyaman untuk bersantai. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Slamet yang indah. Anda tidak perlu khawatir jika membawa serta anak, karena di Taman Mas Kemambang juga terdapat fasilitas bermain anak.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata Banyumas

9. Small World Purwokerto

Small World Purwokerto salah satu tempat wisata Banyumas yang memiliki konsep edukasi. di sana terdapat sejumlah bangunan miniatur monumen-moumen ikonik dari seluruh penjuru dunia. Lokasinya sendiri tidak jauh dari pusat kota Purwokerto, tepatnya di daerah Baturaden atau sekitar 17 km dari pusat kota.

Di Small World Purwokerto terdapat miniatur bangunan ikonik dunia seperti Kincir Angin Belanda, Menara Eiffel, Twin Tower, Big Ben, Colosseum, Angkorwatt, Patung Merlion dan juga banyak lainnya.

Tidak hanya bangunan ikonik dunia, di sana juga terdapat berbagai tanaman bunga berwarna-warni, sehingga dapat digunakan sebagai tempat untuk berfoto.

10. Kebun Raya Baturraden

Kebun Raya Baturaden adalah Kebun Botani yang terdiri dari perkebunan pinus, damar, dan rasamala. Tidak hanya itu, Kebun Raya Baturraden juga memiliki beberapa jenis rotan sebagai sisipan.

Kebun Raya Baturraden telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi ex situ untuk sejumlah jenis flora. Dengan luas 143,5 hektar, Kebun Raya Baturraden memiliki 20.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

Kebun Raya Baturraden menghadirkan suasana yang teduh dan sejuk. Kebun raya ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga.

11. Curug Jenggala

Curug Jenggala adalah air terjun yang berlokasi di Ketenger, Baturaden, Banyumas. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter dari permukaan tanah.

Tempat wisata Banyumas ini mempunyai tiga air terjun yang tingginya sejajar. Air terjun yang berada di tengah memiliki arus yang paling deras. Wisata Banyumas ini menampilkan keindahan alam yang masih asli dan air terjun yang memesona. Di bawah air terjun terdapat sungai dengan batuan besar.

Lokasinya berada di Dusun Kalipagu, Ketenger, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152. Objek wisata ini berada di kaki Gunung Slamet yang membuatnya memiliki daya tarik tersendiri.

12. Baturraden Adventure Forest

Memiliki luas 50 hektar, Baturraden Adventure Forest menyajikan perpaduan pemandangan alam berupa gunung, sungai, dan hutan. Maka tidak mengherankan jika tempat wisata Banyumas ini jadi tujuan favorit bagi para petualang.

Tempat wisata Banyumas ini wajib masuk dalam daftar tujuan bagi Anda yang menyukai tantangan yang memacu. Tempatnya sangat keren dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Tersedia berbagai macam wahana permainan yang menantang, seperti mountain adventure, water adventure, tree trek adventure, dan eco adventure, mountain bike, tubing, canyoning, high rope, trampoline, water slide, camping ground dan lain sebagainya.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata Banyumas

13. Curug Gomblang

Berlokasi di kaki Gunung Slamet, Curug Gomblang merupakan tempat wisata Banyumas yang tengah digandrungi masyarakat khususnya generasi muda.

Curug Gomblang memiliki daya tarik berupa air terjun eksotis yang tidak pernah surut sepanjang tahun. Airnya pun sangat bersih dan bebas dari sampah.

14. Bukit Bintang Baturraden

Bukit Bintang Baturraden merupakan tempat wisata Banyumas yang sangat menyenangkan untuk dijadikan tempat nongkrong. Tempat wisat Banyumas ini memang sengaja dibangun untuk menikmati pemandangan alam dan kerlap-kerlip lampu kota dari ketinggian.

Tempat wisata Banyumas ini ramai oleh kalangan anak muda dari berbagai wilayah. Selain itu, banyak juga masyarakat yang sekedar mampir untuk melihat pemandangan malam hari.

Di Bukit Bintang Baturraden terdapat banyak warung yang menjajakan berbagai macam keperluan, mulai dari pakaian, makanan dan aksesoris khas Baturraden.

15. Curug Gede

Curug Gede Baturraden termasuk salah satu destinasi wisata Banyumas yang sangat menarik. Air terjun ini sekitar 50 meter. Di sekitarnya terdapat sebuah kolam penampungan sedalam 25 m. Curug ini terletak di kawasan objek wisata Desa Ketenger, Baturraden dengan tiket masuk Rp 5.000,- per orang.

Tempat ini merupakan salah satu objek wisata air terjun di Baturaden yang unik yang tak sekedar menawarkan pemandangan alam yang eksotis saja. daya tarik wisata Banyumas ini terdapat pada fenomena alam yang menarik,  berupa aliran sungai yang tenang dan pancuran air terjun yang begitu menyegarkan.

16. Sendang Bidadari

Wisata tersembunyi Sendang Bidadari Baturraden merupakan salah satu tempat wisata Banyumas yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Keistimewaan Sendang Bidadari terletak pada jalan masuk yang menyerupai sebuah gua.

Curug ini sangat lekat dengan kepercayaan warga setempat. Mak tidak mengherankan jika Sendang Bidadari ini juga kerap dijadikan sebagai tempat petilasan dan ritual meditasi.

Namun, Anda tetap bisa menikmati keindahan air terjun ini dengan nyaman. Selain karena air sungainya yang bening dan menyegarkan, suasana pegunungan sekitar Sendang Bidadari akan membuat Anda merasa tenang dan lepas dari tekanan.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata Banyumas

17. Wisata Pagubugan Melung

Pagubugan Melung merupakan tempat wisata Banyumas yang menawarkan suasana pedesaan yang asri dan nyaman. Di sana terdapat areal persawahan yang bisa menjadi tempat bermain maupun sarana edukasi. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan aktivitas petani, hingga makan bareng keluarga di Gubug bambu.

Selain itu, di Gubug Melung juga terdapat kolam di mana Anda bisa bermain air dan berenang. Kolam itu hampir mirip dengan kolam yang ada di waterpark atau waterboom. Hanya saja, air di dalamnya bersumber dari mata air alami. Selain itu, suasana pedesaan yang asri akan menambah nikmatnya bermain air di kolam ini.

18. Pancuran Telu

Pancuran Telu merupakan sumber air panas terdekat di dalam kompleks Baturraden, yang hanya berjarak sekitar 500 dari gerbang pintu masuk Lokawisata Baturraden.

Selain berendam bebas di kolam rendam terbuka, pengunjung juga bisa merasakan kehangatan air panas Gunung Slamet yang mengandung belerang lewat pancuran air yang ada di sana. Pancuran itu disekat dengan dalam bilik-bilik kecil. Disebut pancuran telu karena aslinya di tempat ini memang hanya ada tiga pancuran air panas.

19. Curug Nangga

Curug Nangga merupakan sebuah air terjun yang berada di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas. Curug Nangga menjadi tempat wisata yang sangat menarik. Daya tarik tempat wisata Banyumas ini terletak pada bentuk air terjunnya yang memiliki tujuh tingkat undakan ketinggian masing-masing air terjun bervariasi mulai 10-20 meter.

20. Curug Muntu

Curug Muntu berada tak jauh dari curug Bayan. Curug ini belum banyak dikenal wisatawan. Namun, keindahan wisata Baturaden satu ini tak kalah memesona. Udara yang sejuk serta air yang segar menambah daya tarik curug ini.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata Banyumas

21. Desa Wisata Ketenger

Desa Wisata Ketenger berada di kawasan wisata Baturaden. Desa Wisata Ketenger memiliki panorama alam indah dan menyuguhkan pengetahuan tentang kesenian tradisional. Di sini pengunjung bisa menyaksikan berbagai hiburan kesenian menarik, seperti kuda lumping, Siteran, Begalan, Rengkong, wayang kulit khas Banyumasan, Lengger Calung, dan juga orkes melayu.

22. Taman Langit

Taman Langit merupakan sebuah kafe yang berada di Kebumen, Baturaden, Banyumas. Di wisata Banyumas ini pengunjung bisa menikmati menu makanan sambil bersantai bersama panorama alam pegunungan yang memesona.

23. The Forest Island Purwokerto

The Forest Island Purwokerto berlokasi di Jl. Raya Baturaden Desa No.Km. 6, Dusun I Pandak, Pandak, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas. Wisata Baturaden ini memiliki taman bunga, waterboom dan kolam renang yang cocok untuk rekreasi keluarga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.