Sukses

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, Bisa Ditulis Sendiri Maupun Ditulis Orang Tua

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah sebenarnya mudah, bahkan mirip dengan cara membuat surat izin lainnya. Berangkat sekolah memang wajib dilakukan sesuai jadwal. Hanya saja, ada momen-momen tertentu di mana siswa berhalangan hadir karena sesuatu hal.

Saat ada hal yang menghalangi seorang siswa berhalangan hadir, penting untuk memberikan surat pemberitahuan atau surat izin bahwa siswa bersangkutan berhalangan hadir. Di momen ini, penting untuk mengetahui cara membuat surat izin tidak masuk sekolah.

Seperti diketahui, kehadiran di kelas sering menjadi salah satu aspek dalam penilaian. Jika siswa tidak hadir di kelas tanpa pemberitahuan atau keterangan, tentu akan memengaruhi nilai siswa yang bersangkutan.

Di sinilah fungsi surat izin sekolah. Surat izin sekolah berfungsi sebagai pemberitahuan atau keterangan bahwa siswa bersangkutan tidak dapat hadir ke sekolah karena sesuatu yang benar-benar mendesak.

Surat izin sekolah pun memiliki struktur yang tidak jauh berbeda dengan surat pada umumnya. Surat izin sekolah biasanya berisi tanggal surat ditulis, salam pembuka, permohonan isin, alasan izin, penutup, dan tanda tangan.

Berikut uraian lengkap mengenai surat izin sekolah, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (31/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Siapa yang menulis surat izin?

Surat izin bisa ditulis oleh siswa yang meminta izin, maupun ditulis oleh orang tua. wali murid. Namun, surat izin yang ditulis atas nama siswa perlu diketahui oleh orangtua.wali murid yang juga membubuhkan tanda tangan.

Di luar alasan sakit, siswa dapat menulis surat izin sekolah, dengan diketahui orang tua/wali murid, yang ditandai dengan tanda tangan asli dari orang tua/wali murid.

Sementara itu, jika siswa yang bersangkutan berhalangan hadir karena sakit dan tidak memungkinkan untuk menulis usrat izin sendiri, orang tua/wali murid diperkenankan mewakili siswa yang bersangkutan.

Surat izin sekolah yang ditulis oleh orang tua/wali murid karena siswa yang bersangkutan berhalangan hadir karena sakit, tidak memerlukan tanda tangan dari siswa yang bersangkutan, cukup tanda tangan dari orang tua/wali murid saja.

3 dari 5 halaman

Struktur Surat Izin Sekolah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, struktur surat izin sekolah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat pada umumnya, di bagian paling awal ada tujuan surat, salam pembuka, permohonan izin, alasan izin, penutup, tanda tangan.

Tujuan Surat Izin

Salah satu unsur yang penting dalam membuat surat izin sekolah, kamu harus memahami tentang tujuan dalam surat izin ini, yang memiliki maksud, memberikan informasi, kepada siapa surat ini ditujukan, apakah untuk kepala sekolah atau wali kelas. Dalam penulisan surat perlu diperhatikan jika Anda sudah menggunakan kata “Kepada” maka tidak perlu lagi untuk menggunakan kata “Yth”.

Contoh:

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VII B SMP 3

Di Jalan Merdeka Timur no. 11

Surabaya

Salam Pembuka

Salam pembuka adalah pengantar yang berisi salam dan pengantar surat. Pada bagian ini juga berisi informasi berupa identitas penulis surat.

Contoh:

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan surat ini, saya selaku orang tua dari siswa bernama Ranum Pandita, Kelas VIIB, memberitahukan bahwa siswa yang bersangkutan tidak dapat menghadiri kegiatan belajar mengajar pada Rabu, 31 September 2022.

Alasan Izin

Unsur selanjutnya yang tidak kalah penting adalah alasan kenapa siswa terpaksa izin. Mengapa penting? Karena akan menentukan apakah surat yang Anda buat dapat diterima atau tidak. Oleh karena itu, alasan untuk izin juga harus benar-benar logis.

Contoh:

Adapun siswa tersebut tidak bisa menghadiri kegiatan belajar mengajar pada hari tersebut, karena sedang sakit.

Penutup

Bagian penutup biasanya berisi ucapa terima kasih, salam pentup, dan tanda tangan penulis surat.

Contoh:

Demikian surat ini saya buat sebagai pemberitahuan. Atas izin yang diberikan saya ucapkan banyak terima kasih.

Surabaya, 31 Agustus 2012Orang Tua

(Tanda Tangan)

Joko Susilo

4 dari 5 halaman

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Sakit

(1)

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas VII B SMP 3

Di Jalan Merdeka Timur no. 11

Surabaya

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan surat ini, saya selaku orang tua dari siswa bernama Ranum Pandita, Kelas VII B, nomor presensi 20, memberitahukan bahwa siswa yang bersangkutan tidak dapat menghadiri kegiatan belajar mengajar pada Rabu, 31 September 2022.

Adapun siswa tersebut tidak bisa menghadiri kegiatan belajar mengajar pada hari tersebut, karena sedang sakit.

Demikian surat ini saya buat sebagai pemberitahuan. Atas izin yang diberikan saya ucapkan banyak terima kasih.

Surabaya, 31 Agustus 2012

Orang Tua

(Tanda Tangan)

Joko Susilo

 

(2)

Yogyakarta, 30 Mei 2022

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX

SMP 3 Yogyakarta

di Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama: Ranum Pandita

Kelas: IX B

Alamat: Gedongkiwo Mantijeron Yogyakarta

No Presensi: 20

Memberitahukan bahwa anak saya untuk sekarang dan beberapa hari kedepan tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Selasa, 30 Mei 2022 dikarenakan sakit.

Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas IX-A agar dapat memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Orang tua/Wali murid,

(Tanda Tangan)

Nama Orang Tua

5 dari 5 halaman

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Alasan Lain

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, siswa juga dapat menulis sendiri surat izin untuk tidak masuk sekolah.

Contoh:

Yth. Bapak/Ibu Guru SMP 3 Yogyakarta

Di Jalan Malioboro no. 3

Yogyakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Ranum Pandita, siswa kelas IX B, SMP 3 Yogyakarta, memohon izin untuk tidak hadir dalam kegiatan belajar mengajar pada hari Rabu, 31 Agustus 2022.

Adapun alasan saya tidak dapat hadir dalam kegiatan belajar mengajar hari ini karena ada anggota keluarga yang meninggal dunia. Oleh karena itu, kami memohon agar bapak/ibu guru memberikan izin.

Demikian surat yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian bapak/ibu guru di kelas kami ucapkan terima kasih.

Mengetahui                                                             Yogyakarta, 31 Agustus 2022

Orang Tua                                                                Pemohon

 

Joko Susilo                                                               Ranum Pandita

 

Orang tua juga dapat mewakilkan putra-putrinya untuk menulis surat izin dengan alasan selain sakit.

Contoh:

 

Yth.Bapak/Ibu Guru Kelas X SD X Bandung

Di Jalan Mawar

Kota Bandung

 

Dengan hormat,Saya selaku orang tua/ wali murid:

Nama: Ranum Pandita

No Absen: 20

Kelas: IX B

Dengan ini memberitahukan kepada bapak/ibu guru, bahwa anak yang disebutkan tidak bisa untuk mengikuti kegiatan belajar pada hari Kamis, 13 Juli 2022 dikarenakan ada anggota keluarga yang meninggal dunia. Oleh karena itu, kami memohon agar bapak/ibu guru memberikan izin.

Demikian surat yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian bapak/ibu guru di kelas kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Nama Orang Tua

 

Demikian cara membuat surat izin tidak masuk sekolah untuk berbagai keperluan. Yang jelas, surat izin bisa ditulis, baik oleh siswa yang bersangkutan, atau diwakili orang tua/wali murid.

Surat izin yang ditulis oleh siswa yang bersangkutan perlu diketahui oleh orang tua/wali murid, dengan bukti tanda tangan asli dari orang tua/wali murid. Sedangkan surat yang ditulis oleh orang tua/wali murid untuk mewakili siswa yang bersangkutan, tidak memerlukan tanda tangan siswa.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS