Sukses

12 Manfaat Degan Ijo Bagi Kesehatan, Tingkatkan Kesehatan Jantung Hingga Hati

manfaat degan ijo bagi kesehatan tubuh, mulai dari meningkatkan kesehatan jantung hingga menjaga kesehatan hati

Liputan6.com, Jakarta Manfaat degan ijo dikenal dengan kemampuannya yang dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan. Namun selain itu terdapat banyak manfaat kesehatan lainnya yang bisa didapat dengan mengonsumsi degan ijo. 

Dikenal sebagai tanaman multifungsi. Ada segudang manfaat degan ijo yang bisa diambil, baik dari segi kesehatan maupun dari segi ekonomi. Sebagai contoh manfaat ekonomi, pohon kelapa dapat diketahui dari banyaknya olahan yang menggunakan bahan dasar buah kelapa atau kerajinan yang memanfaatkan batok kelapa.

Manfaat degan ijo ini didapat dari kandungan nya yang kaya akan konsentrasi elektrolit, vitamin dan mineralnya. Mudah ditemui di area tropis termasuk Indonesia, terdapat banyak manfaat degan ijo yang menarik untuk diketahui.

Untuk informasi lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/8/2022) tentang manfaat degan ijo bagi kesehatan tubuh manusia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Degan Ijo Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Manfaat degan ijo yang pertama adalah meningkatkan produksi sel darah merah. Terkadang seseorang memilih untuk mengkonsumsi daging kelapa muda jika dibandingkan dengan yang sudah tua. Tekstur yang lembut dan kenyal pada kelapa muda menjadi daya tarik tersendiri saat dikonsumsi.

Tentu, daging kelapa muda lebih cocok dikonsumsi langsung setelah minum air kelapa sedangkan daging kelapa tua cocok digunakan untuk bahan makanan atau santan. Manfaat daging kelapa muda juga tidak jauh berbeda dengan manfaat air kelapa. Daging kelapa diketahui mengandung natrium, kalium, serat dan vitamin B yang cukup baik untuk produksi sel darah merah.

 

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Lemak jenuh dalam degan ijo memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh, terutama dalam pembentukan tulang anda. Ketika kadar lemak jenuh dalam tubuh dibutuhkan, kerangka bisa terbentuk dengan sempurna.

Tanpa anda ingin mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, tentunya kesehatan tulang anda akan dipertanyakan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh, selama anda mengonsumsinya sesuai dengan porsinya.

 

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Minyak kelapa extra virgin, yang berasal dari daging kelapa segar, susu, atau residu, memiliki efek menguntungkan pada kesehatan jantung anda. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Chiang Mai, Thailand, menemukan bahwa mengonsumsi 15 ml minyak kelapa extra virgin dua kali sehari selama delapan minggu meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism menunjukkan bahwa asupan bubur santan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik). Selain itu, serat dalam daging kelapa juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serum.

3 dari 5 halaman

Manfaat Degan Ijo Bagi Kesehatan

4. Membantu Mengatur Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Complementary and Integrative Medicine menemukan bahwa konsumsi 100 g kelapa segar setiap hari membantu mengurangi kadar glukosa darah pada 80 orang sehat, sehingga mencegah diabetes tipe-2.

Selain itu, ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Food Science and Technology menunjukkan bahwa minyak kelapa murni dapat membantu mencegah perkembangan resistensi insulin dan hiperglikemia (terlalu banyak gula dalam darah) pada hewan. Senyawa fenolik dan sifat anti-inflamasi minyak kelapa membantu mengatur kadar gula darah.

 

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat degan ijo yang selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Daging kelapa mentah, minyak kelapa, dan kelapa kering mengandung persentase trigliserida rantai menengah (MCT) yang tinggi.

MCT ini memiliki efek positif pada penurunan berat badan dan komposisi tubuh. Juga, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas McGill menemukan bahwa makanan yang kaya akan trigliserida rantai menengah dapat mengurangi penyimpanan lemak melalui proses oksidasi.

 

6. Meningkatkan Pencernaan

Daging kelapa muda atau sering disebut degan ijo kaya akan serat makanan. Asupan makanan yang kaya serat makanan membantu memperbaiki pencernaan dan meningkatkan frekuensi buang air besar pada penderita sembelit.

4 dari 5 halaman

Manfaat Degan Ijo Bagi Kesehatan

7. Dapat Memperbaiki Gejala Penyakit Alzheimer

Asupan kelapa diet dapat membantu mencegah dan mengobati masalah neurodegeneratif. Senyawa fenolik dan hormon yang tersedia dalam kelapa dapat membantu dalam pencegahan dan pengelolaan penyakit Alzheimer. Selain itu, minyak yang berasal dari daging kelapa dapat membantu memperlambat penurunan kognitif terkait usia.

 

8. Mencegah Dehidrasi

Air dalam kelapa muda merupakan salah satu sumber elektrolit tertinggi. Elektrolit bertanggung jawab untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik sehingga otot dan saraf dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, lebih bermanfaat untuk minum air dari kelapa muda setelah latihan yang intens daripada minuman olahraga komersial yang kita lihat diiklankan.

 

9. Manfaat Kesehatan Ginjal

Minum air kelapa secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Menurut sebuah studi tahun 2018 pada peserta tanpa batu ginjal, air kelapa membantu mereka kehilangan lebih banyak sitrat, kalium, dan klorida saat buang air kecil, menunjukkan bahwa manfaat degan ijo dapat membantu melonggarkan batu atau mencegahnya terbentuk.

5 dari 5 halaman

Manfaat Degan Ijo Bagi Kesehatan

10. Menjaga Kulit dan Rambut

Kandungan lemak dalam kelapa dapat memelihara kulit, menjaganya agar tetap terhidrasi dan kenyal untuk memastikan bahwa kulit kering tidak menyebabkan munculnya kerutan dini. Selain itu, kelapa adalah sumber yang kaya akan monolaurin dan asam laurat yang membuatnya bersifat antibakteri dan antijamur.  Oleh karena itu, masalah terkait jerawat dan kulit kepala juga dapat ditangani dengan baik. Antioksidan di dalamnya mengurangi kerusakan sel.

 

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat degan ijo mengandung banyak mineral dan nutrisi penting yang diperlukan untuk tubuh anda. Tidak hanya diperlukan agar tubuh anda berfungsi dengan baik, tetapi juga mampu meningkatkan efisiensi sistem kekebalan tubuh anda.

Karena organ dalam tubuh anda dapat berfungsi dengan baik, ini akan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih mudah dalam melawan penyakit berbahaya yang menyerang tubuh. Selain itu, di dalam daging kelapa ini, anda dapat menemukan banyak khasiat yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh seperti antibakteri, antiprotozoal, antivirus, dan antijamur.

 

12. Melindungi Organ Hati

Bila anda terlalu banyak mengonsumsi alkohol, maka hati anda akan bekerja sangat keras untuk mencerna alkohol sehingga tidak membahayakan tubuh anda. Namun, jika ini terus berlanjut, maka hati anda mungkin mengalami kerusakan.

Seiring waktu, ini akan menyebabkan hati meradang dan membesar, yang juga memperlambat fungsinya sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Lemak jenuh dalam daging kelapa muda dapat membantu mengobati peradangan yang terjadi di dalam hatinya.

Oleh karena itu, hati bisa menjadi lebih sehat dan berfungsi dengan baik karena tidak menjadi lebih meradang. Nutrisi dan mineral dalam daging kelapa juga akan membantu menetralkan racun dalam tubuh anda sehingga hati anda tidak perlu bekerja lebih keras untuk melarutkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.