Sukses

LTMPT Adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, Ketahui Fungsi dan Tujuannya

LTMPT adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru.

Liputan6.com, Jakarta Istilah LTMPT banyak diperbincangkan dalam dekade terakhir. Istilah LTMPT ini berkaitan dengan tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, baik baru lulus SMA maupun mereka yang telah lama lulus SMA. Lantas apa yang dimaksud dengan LTMPT?

LTMPT adalah singkatan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Para siswa harus bersiap diri mengikuti serangkaian tes dari LTMPT jika ingin masuk PTN impian, seperti UI, UGM, ITB, UNDIP, UNAIR, Universitas Brawijaya, dan berbagai PTN lainnya.

Fungsi pembuatan akun LTMPT adalah syarat bagi siswayang akan mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian LTMPT beserta fungsi dan tujuannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (27/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian LTMPT

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa LTMPT adalah singkatan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Dilansir dari laman resmi ltmpt.ac.id, LTMPT adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru, lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi berstandar di Indonesia, LTMPT adalah pijakan pertama bagi calon mahasiswa dan mahasiswi terpilih dalam menggapai cita-citanya. Adapun LTMPT ini bagian dari serangkaian alur yang harus diikuti calon mahasiswa baru yang ingin masuk PTN.

LTMPT memposisikan diri sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi yang terbaik dan terdepan di Indonesia, serta memiliki tujuan khusus yakni melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

LTMPT memberikan persepsi positif kepada masyarakat antara lain:

a. Indonesia akan mempunyai lembaga permanen yang melayani tes tes masuk Perguruan Tinggi berstandar nasional.

b. Pelaksaaan tes dilakukan di beberapa tempat dan berkali-kali dengan metode UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) menggunakan Desktop.

c. Peserta mendapatkan hasil tes secara transparan 10 hari setelah pelaksanaan tes.

LTMPT secara resmi diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 4 Januari 2019.

3 dari 6 halaman

Fungsi LTMPT

Setelah mengenal mengenai pengertian LTMPT, anda perlu mengetahui fungsi dari LTMPT. Berikut ini penjelasannya:

1. Mengelola serta mengolah data para calon mahasiswa oleh rektor PTN sebagai bahan seleksi untuk jalur SNMPTN.

2. Mengelola serta mengolah data para calon mahasiswa oleh rektor PTN sebagai bahan seleksi untuk jalur SBMPTN.

3. Menyelenggarakan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN yang terdiri dari TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TKA (Tes Kompetensi Akademik) sebagai salah satu syarat seleksi untuk para calon mahasiswa  PTN untuk jalur SBMPTN maupun Mandiri.

4. Memberikan informasi dari hasil UTBK SBMPTN terhadap para peserta atau calon mahasiswa dan PTN tujuan.

4 dari 6 halaman

Tujuan LTMPT

Tak hanya fungsi, LTMPT ini juga memiliki tujuan dalam pelaksanaanya. Berikut beberapa fungsi LTMPT, antara lain:

1. LTMPT menyelenggarakan tes masuk Perguruan Tinggi (PT) yang kredibel, fleksibel, adil, transparan, efisien, dan akuntabel.

2. Membantu perguruan tinggi (PT) untuk mendaparkan para calon mahasiswa yang mampu menuntaskan studi di perguruan tinggi (PT) berdasarkan dari nilai akademik atau prestasi para siswa lainnya.

3. Mendapatkan para calon mahasiswa yang mampu menuntaskan studi di perguruan tinggi (PT) berdasarkan dari hasil UTBK SBMPTN maupun kriteria lainnya.

5 dari 6 halaman

Cara Daftar Akun LTMPT

Bagi siswa SMK/SMA yang mengikuti SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN wajib membuat akun LTMPT. Ini menjadi syarat utama sebelum mengikuti ketiga jenis tes masuk perguruan tinggi tersebut. Bagi yang sudah memiliki akun, silahkan login di situs resmi LTMPT. Berikut ini cara mendaftar akun LTMPT, yakni:

1. Khusus Siswa

Bagi siswa yang belum memiliki akun LTMPT silakan untuk mendaftarkan diri di https://portal.ltmpt.ac.id/reg/siswa dengan memasukkan kombinasi NISN, NPSN, dan tanggal lahir.

2. Khusus Sekolah

Sedangkan untuk registrasi akun sekolah bisa mengakses https://portal.ltmpt.ac.id/reg/sekolah dengan memasukkan kombinasi NPSN dan kode resgistrasi Dapodik.

6 dari 6 halaman

Prinsip Penerimaan Mahasiswa Baru

Terdapat beberapa prinsip dalam penerimaan mahasiswa baru program sarjana adalah sebagai berikut ini:

1. Adil, artinya adalah tidak membedakan antara agama, suku, ras, jenis kelamin, umur, kedudukan sosial, fisik, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa, dengan tetap memperhatikan potensi dan prestasi akademik calon mahasiswa dan kekhususan Program Studi di PTN yang bersangkutan.

2. Akuntabel, maksudnya adalah dilaksanakan sesuai dengan kriteria dan prosedur yang jelas.

3. Fleksibel, yaitu pelaksanaan PTS diselenggarakan beberapa kali dan setiap calon mahasiswa dapat menempuh lebih dari satu kali tes.

4. Efisien, yaitu penyelenggaraan tes masuk PTN menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pelibatan sumber daya manusia, dan fleksibilitas waktu.

5. Transparan, yaitu pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru PTN dilaksanakan secara terbuka dan hasil pelaksanaan dapat diakses secara mudah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.