Sukses

Ciri-Ciri Covid yang Perlu Kamu Waspadai, Pahami Cara Mencegahnya

Berikut ini ciri ciri Covid beserta cara mencegahnya yang peru kamu ketahui dan pahami.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri Covid perlu diwaspadai. Pandemi Covid-19 di Indonesia beberapa bulan belakangan ini telah melandai. Saat ini Indonesia dipercaya sedang memasuki masa transisi dari pandemi ke endemi. Kondisi endemik berarti virus Covid-19 masih ada, tetapi virus tersebut tidak lagi menjadi wabah. Akan tetapi, ciri-ciri Covid tetap perlu dipahami dan diwaspadai.

Pandemi Covid memakan banyak sekali korban dan membawa perubahan yang sangat besar di seluruh penjuru dunia. Di dunia, virus ini telah menjangkiti lebih dari 500 juta orang dengan korban jiwa sebesar 6.46 juta. Sementara itu, menurut data statistik Google, di Indonesia, virus Covid telah menjangkiti 6,32 juta jiwa dan menelan korban sebanyak 157 ribu jiwa.

Meskipun sudah tidak begitu berbahaya lagi, akan tetapi ciri-ciri Covid tetap perlu diwaspadai. Sebab, virus ini tetap berbahaya bagi sebagian orang. Dengan mewaspadai ciri-ciri Covid, kita dapat membantu untuk mencegah penyebaran virus ini dan melindungi orang lain di sekitar kita.

Ada berbagai ciri-ciri Covid yang dapat kita temukan. Akan tetapi, ada banyak kasus Covid di mana seseorang yang terjangkit virus tersebut tidak menimbulkan atau menampakkan ciri-ciri Covid tersebut. Secara umum, kasus seperti itu dikenal sebagai Covid tanpa gejala.

Berikut ini dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (24/8/2022), ciri-ciri Covid serta cara mencegahnya yang perlu kamu waspadai dan pahami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sekilas Mengenal Covid

Sebelum membahas mengenai ciri-ciri Covid, ada baiknya apabila kita untuk sekilas mengenal mengenai Covid. COVID-19 atau yang juga dikenal sebagai corona adalah salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.

Mengutip dari laman situs web WHO, mayoritas orang yang terinfeksi virus tersebut akan mengalami penyakit pernapasan ringan hingga menengah yang akan sembuh tanpa membutuhkan perawatan khusus. Akan tetapi, ada beberapa kasus yang cukup parah sehingga penderita membutuhkan perawatan medis yang intensif. Orang tua serta orang-orang yang memiliki masalah kesehatan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit pernapasan kronis, atau kanker memiliki risiko mengalami gejala berat Covid yang lebih tinggi.

Virus Covid dapat menyebar dari manusia ke manusia. Virus ini dapat menyebar dari mulut atau hidung orang yang terinfeksi melalui droplet yang keluar saat ia batuk, bersin, berbicara, bernyanyi, atau bernapas. Karena virus ini masih berbahaya bagi sebagian orang, mengenali ciri-ciri Covid serta cara mencegahnya penting untuk mencegah dan menekan penyebaran virus ini.

3 dari 4 halaman

Ciri Ciri Covid

Ada berbagai ciri-ciri Covid yang patut untuk di waspadai. ciri-ciri Covid dapat dibagi menjadi berbagai jenis, mulai dari ciri-ciri umum, ciri-ciri yang sedikit tidak umum, serta ciri-ciri serius. Setiap ciri-ciri tersebut membutuhkan penanganan yang berbeda. Berikut ini adalah ciri-ciri Covid yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Ciri-ciri Covid Umum

- Demam, suhu tubuh dapat mencapai 38 derajat celcius.

- Batuk kering

- Merasa lelah

- Kehilangan penciuman dan perasa.

2. Ciri-ciri Covid yang Sedikit Tidak Umum

- Sakit tenggorokan

- Sakit kepala

- Badan terasa sakit dan nyeri

- Diare

- Munculnya ruam di kulit ataupun perubahan warna pada jari tangan atau jari kaki

- Mata memerah atau terjadi iritasi mata.

3. Ciri-ciri Covid Serius

- Sesak napas atau kesulitan bernapas

- Kesulitan berbicara atau bergerak

- Mengalami kebingungan

- Merasakan nyeri di dada.

Pada umumnya, butuh waktu sekitar 5 hingga 6 hari sejak seseorang terinfeksi virus hingga menunjukkan ciri-ciri Covid. Akan tetapi, pada beberapa kasus, hal tersebut dapat terjadi hingga 14 hari setelah infeksi virus terjadi.

Menurut WHO, orang yang merasakan ciri-ciri umum Covid atau gejala ringan seperti batuk ringan atau demam ringan tidak membutuhkan perawatan medis yang khusus. Anda hanya perlu untuk tetap tinggal di rumah, melakukan isolasi diri mandiri, serta memantau gejalanya. Akan tetapi, jika anda mengalami kesulitan bernapas atau nyeri/tekanan di dada, segera hubungi penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan rujukan ke fasilitas kesehatan yang tepat.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Covid

Setelah mengetahui ciri-ciri Covid, saatnya kita memahami cara mencegah penyebaran virus Covid. Meskipun sekarang virus ini tidak lagi seberbahaya dulu, akan tetapi kita tetap perlu mencegah penyebaran dan penularan Covid. Sebab, masih ada sebagian orang yang rentan mengalami ciri-ciri Covid yang berat yang dapat berbahaya bagi hidup mereka. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, orang-orang yang rentan mengalami kasus Covid yang berat ialah orang-orang tua dan juga orang-orang yang memiliki penyakit komorbid.

Berikut ini adalah cara mencegah Covid yang perlu kamu pahami, dikutip dari sumber yang sama:

- Segera mengikuti program vaksinasi saat vaksin sudah tersedia.

- Jaga jarak dengan orang lain, setidaknya 1 meter. Lakukan ini meskipun mereka tidak terlihat sakit.

- Gunakan masker saat tidak mungkin menjaga jarak dengan orang lain, atau saat berada di ruangan tertutup.

- Carilah tempat yang terbuka dan memiliki ventilasi yang baik dari ruangan yang tertutup. Jika berada di dalam ruangan, bukalah jendela.

- Cucilah tanganmu dengan sabun dan air bersih atau dengan hand sanitizer secara rutin dan teratur.

- Tutuplah mulut dan hidungmu saat batuk atau bersin.

- Jika merasa tidak enak badan atau sakit, jangan keluar rumah dan lakukan isolasi mandiri hingga kamu pulih dan sehat kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.