Sukses

9 Manfaat Email Marketing dalam Bisnis Online, Jangan Ketinggalan

manfaat email marketing di era digital marketing untuk mengembangkan bisnis online secara optimal

Liputan6.com, Jakarta Manfaat email marketing sangat penting untuk perkembangan bisnis online yang sedang dijalankan. Selain itu email marketing juga menjadi penghubung antara produsen dan konsumen untuk berkomunikasi dengan baik dalam jangka waktu panjang.

Dalam membangun bisnis online di era digital ini, banyak orang yang cenderung fokus pada pemasaran media sosial seperti memasang iklan dan melakukan promosi. Salah satunya media yang bisa digunakan adalah email, dimana dalam digital marketing manfaat email tidak hanya sebatas untuk mengirim pesan namun juga meningkatkan kinerja marketing.

Walau tidak sepopuler media lainnya, namun manfaat email marketing tidaklah sedikit dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Hal ini karena email marketing selain memberitahukan adanya penawaran juga dapat meningkatkan tingkat kepercayaan dan ikatan yang kuat antara konsumen dan penyedia layanan.

Untuk mengetahui informasi lengkap tentang manfaat email marketing, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/8/2022). Tentang pengertian dan manfaat email marketing untuk menjalankan bisnis online.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Email

Pengertian Email

Email merupakan metode pertukaran pesan secara instan dari satu sistem ke sistem lain dengan bantuan internet. Email dapat dikirim ke lebih dari satu penerima dan nama penerima dapat disembunyikan dari orang lain dengan menambahkan nama mereka di Bcc.

Proses mengirim email dimulai saat klien email dengan menghubungkannya melalui server yang disebut Simple Mail Transfer Protocol melalui internet. Sebuah port khusus ditugaskan ke server untuk membantu klien mentransfer pesan melalui surat. Informasi header harus tetap utuh sehingga alamat email penerima harus benar.

Email penting dalam digital marketing karena Komunikasi bisnis dapat dilakukan dengan mudah tanpa masalah keamanan, dan lebih cepat daripada bentuk komunikasi lainnya. Selain itu, kontak dapat disimpan dengan mudah dengan bantuan email, dan pesan sebelumnya dapat sering diperiksa daripada menyimpan data di server lokal.

Salah satu kegunaan yang lebih sering menjadi fokus adalah bahwa kita dapat menghubungi orang tersebut kapan saja sepanjang hari, dan dia dapat membaca surat dan meresponsnya dengan nyaman. Hal ini membuat email menghormati waktu individu dan menghindari komunikasi yang tidak perlu.

3 dari 5 halaman

Manfaat Email Marketing

Manfaat Email Marketing

1. Konten yang ditargetkan dan dipersonalisasi

Manfaat email marketing yang pertama adalah dapat membuat konten yang sesuai dengan target dan personal. Pemasaran email memungkinkan anda untuk mengelompokkan pelanggan anda ke dalam daftar yang berbeda berdasarkan preferensi mereka untuk mengirim konten yang sangat dipersonalisasi.

Dari menyusun baris subjek yang sempurna hingga gambar yang sesuai dengan pelanggan anda, dan konten berharga yang membantu audiens anda, email adalah saluran yang sempurna untuk mendorong keterlibatan.

Sesuaikan pesan anda untuk audiens yang berbeda sehingga email dapat selalu menarik. Abaikan dorongan untuk mendorong penjualan keras terlalu dini dalam prosesnya. Kembangkan fondasi kepercayaan yang kuat antara merek anda dan penerima terlebih dahulu, dan ciptakan ikatan dengan pelanggan yang dapat tumbuh seiring waktu.

 

2. Pengenalan merek yang lebih baik

Beberapa merek yang paling dikenal di dunia saat ini sangat terkenal sehingga identik dengan industri tempat mereka beroperasi. Spotify adalah contoh yang bagus. Semua email mereka relevan dan dikuratori dengan cemerlang.

Email marketing adalah cara yang bagus untuk mengembangkan identitas merek anda karena ini memberi anda saluran langsung ke kotak masuk email pelanggan atau pelanggan potensial. Setelah anda mulai membuat konten yang berharga bagi pelanggan, anda akan memiliki keunggulan atas pesaing lainnya.

 

3. Meningkatkan penjualan

Email marketing memberikan peluang besar untuk pelanggan tetap melakukan pembelian impulsif. Anda dapat menarik pelanggan untuk melakukan pembelian lagi dengan beberapa cara sebagai berikut ini:

- Menampilkan item yang sering dibeli di samping produk yang dibeli pelanggan.

- Buat daftar item serupa dengan pembelian pelanggan sebelumnya.

- Buat penawaran atau diskon khusus untuk pembelian di masa mendatang.

Pelanggan sering bertindak impulsif ketika mereka mendapatkan email yang memberi tahu mereka tentang produk yang relevan yang terkait dengan pembelian mereka sebelumnya. Apalagi ditambah jika ada promosi yang relevan.

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Email Marketing

4. Mengoptimalkan waktu dan anggaran

Manfaat email marketing yang selanjutnya adalah hemat waktu dan anggaran. Iklan melalui pemasaran langsung seperti mengirimkan selebaran kertas cetak bisa memakan anggaran besar. Mulai dari merancang, mencetak, dan biaya pengiriman dapat menghabiskan banyak uang dan waktu.

Salah satu keuntungan paling signifikan dari email marketing untuk usaha kecil adalah penggunaan waktu dan anggaran yang efisien. Merancang email pemasaran yang profesional tidak harus membutuhkan banyak uang atau memakan waktu yang lama, sehingga sangat efisien dalam segi waktu dan biaya.

 

5. Peningkatan lalu lintas ke situs web bisnis

Email adalah cara yang bagus untuk membuat pelanggan mengunjungi situs web anda. Anda dapat menyertakan tautan yang relevan ke situs anda dalam konten email. Anda juga dapat menggunakan email untuk membuat pelanggan terlibat dengan konten yang tersedia di situs web atau blog anda.

Misalnya, sekolah desain lokal dapat mengirimkan email untuk memberitahu mereka tentang kelas desain baru yang memiliki jumlah kursi terbatas. Banyak pelanggan dan calon pelanggan mereka mungkin melewatkan kesempatan untuk menghadiri kelas ini.

Seandainya mereka tidak mengunjungi kembali situs web tepat waktu. Sekolah desain kemudian dapat mengisi semua kursi lebih cepat, daripada menunggu reservasi masuk. Sertakan tombol berbagi sosial di email anda untuk mendorong pelanggan anda mempromosikan konten anda di saluran sosial mereka sendiri.

 

6. Membangun kegembiraan

Semua orang suka menjadi bagian dari grup khusus, terutama konsumen email yang menyukai fasilitas eksklusif. Email yang personal dapat membantu untuk menyampaikan pesan bahwa pelanggan unik dan penting bagi bisnis anda.

Email bisa berisi tentang peluncuran produk yang akan datang atau email untuk memberi pelanggan penghargaan karena telah menjadi pelanggan setia. Menghargai pelanggan anda adalah sikap yang baik untuk mengembangakan bisnis dan menjaga pelanggan tetap setia pada produk anda.

5 dari 5 halaman

Manfaat Email Marketing

7. Menetapkan otoritas

Salah satu tujuan saat memulai bisnis adalah untuk dapat dilihat sebagai ahli dalam industri anda. Pelanggan anda telah mendaftar untuk buletin pemasaran karena mereka ingin mendengar kabar dari bisnis anda.

Membuat pelanggan menyukai konten yang anda kirim dan membuat mereka tetap terlibat adalah salah satu manfaat email marketing. Saat ini konten adalah salah satu alat pemasaran yang paling berharga dan anda dapat menggunakannya untuk membangun area lain dari strategi pemasaran anda.

 

8. Metrik untuk mempelajari apa yang berhasil

Pelanggan melihat email anda di kotak masuk mereka dan memutuskan apakah akan membuka email atau mengabaikannya. Tingkat terbuka yang baik berarti bahwa pelanggan cukup mengenal merek anda sehingga ingin mendengar kabar dari anda.

Selanjutnya adalah rasio klik-tayang (RKT) yang memberi anda gambaran bagus tentang berapa banyak pelanggan yang meluangkan waktu untuk menelusuri konten email anda untuk mengklik tautan di dalamnya.

Setelah pelanggan mengklik email Anda, idealnya tujuan berikutnya adalah membuat mereka untuk menindaklanjuti tindakan yang diminta email anda untuk mereka lakukan. Rasio konversi email Anda adalah metrik penting untuk dilacak, karena matrik tersebut memberitahu anda seberapa baik kinerja dari konten dalam email anda.

 

9. Memperkuat hubungan dengan pelanggan

Manfaat email marketing selanjutnya adalah memperkuat hubungan dengan pelanggan. Pelanggan menghargai email yang bagus. Waktu dan upaya yang diperlukan untuk menyusun email yang sempurna tidak luput dari perhatian. Mereka ingin tahu apa yang terjadi dengan bisnis anda, dan bagaimana mereka bisa terlibat.

Hampir tidak mungkin untuk menjangkau semua pelanggan secara langsung atau melalui telepon. Namun dengan menggunakan email marketing, anda dapat menjembatani kesenjangan itu. Anda bahkan dapat mengatur kampanye pemasaran lainnya untuk membantu anda memperlancar prosesnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.