Sukses

20 Cara Menghilangkan Bibir Hitam Secara Alami, Mudah Dipraktikkan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami yang bisa kamu coba praktikkan di rumah. Bibir hitam bisa disebabkan oleh faktor genetik. Akan tetapi, ada berbagai kebiasaan buruk yang bisa membuat bibir menjadi hitam. Kebiasaan-kebiasaan seperti merokok, konsumsi minuman berkafein yang berlebihan, alergi, hingga pemilihan produk kecantikan yang kurang tepat juga bisa menyebabkan permasalahan ini.

Bibir hitam bisa menjadi masalah bagi penampilan. Bibir yang hitam bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri dengan penampilannya. Oleh sebab itu, penting mengetahui berbagai cara menghilangkan bibir hitam yang mudah dan alami.

Ada berbagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami namun tetap efektif. Cara-cara ini cukup mudah untuk kamu coba praktikan sendiri di rumahmu. Cobalah cara-cara ini secara rutin dan teratur supaya efektif untuk membuat bibirmu kembali cantik dan berwarna merah merona.

Berikut ini adalah berbagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami dan efektif yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (3/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bibir Hitam Secara Alami

1. Lemon

Kamu bisa menggunakan lemon sebagai salah satu cara menghilangkan bibir hitam yang efektif dan alami. Lemon adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan vitamin ini akan membantumu untuk mengangkat sel-sel kulit mati di bibirmu. Selain itu, vitamin C juga bisa membantu regenerasi kulit yang bisa menghilangkan warna hitam di bibirmu.

2. Jeruk Nipis

Kalau kamu tidak punya lemon di rumah, janganlah khawatir. Kamu bisa menggunakan jeruk nipis sebagai pengganti buah tersebut. Sama seperti lemon, jeruk nipis juga kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantumu untuk membuat bibirmu kembali menjadi merah merona secara alami.

3. Gula

Gula juga dapat kamu manfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan bibir hitam. Tekstur kasar gula ditambah dengan kundungan yang ada di dalamnya membuatnya cocok untuk dijadikan scrub alami untuk bibir yang efektif. Kamu bisa menggunakan gula sebagai scrub yang akan membantumu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat warna bibirmu menjadi hitam.

4. Pasta Gigi

Ada banyak bahan yang mudah kamu temukan di rumahmu yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam. Salah satunya adalah pasta gigi. Untuk membantumu menghilangkan warna hitam di bibir, kamu perlu memilih pasta gigi yang kaya akan kandungan magnesium, selenium, kalsium, kalium, dan berbagai mineral lainnya.

Kandungan tersebut dapat membantumu untuk mempercepat proses regenerasi kulit Cobalah oleskan pasta gigi pada bibirmu dan diamkan sejenak selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilaslah dengan air bersih. Supaya hasilnya maksimal, kamu bisa menggunakan pasta gigi yang berbahan herbal.

5. Es Batu

Es batu juga merupakan salah satu cara menghilangkan bibir hitam secara alami yang cukup efektf. Pasalnya, suhu dingin es batu akan membuat pembuluh darah menyempit. Hal ini akan menyebabkan tekanan darah di bibirmu menjadi lebih besar sehingga bibirmu nampak merah.

Cara menghilangkan bibir hitam menggunakan es batu juga cukup mudah. Kamu cukup menggosok-gosok es batu ke bibirmu selama kurang lebih 15 menit setiap harinya. Lakukan secara rutin dan teratur supaya efektif.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bibir Hitam Secara Alami

6. Mentimun

Mentimun adalah salah satu buah yang memiliki kandungan air yang tinggi. Tingginya kandungan air yang terdapat di dalam mentimun dapat membantumu untuk melembabkan bibirmu.

Dengan demikian, bibirmu akan menjadi merah merona secara alami. Cara untuk menghilangkan warna hitam di bibirmu menggunakan mentimun juga cukup mudah. Kamu cukup menggosok-gosok bibirmu menggunakan mentimun secara rutin dan teratur.

7. Kentang

Kentang adalah salah satu bahan makan yang umum dan mudah untuk ditemukan di rumah-rumah. Kentang adalah salah satu umbu yang kaya akan kandungan berbagai macam vitamin dan mineral yang memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Salah satu manfaat kentang ialah dapat membantumu untuk mempercepat regenerasi pada kulit. Hal ini membuat kentang cocok untuk kamu coba sebagai salah satu cara menghilangkan bibir hitam secara alami. Caranya adalah dengan menghaluskan kentang lalu mengoleskannya dibibirmu.

8. Air Mawar

Cara menghilangkan bibir hitam yang alami dan efektif selanjutnya ialah dengan menggunakan air mawar. Menjaga kelembaban bibirmu bisa membantumu untuk menghilangkan warna hitam dibibirmu dan membuat bibirmu menjadi merah merona secara alami. Salah satu cara untuk menjaga kelembaban bibirmu secara alami yang efektif dan mudah untuk dilakukan adalah dengan menggunakan air mawar.

9. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu daun atau tumbuhan yang sudah lama dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan. Daun ini banyak digunakan sebagai salah satu bahan dalam berbagai produk kecantikan. Akan tetapi, tahukah kamu kalau kamu juga bisa menggunakan lidah buaya sebagai salah satu cara menghilangkan bibir hitam secara alami yang efektif?

Caranya juga cukup mudah. Kamu cukup mengambil gel yang terkandung dalam daun lidah buaya dan mengoleskannya dibibirmu. Diamkan selama 15 menit lalu cucilah bibirmu hingga bersih. Lakukan ini secara rutin dan teratur untuk membantu supaya warna bibirmu kembali merah merona.

10. Daun Mint

Daun Mint terkenal sebagai salah satu bahan tambahan untuk menambahkan kelezatan hidangan minuman ataupun makanan, salah satunya adalah teh mint atau mint tea. Tetapi, kamu juga bisa menggunakan daun ini sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami.

Selain dapat memberikan sensasi dingin di bibir, daun ini juga kaya akan kandungan berbagai vitamin dan mineral yang bisa membantumu untuk memerahkan bibirmu secara alami. Kamu cukup menumbuk 2 lembar daun mint hingga halus lalu oleskanlah di bibirmu. Diamkanlah selama kurang lebih 15 menit lalu bilaslah bibirmu dengan air bersih.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bibir Hitam Secara Alami

11. Susu

Salah satu cara menghilangkan bibir hitam secara alami dan efektif adalah dengan menggunakan susu. Susu kaya akan kandungan asam laktat yang dapat membantumu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di bibirmu. Cobalah secara rutin mengoleskan susu murni di bibirmu selama kurang lebih 15 menit. Ini bisa membantumu untuk menghilangkan warna hitam di bibirmu dan membuatnya kembali merah merona secara alami.

12. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga sudah lama terkenal sebagai salah satu bahan alami dalam berbagai produk kecantikan. Minyak ini kaya akan kandungan berbagai macam nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Di antara berbagai kandungan yang ada di dalam minyak ini ialah vitamin E dan K. Kandungan kedua vitamin ini menjadikan minyak zaitun cocok untuk kamu coba sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami. Oleskan bibirmu dengan minyak zaitun secara rutin setiap hari untuk membuat bibirmu cantik dan merah merona.

13. Minyak Jarak

Minyak jarak juga merupakan salah satu cara menghilangkan bibir hitam secara alami yang efektif. Mengoleskan minyak ini ke bibirmu secara rutin setiap hari dapat membantumu untuk membuat bibirmu menjadi merah kembali dan juga bisa mengatasi bibir pecah-pecah.

14. Minyak Almond

Minyak almond memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan kulit. Pasalnya, kandungan properto emollient yang terkandung di dalam minyak nabati ini dapat membantumu untuk meremajakan dan menghaluskan kulit bibirmu, membuat bibirmu kembali cantik dan merah merona. Cara menghilangkan bibir hitam menggunakan minyak almond adalah dengan mengoleskan minyak tersebut ke bibir secara rutin setiap harinya.

15. Minyak Kelapa

Tidak hanya untuk memasak, kamu bisa menggunakan minyak kelapa sebagai salah satu cara menghilangkan bibir hitam secara alami yang efektif. Mengoleskan minyak kelapa ke bibirmu secara rutin setiap harinya dapat membantu kulit bibirmu supaya beregenerasi secara lebih cepat, membuat warna bibirmu tidak kembali kusam.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bibir Hitam Secara Alami

16. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan berbagai nutrisi dan vitamin di dalamnya. Di dalam alpukat terkandung 25 nutrisi yang penting bagi tubuh dan dapat membantumu untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Selain itu, kandungan nutrisi dan vitamin di dalam alpukat juga bisa membantumu sebagai salah satu cara menghilangkan bibir hitam secara alami yang efektif. Caranya adalah dengan menghaluskan daging buahnya dan mengoleskannya di bibirmu. Diamkanlah selama 15 menit sebelum membilas bibirmu dengan air bersih.

17. Delima

Delima adalah salah satu buah yang bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bibir hitam. Delima kaya akan kandingan polifenol yang merupakan zat antioksidan. Zat ini dapat membantu tubuhmu untuk menangkal radikal bebas dan membuat bibirmu kembali merah merona secara alami. Kamu cukup menghaluskan 1 buah delima dan mengoleskannya di bibirmu saja. Lakukanlah secara rutin dan teratur supaya cara ini efektif.

18. Stroberi

Kamu bisa menggunakan buah stroberi sebagai pemerah bibir yang alami. Tingginya kandungan vitamin C dan antioksidan di dalam buah ini bisa membantumu sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami yang efektif. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu untuk membelah stroberi menjadi dua lalu mengoleskannya ke bibirmu selama kurang lebih 15 menit.

19. Madu

Kamu juga bisa menggunakan madu sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami di rumahmu. Madu bisa membantumu untuk menghilangkan warna hitam di bibirmu dan membuat bibirmu kembali merah merona berkat kandungan glukosa dan fruktosa di dalamnya.

Kedua kandungan ini dapat merangsang epidermis untuk membuat kolagen baru yang membuat bibirmu tampak lebih segar. Kamu cukup mencampur madu dengan gula lalu menggunakannya untuk menggosok-gosok bibirmu untuk mengangkat kulit mati yang menyebabkan bibir berwarna kusam.

20. Kunyit

Cara menghilangkan bibir hitam secara alami yang efektif berikutnya ialah dengan menggunakan kunyit. Rempah ini kaya akan berbagai kandungan yang tidak hanya baik untuk mengobati berbagai macam penyakit, tetapi juga bisa membantumu untuk menghilangkan warna hitam dibibirmu dan mengatasi bibir yang kering. Caranya adalah dengan menumbuk 2 ruas kunyit hingga benar-benar halus lalu mengoleskannya di bibir selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilaslah bibirmu dengan air bersih.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS