Sukses

Tinggi Net Bola Voli untuk Putra Adalah Tergantung Level, Simak Penjelasannya

Tinggi net bola voli untu putra adalah tergantung kelompok usia dan level kompetisinya.

Liputan6.com, Jakarta Tinggi net bola voli untuk putra adalah tergantung level kompetisinya. Artinya, tinggi net bola voli untuk putra bisa bermacam-macam. Tinggi net bola voli untuk putra adalah tergantung dari beberapa faktor.

Yang pasti, tinggi net bola voli untuk putra adalah berdasarkan ketentuan berikut, yakni diukur dari tengah lapangan; kedua ujung net harus berada pada ketinggian yang sama dari permukaan lapangan; sisi-sisi net bola voli tidak boleh lebih tinggi 2 cm dari ketinggian peraturan yang ditetapkan.

Di Amerika Serikat, tinggi net bola voli untuk putra adalah ditentukan berdasarkan kelompok usia pemain, jumlah pemain dalam satu tim, dan tingkat keterampilan pemain.

Dengan kata lain, tinggi net bola voli untuk putra adalah bisa bervariasi tergantung level kompetisi yang sedang dijalankan. Namun tinggi net bola voli untuk putra di level kompetisi profesional adalah 2,43 meter.

Beda level kompetisi tentu saja tinggi net bola voli menggunakan ketentuan yang berbeda. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai tinggi net bola voli untuk putra adalah, terlebih dulu artikel ini akan membahas mengenai seluk beluk bola voli, seperti yang telah Liptan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (30/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sejarah Bola Voli

Dilansir dari Britannica, permainan bola voli diciptakan pada tahun 1895 oleh William G. Morgan, direktur Young Men's Christian Association (YMCA) di Holyoke, Massachusetts. Bola Voli awalnya dirancang sebagai olahraga dalam ruangan untuk pengusaha yang menganggap permainan baru bola basket terlalu sulit.

Semula Morgan menyebut olahraga itu "mintonette," sampai seorang profesor dari Springfield College di Massachusetts mencatat sifat permainan voli dan mengusulkan nama "bola voli."

Aturan permainan bola voli ditulis oleh Morgan dan dicetak dalam edisi pertama Buku Pegangan Resmi Liga Atletik Asosiasi Kristen Remaja Putra Amerika Utara (1897). Segera setelah itu, permainan bola voli terbukti memiliki daya tarik yang kuat. Baik laki-laki maupun perempuan di sekolah, taman bermain, angkatan bersenjata, dan organisasi lain di Amerika Serikat, banyak yang tertarik untuk bermain bola voli. Baru kemudian, permainan bola voli diperkenalkan ke negara lain.

3 dari 6 halaman

Aturan Permainan Bola Voli

Secara sederhana, bola voli adalah permainan di mana tim yang mendapat tiga set lebih dulu yang menang. Untuk mendapatkan satu set, satu tim harus mendapatkan 25 poin lebih dulu dengan cara menjatuhkan bolah di daerah lawan. Menjatuhkan bola di area sendiri atau di luar lawan akan menjadi poin untuk lawan.

Berikut ini adalah aturan permainan bola voli secara lebih rinci:

a. Setiap tim terdiri dari 6 pemain dan 6 pemain pengganti. Pemain dapat diganti kapan saja tetapi jika ingin kembali hanya dapat ditukar dengan pemain yang menggantikannya.

b. Setiap tim dapat memukul bola hingga tiga kali sebelum bola harus dikembalikan. Tim defensif kemudian dapat mencoba dan memblokir atau mengembalikan bola lagi dengan memukulnya maksimal tiga kali.

c. Permainan dimainkan hingga 25 poin. Jika kedua tim sama-sama memiliki 24 poin, makan situasi tersebut disebut deuce. Artinya, untuk memenangkan set, tim harus mendapatkan keunggulan dua poin terlebih dulu.

d. Sebuah langkah disebut sebagai pelanggaran antara lain sebagai berikut, melangkah melewati garis dasar saat melakukan servis; bola mengenai net dan gagal melewati net (jika bola mengenai net dan masih melewati net maka ini sah-sah saja); menahan bola atau berlari dengan bola juga pelanggaran; serata pelanggaran lainnya adalah menyentuh net dengan bagian tubuh manapun.

 

4 dari 6 halaman

Lapangan Bola Voli

Dalam buku berjudul Peraturan Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), lebar dan panjang lapangan bola voli adalah harus memiliki lebar 9 meter dan panjang 18 meter. Permainan bola voli dengan lebar dan panjang lapangan tersebut masing-masing diperkuat oleh 10 pemain.

“Enam pemain utama yang terdiri dari tosser, libero, spiker, dan defender, serta empat orang pemain yang menghiasi bangku cadangan,” dijelaskan.

Apabila sudah memahami lebar dan panjang lapangan bola voli adalah sesuai standar nasional dan standar internasional harus memiliki lebar 9 meter dan panjang 18 meter, selanjutnya perhatikan rincian lengkapnya sebagai berikut:

1. Panjang lapangan bola voli adalah 18 meter.

2. Lebar lapangan bola voli adalah 9 meter.

3. Panjang garis serang lapangan bola voli adalah 3 meter.

4. Area servis lapangan bola voli adalah 3 meter.

5. Lebar garis dalam lapangan bola voli adalah 5 meter .

6. Luas lapangan bola voli adalah 162 meter persegi (18 x 9 meter).

5 dari 6 halaman

Tinggi Net Bola Voli

Tinggi net bola voli untuk putra adalah 2.43 meter. Itu untuk level profesional. Tinggi net bola voli untuk putra adalah berbeda dengan tinggi net bola voli untuk putri. Maka dari itu berikut penjelasan rinci mengenai tinggi net bola voli berdasarkan ketentuan aturan resmi.

Tinggi net bola voli untuk putra adalah

Tinggi net bola voli untuk putra adalah 2,43 meter. Namun, untuk mengakomodasi pemain pria dari kelompok usia yang lebih tua, ketinggian net bisa lebih rendah. Tinggi net bola voli untuk putra adalah 2,38 meter untuk kelompok usia 55 sampai 69 tahun. Tinggi net bola voli untuk putra adalah 2,29 meter untuk kelompok usia 70 tahun ke atas.

Tinggi net bola voli putri adalah

Sama seperti di kategori putra, tinggi net untuk bola voli putri dapat diubah sesuai dengan usia pemain yang berpartisipasi. Tinggi net bola voli standar untuk wanita adalah 2,24 meter. Untuk wanita berusia 45 tahun ke atas, tinggi net lebih rendah, sekitar 2,19 meter.

Tinggi net bola voli untuk pemain muda

Untuk pemain bola voli yang lebih muda, tinggi net tergantung pada jenis kelamin, usia, tinggi, dan tingkat keterampilan pemain tim yang bersangkutan.

Tinggi net standar untuk anak laki-laki dan perempuan usia 13 sampai 14 tahun adalah 2,24 meter. Untuk anak laki-laki dan perempuan usia 11 dan 12 tahun, tinggi net adalah 2,13 meter. Untuk anak laki-laki usia 10 tahun ke bawah juga menggunakan net dengan tinggi 2,13 meter. Sedangkan tinggi net untuk anak perempuan usia 10 tahun ke bawah adalah 1,98 meter.

 

6 dari 6 halaman

Cara Mengukur Net Bola Voli

Mengukur tinggi net bola voli bisa sangat mudah jika memiliki alat yang tepat. Berikut langkah-langkah mengukur net bola voli.

Langkah 1: Jepitkan alat pengukur ke bagian atas jaring bola voli dan biarkan menggantung di lantai.

Langkah 2: Pastikan rantai tidak berayun dari sisi ke sisi. Ini penting!

Langkah 3: Ukur setiap sisi jaring bola voli pada batasnya ( Batasnya adalah tempat antena akan dipasang). Pastikan tingginya sedekat mungkin dengan panjang rantai. Ini berarti bahwa bagian bawah rantai seharusnya hampir tidak menyentuh lantai.

Langkah 4: Ukur bagian tengah jaring bola voli. Bagian tengah jaring bola voli mungkin sedikit lebih rendah dari batas. Itu tidak apa-apa! Pastikan bahwa perbedaan antara tinggi di tengah jaring, dan tinggi di batas jaring, tidak lebih besar dari inci.

Langkah 5: Kagumi jaring bola voli Anda yang telah diatur dengan sempurna dan bersiaplah untuk bermain bola voli!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.