Sukses

9 Cara Membersihkan Kepiting yang Benar, Cepat dan Mudah, Ikuti Langkahnya

Cara membersihkan kepiting dengan benar, cepat dan mudah.

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan kepiting dengan mudah, cepat dan benar bisa dilakukan dengan cukup mengikuti sembilan langkah sederhana, mulai dari memilih kepiting yang segar hingga siap disajikan. Kepiting merupakan salah satu makanan laut favorit yang kaya akan kandungan kalsium dan proteinnya, hal ini membuat kepiting menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia.

Sayangnya walau memiliki peminat yang banyak, di pasaran belum banyak tersedia kepiting yang dijual dalam keadaan sudah dibersihkan. Oleh karena itu perlu dilakukan beberapa langkah dan cara membersihkan kepiting sebelum diolah menjadi hidangan yang siap dimakan.

Cara membersihkan kepiting juga harus dilakukan dengan benar karena kepiting yang tidak dibersihkan dengan baik dapat mengandung racun yang bisa berbahaya bagi tubuh dan menyebabkan berbagai alergi pada tubuh.

Oleh karena itu saat mencari cara membersihkan kepiting, tidak hanya kemudahan dan kecepatan saja namun langkah yang benar untuk menghilangkan racun di kepiting juga perlu diperhatikan dalam membersihkan dan mengolah kepiting.

Untuk itu berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (21/7/2022) cara membersihkan kepiting dengan benar, cepat dan mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Kepiting Dengan Benar

Langkah 1: Dapatkan Kepiting Segar

Langkah pertama untuk cara membersihkan kepiting yang benar dimulai saat anda membeli kepiting. Pastikan selalu memilih kepiting yang masih dalam keadaan segar. Pilih kepiting yang masih aktif dan hidup. Hal ini berguna untuk menghindari kepiting yang sudah mati berhari-hari karena sangat mungkin bagian dalam nya sudah membusuk dan mencemari bagian dagingnya.

Selain itu kepiting yang masih segar akan memiliki rasa yang lebih manis dan segar pula saat dimasak sehingga anda dapat merasakan rasa terbaik dari kepiting yang anda olah. Adapun jika anda membeli kepiting yang tidak segar, maka hasilnya juga akan kurang maksimal walau sudah dibersihkan sebaik mungkin.

 

Langkah 2: Masak Kepiting Dengan Direbus

Setelah anda mendapatkan kepiting segar, cara membersihkan kepiting selanjutnya adalah dengan cara memasaknya. Kukus atau rebus kepiting anda selama sekitar 7-8 menit, memasak kepiting dengan cara direbus atau dikukus akan mempermudah anda saat membuka cangkang kepiting yang keras tanpa merusaknya.

Saat merepus dan mengkukus kepiting pastikan waktu dan besarnya api yang digunakan, pastikan kepiting tidak terlalu matang karena  kepiting yang kurang matang selalu dapat dimasak lebih lanjut, sedangkan kepiting karet yang terlalu matang tidak dapat diselamatkan.

Jika anda memilih untuk merebus, anda bisa menambahkan beberapa bumbu ke dalam air. Tambahkan garam, daun salam, beberapa potongan seledri, wortel, sedikit merica, dan bumbu utuh lainnya yang anda punya. Bumbu rebus pada kepiting akan membuat cita rasa kepiting menjadi lebih kaya.

Jika anda kesulitan memasukan kepiting untuk direbus atau dikukus, anda bisa mendinginkan kepiting di lemari es atau freezer sesaat sebelum digunakan. Hal ini akan memperlambat metabolisme kepiting sehingga anda dapat memegangnya dengan mudah.

 

Langkah 3: Bilas dan Dinginkan

Langkah selanjutnya setelah dirasa kepiting cukup matang adalah membilas dan mendinginkan kepiting yang telah dimasak tadi. Keluarkan kepiting dari panci, dan bilas dengan air dingin di wastafel. Ini akan menghentikan proses memasak, mendinginkan cangkang dengan suhu yang cukup untuk anda dapat memegang kepiting.

Selain cangkang pastikan juga untuk membilas semua isi perut kepiting yang mungkin keluar selama memasak. Balikkan dia beberapa kali untuk bisa menyemprotkan kedua sisi bagian tubuh kepiting. Anda juga disarankan membuang isi perut kepiting karena adanya kemungkinan isi perut kepiting mengkonsentrasikan racun yang mungkin terpapar pada kepiting.

3 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Kepiting Dengan Mudah

Langkah 4: Membuka Cangkang Kepiting

Langkah selanjutnya dalam cara membersihkan kepiting dengan benar adalah membuka cangkang kepiting dengan menggunakan kain celemek dan ibu jari untuk mematahkannya di bagian belakang cangkang. Atau bisa juga dengan membelah bagian tubuh dan cangkang menjadi dua bagian dimulai dari bagian perut kepiting.

Anda juga bisa membuka cangkang kepiting dengan menarik cangkangnya dan tubuh kepiting ke dua arah yang berlawanan hingga tubuh bagian dalam kepiting terlihat dan cangkang terbuka dengan sempurna.

 

Langkah 5: Bersihkan Kotoran Kepiting

Langkah selanjutnya adalah membersihkan kepiting dari segala kotoran yang menempel. Setelah cangkang terbuka anda akan melihat bagian kepiting yang kotor seperti usus kepiting yang berupa seperti benang berwarna hitam.

Kotoran selanjutnya yang dibuang terdapat di lambung kepiting, yang berbentuk seperti segitiga di dekat punggung cangkang. Bagian ini menyimpan kotoran dalam tubuh kepiting yang jika tidak dibersihkan dapat beracun dan menyebabkan alergi pada tubuh.

 

Langkah 6: Buang Insang dan Mandibula

Langkah untuk membersihkan kepiting berikutnya adalah dengan melepaskan dan membuang bagian insang dan mandibula pada kepiting. Keluarkan dan buang insang yang kenyal, karena bagian ini tidak bisa dimakan dan dapat mengganggu saat anda makan kepiting.

Dan untuk membuang mandibula anda bisa dengan cara memecahkannya terlebih dahulu baru kemudian dibuang karena sama seperti insang bagian ini tidak dapat dikonsumsi oleh manusia. Mandibula adalah bagian mulut di bagian depan kepiting.

4 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Kepiting Dengan Cepat

Langkah 7: Bilas Bersih Tubuh Dan Sikat Cangkang Kepiting

Selanjutnya bilas kembali tubuh kepiting dan sikat cangkang kepiting menggunakan sikat gigi untuk hasil yang lebih maksimal. Pastikan untuk membilas semua noda coklat kehijauan dari tubuh dan hanya pastikan yang tersisa hanya cangkang dan daging yang enak.

Karena kepiting tinggal dan hidup di habitat yang penuh dengan lumpur dan air asin, perlu sangat dicermati untuk membersihkan kepiting hingga benar-benar bersih agar tidak ada pasir atau tanah yang tersisa sebelum diolah dan dikonsumsi.

 

Langkah 8: Break in Half

Langkah berikutnya agar kepiting mudah dimasak adalah dengan memotong kepiting menjadi dua bagian atau lebih. Caranya adalah dengan membalikkan kepiting, pegang di kedua sisinya, dan letakkan ibu jari anda di dekat garis tengah di bagian belakang.

Lalu dorong ke atas dengan ibu jari anda dan tarik ke bawah dengan tangan; pastikan kepiting harus retak dengan mudah dan bersih di sepanjang garis tengahnya dan tidak ada kotoran yang menempel pada bagian tubuh kepiting yang telah dipotong.

 

Langkah 9: Sajikan

Setengah melakukan langkah-langkah diatas kepiting akan terlihat bagus dan bersih untuk disajikan. Untuk anda yang suka makanan segar yang masih mentah, kepiting bisa disajikan dengan irisan lemon saus kecap asin.

Dan jika anda memiliki freezer, anda dapat menyisipkan potongan cangkang untuk kaldu dengan citarasa makanan laut. Kaldu ini juga bisa ditambahkan dengan kulit dan kepala udang dan sedikit daging seafood.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.