Sukses

8 Manfaat Merica Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

8 manfaat merica yang penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Liputan6.com, Jakarta Merica adalah salah satu rempah yang banyak ditemukan di dapur. Berbagai masakan, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia, banyak menggunakan rempah ini sebagai salah satu bumbu dalam masakan tersebut. Akan tetapi, manfaat merica untuk kesehatan sebenarnya cukup banyak.

Merica atau lada adalah rempah yang banyak digunakan sebagai penyedap dalam masakan. Rasanya yang sedikit pedas membuat rempah ini juga dapat digunakan untuk menggantikan cabai dalam masakan, khususnya bagi yang tidak terlalu kuat dengan pedasnya cabai.

Indonesia sendiri adalah salah satu produsen lada di dunia. Rempah-rempah ini menjadi salah satu komoditi ekspor dari Indonesia sejak dahulu kala. Bahkan, 80% lada yang diproduksi di Indonesia diekspor ke luar negeri.

Manfaat merica bagi kesehatan berasal dari berbagai kandungan dari rempah-rempah tersebut. Berbagai kandungan di dalam merica seperti lemak dan pati dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Berikut ini beberapa manfaat merica yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, senin (18/7/2022)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Merica

1. Menurunkan Resiko Alzheimer

Salah satu manfaat merica bagi kesehatan ialah menurunkan resiko Alzheimer. Alzheimer adalah kondisi menurunnya kemampuan otak manusia secara drastis yang disebabkan oleh menurunnya fungsi sebagian sel otak. Alzheimer bisa menyerang siapa saja, tetapi, pada umumnya penyakit ini menyerang orang tua atau lansia.

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Alzheimer Disease tahun 2012, menemukan bahwa kebiasaan mengkonsumsi merica bisa memberikan pengaruh terhadap resiko Alzheimer pada seseorang. Seseorang yang rutin mengkonsumsi lada, khususnya lada hitam, bisa menurunkan resiko terkena Alzheimer pada orang tersebut.

2. Menurunkan Resiko Penyakit Parkinson

Selain membantu mencegah Alzheimer, manfaat merica bagi tubuh juga bisa menurunkan resiko penyakit Parkinson. Parkinson adalah penyakit menurunnya kondisi saraf manusia. Parkinson disebabkan oleh kurangnya kandungan dopamin pada saraf.

Salah satu penyebab parkinson adalah adanya enzim yang dapat menghancurkan dopamin dalam saraf. Menurut penelitian, merica memiliki berbagai kandungan seperti piperine yang disebut-sebut dapat membantu menghentikan enzom yang mampu menghancurkan dopamin dalam saraf tersebut. Hal ini membuat merica dipercaya dapat menurunkan resiko penyakit Parkinson pada seseorang.

3 dari 5 halaman

Manfaat Merica

3. Membantu Memulihkan Stroke

Manfaat merica bagi kesehatan yang selanjutnya ialah membantu memulihkan stroke. Tidak hanya membantu mencegah berbagai penyakit seperti Parkinson dan Alzheimer, merica juga dapat membantu untuk memulihkan penyakit Stroke.

Sebuah penelitian yang terbit dalam Journal of American Geriatric Society menunjukkan bahwa merica dapat digunakan untuk membantu memulihkan penyakit stroke. Pada penelitian ini, para peneliti menggunakan pasien strok yang memiliki kesulitan untuk menelan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menghirup aroma merica bisa membantu mengaktifkan bagian otak yang berfungsi untuk menelan, dan dapat membantu para pasien stroke yang kesulitan untuk menelan.

4. Mengurangi Resiko Kejang

Manfaat merica yang berikutnya adalah mengurangi resiko kejang. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Biological and Pharmaceutical Bulletin, tahun 2010 menunjukkan bahwa merica dapat membantu seseorang untuk mengurangi resiko kejang. Merica mengandung piperine, sebuah kandungan yang dapat mengontrol kalsium yang memicu sel-sel saraf melepaskan neurotransmitter yang bisa mengurangi resiko kejang.

4 dari 5 halaman

Manfaat Merica

5. Membantu Melawan Depresi

Selain mencegah berbagai penyakit, manfaat merica bagi kesehatan juga bisa membantu seseorang untuk melawan depresi. Rasa sedih yang dirasakan oleh seseorang dapat menyebabkan turunnya kandungan hormon serotonin dalam tubuh seseorang. Hormon serotonin adalah hormon yang penting karena ia meberikan stimulas perasaan senang dan bahagia.

Merica memiliki kandungan zat aktif yang bernama piperine. Zat aktif tersebut dipercaya dapat membantu otak untuk memproduksi hormon serotonin yang bisa menstimulasi perasaan bahagia pada diri seseorang. Oleh sebab itu, mengkonsumsi merica dapat membantu seseorang untuk melawan rasa sedih dan depresi.

6. Meredakan Flu

Manfaat merica bagi kesehatan yang selanjutnya ialah membantu meredakan flu. Flu seringkali dapat membuat hidung tersumbat yang menyebabkan perasaan tidak nyaman dan mengganggu napas.

Mengkonsumsi merica dapat membantu untuk mengatasi hidung tersumbat. Kandungan senyawa dekongestan alami dalam merica dapat membantu tubuh untuk menghilangkan lendir-lendir yang menumpuk pada saluran pernapasan ketika seseorang sedang terkena flu. Ini membantu mereka untuk melegakan hidung yang tersumbat.

5 dari 5 halaman

Manfaat Merica

7. Membantu Menjaga Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Merica atau lada dapat membantu seseorang untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulitnya. Senyawa piperine yang terkandung di dalam merica tidak hanya penting bagi kesehatan otak ataupun syaraf saja, tetapi juga penting bagi kesehatan kulit. Senyawa ini dapat membantu untuk mengurangi paparan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan dan kecantikan kulit seperti kulit kusam dan penuaan dini.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat merica bagi kesehatan yang berikutnya ialah membantu menurunkan berat badan. Merica mengandung senyawa capsaicin. Senyawa ini dapat membantu membakar lemak berlebih yang menumpuk di dalam tubuh. Dengan membakar sisa lemak di dalam tubuh tersebut, merica dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan dan mencapai berat badan yang ideal.

Memiliki berat badan yang ideal penting untuk menjaga kesehatan. Obesitas atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh manusia, seperti penyakit jantung dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.