Sukses

Tujuan Nasional Indonesia Dalam UUD 1945 Dan Penjelasannya

Tujuan nasional Indonesia yang perlu dipahami dijelaskan dalam UUD 1945

Liputan6.com, Jakarta Tujuan nasional Indonesia menjadi salah satu hal yang harus diketahui dan dipahami oleh setiap warga negara Indonesia. Hal ini karena tujuan nasional Indonesia merupakan dasar pedoman dalam kehidupan berwarganegara dan juga pedomana untuk menyusun berbagai kebijakan negara.

Tujuan nasional Indonesia adalah pedoman dalam mengarahkan segala kegiatan negara, dari mulai menyusun kebijakan hingga mengendalikan berbagai perlengkapan negara dan kehidupan rakyatnya.

Tujuan nasional Indonesia ini dibentuk berdasarkan tempat, kondisi serta situasi sejarah dan juga pengaruh dari penguasa negara yang bersangkutan. Dibuatnya tujuan nasional Indonesia ini guna untuk memberi perlindungan, kesejahteraan, mencerdaskan dan membuat perdamaian kepada rakyat Indonesia.

Untuk lebih jelasnya, maksud dari setiap poin tujuan nasional Indonesia. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (14/7/2022) Pengertian beserta tujuan nasional Indonesia lengkap dengan penjelasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PENGERTIAN TUJUAN NASIONAL INDONESIA

Pengertian Tujuan Nasional Indonesia

Mengutip dari buku Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan yang diterbitkan oleh Kemendikbud, tujuan nasional adalah kepentingan nasional yang bersifat abadi dan menjadi acuan dalam merumuskan tujuan untuk pertahanan negara. Tujuan nasional Indonesia ini kemudian dilakukan melalui tiga strata yaitu strata mutlak, strata penting, dan strata pendukung.

Tujuan nasional Indonesia ini disebutkan dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 yang berbunyi “...melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.”

Sehingga dapat disimpulkan bahwa  terdapat 4 poin tujuan nasional Indonesia yaitu:

- Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,

- Memajukan kesejahteraan umum,

- Mencerdaskan kehidupan bangsa,

- Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

3 dari 3 halaman

PENJELASAN TUJUAN NASIONAL INDONESIA

Berdasarkan poin-poin yang telah dijelaskan maka dapat disimpulkan bahwa ada empat tujuan nasional Indonesia yang mencangkup perlindungan, kesejahteraan, kecerdasan dan perdamaian. Berikut penjelasannya:

1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

Tujuan nasional Indonesia yang pertama adalah perlindungan. Poin ini mencangkup hak-hak warga negara di berbagai bidang kehidupan dan bermasyarakat seperti hak akan perlindungan hukum, hal untuk bebas mengungkapkan pendapat, hak untuk hidup, hak mendapatkan Pendidikan dan lain sebagainya.

Selain itu semua komponen yang ada di Indonesia juga harus turut dilindungi, dimulai dari rakyat yang tinggal di dalam negeri maupun diluar negeri, kemudian kekayaan alam, kebudayaan hingga nilai-nilai yang dijunjung negara Indonesia harus mendapat perlindungan.

Kewajiban untuk melindungi seluruh tubuh Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia tidak hanya berlaku dan menjadi tugas aparat pemerintah atau badan pemerintahan Indonesia saja. Namun juga menjadi kewajiban seluruh warga negara untuk saling melindungi dan menjaga keutuhan negara Indonesia.

Untuk mewujudkannya bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti menanamkan rasa cinta tanah air dan meningkatkan rasa kepemilikan terhadap budaya bangsa.

2. Memajukan kesejahteraan umum

Tujuan nasional Indonesia yang kedua adalah memajukan kesejahteraan umum. Terdapat tiga parameter untuk mengetahui tingkat kesejahteraan rakyat Indonesia. Tiga unsur ini juga menjadi syarat subjektif paling minimal yang harus terpenuhi.

Ketiga unsur kesejahteraan tersebut adalah pakaian atau sandang, makanan atau pangan, dan tempat tinggal atau papan. Kesejahteraan yang dinilai juga tidak hanya dalam aspek ekonomi atau materi saja, namun juga kesejahteraan secara lahir dan batin.

Kesejahteraan lahir dan batin ini mencangkup perasaan aman dan nyaman pada setiap warga negara. Nilai ini dapat diwujudkan dengan sikap seperti saling menghormati, gotong royong, menghargai hak antar warga negara, dan kewajiban masing-masing warga negara dan lain sebagainya.

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa

Tujuan nasional Indonesia yang ketiga adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan ini berfungsi untuk memastikan seluruh warga negara Indonesia mendapatkan haknya dalam bidang pendidikan. Negara Indonesia harus memastikan, bahwa seluruh warga negaranya memiliki kesempatan dalam mengenyam pendidikan yang layak dan berkualitas.

Tujuan nasional Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tidak hanya dilakukan oleh pemerintah namun juga harus dengan kesadaran seluruh rakyat Indonesia untuk sadar pentingnya Pendidikan bagi kehidupan yang lebih baik.

Hal ini karena dengan adanya warga negara yang cerdas maka pembangunan dan proses memajukan negara akan lebih mudah dicapai. Sehingga mengenyam pendidikan setinggi-tingginya merupakan salah satu cara mencapai tujuan nasional Indonesia dalam mencapai poin mencerdaskan kehidupan bangsa.

4. Melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Tujuan negara Indonesia yang keempat adalah ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Berdasarkan tujuan nasional Indonesia keempat ini, terdapat poin penting yaitu perdamaian.

Perdamaian adalah cita-cita semua negara di dunia ini tidak hanya Indonesia. Sehingga perwujudan perdamaian ini mengacu pada perdamaian di dalam dan diluar negeri. Penerapannya berupa pembuatan kebijakan luar negeri dan dalam negeri yang dilandasi dengan demokrasi.

Perdamaian di negara Indonesia dapat diwujudkan baik oleh pemerintah maupun oleh seluruh warga negara. Caranya adalah dengan menjaga perdamaian antar sesama warga negara. Seperti antar umat beragama atau antar suku bangsa, dengan saling menghormati perbedaan yang ada, maka perdamaian dapat diciptakan.

Selain menjaga perdamaian di dalam negeri, perdamaian antar negara juga harus dipertahankan. Sehingga dasar politik luar negeri Indonesia adalah politik bebas aktif. Hal ini dilakukan untuk membantu mencapai perdamaian dunia, karena kerja sama dengan negara lain yang dibuat akan dilandasi dengan nilai-nilai perdamaian serta keadilan sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.