Sukses

Homogen Adalah Campuran dengan Komposisi Serba Sama, Kenali Ciri-Ciri dan Contohnya

Homogen adalah istilah yang berlawanan dengan heterogen.

Liputan6.com, Jakarta Homogen adalah istilah yang mungkin sudah sering kamu dengar namun masih belum paham artinya. Pemahaman tentang homogen ini perlu memperhatikan konteksnya, karena maknanya tentu akan berbeda bila digunakan dalam bidang yang berbeda pula.

Homogen sering kali dijumpai pada suatu campuran. Homogen adalah campuran yang memiliki komposisi seragam dan tidak bisa dibedakan. Kamu mungkin akan menemui istilah homogen ini dalam pembelajaran kimia ataupun fisika.

Homogen adalah istilah yang berlawanan dengan heterogen. Oleh karena itu, kamu perlu memahami kedua istilah ini. Apalagi, homogen dan heterogen merupakan dua kata yang bisa kamu kenali makna dan perbedaannya melalui konteks penggunaannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/7/2022) tentang homogen adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Homogen adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), homogen adalah terdiri atas jenis, macam, sifat, watak, dan sebagainya yang sama. Homogen adalah suatu bahan atau sistem yang memiliki sifat yang sama di setiap titik. Homogen adalah satu ragam tanpa satupun penyimpangan.

Dalam kimia, homogen adalah campuran yang serba sama di seluruh bagiannya dan membentuk satu fasa. Salah satu contoh campuran homogen adalah udara. Udara tersusun atas beberapa senyawa contohnya H2, CO2, N, O2 dan lain sebagainya. Sehingga diperlukan cara khusus untuk membedakan antar komponennya.

Campuran homogen dikenal juga dengan seutan larutan. Larutan adalah campuran homogen antara zat terlarut (solute) dan zat pelarut (solvent). Sifat campurah homogen adalah setiap bagian dari campuran homogen selalu sama, baik dari segi warna, rasa, hingga perbandingannya. Seperti contoh campuran homogen adalah sesendok gula yang dilarutkan ke dalam air.

3 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Campuran Homogen

Ciri-ciri campuran homogen adalah sebagai berikut:

- Partikel penyusun antara yang satu dengan yang lain tidak dapat dibedakan.

- Mempunyai warna yang sama rata.

- Mempunyai rasa yang sama.

- Zat yang tercampur memiliki perbandingan yang sama.

- Memiliki tingkat konsentrasi yang sama.

- Wujudnya berupa padatan, gas dan juga cairan.

- Campuran tidak dapat dipisahkan dengan menggunakan cara mekanis, tetapi dapat dipisahkan menggunakan cara yang lebih sulit, contohnya seperti distilasi.

4 dari 7 halaman

Contoh Campuran Homogen

Contoh campuran homogen adalah sebaga berikut:

- Air Garam (Air Laut memiliki kadar garam).

- Larutan Air dan Gula pada minuman softdrink.

- CO2 yang terdapat di dalam air (air terkarbonisasi).

- Uap air yang terdapat di udara.

- Karbon Monoksida (CO) yang terdapat di udara.

- Campuran antara tembaga dan seng yaitu Kuningan.

- Campuran Perak, Tembaga dan Emas yaitu Emas Putih.

5 dari 7 halaman

Pengertian Heterogen

Campuran heterogen adalah campuran yang tidak serba sama, membentuk dua fasa atau lebih, dan terdapat batas yang jelas di antara fasa-fasa tersebut. Contoh dari campuran heterogen adalah minyak dan air, campuran kapur dengan pasir, campuran serbuk besi dengan karbon, dan masih banyak contoh lainnya.

Campuran heterogen memiliki sifat yang mana zat penyusunnya tak sama alias tak seragam. Sehingga kedua zat tersebut masih bisa dibedakan partikel-partikelnya. Contoh dari campuran heterogen seperti campuran antara tanah dengan kerikil, beton, campuran antara pasir dan air, dan campuran lainnya yang kedua zatnya masih tampak dengan mata telanjang tanpa bantuan alat.

Contoh campuran heterogen adalah sebagai berikut:

- Air dan pasir yang dicampur.

- Ketan, kacang hijau yang direbus.

- Bubur kacang hijau.

- Adukan semen dan coral.

- Saus dan salad.

- Beton yang merupakan campuran heterogen dari agregat semen dan air.

- Es batu yang tercampur dengan cola.

- Kue chip cokelat.

6 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Campuran Heterogen

Ciri-ciri campuran heterogen adalah sebagai berikut:

- Partikel penyusun dengan partikel lainnya berbeda alias bisa dibedakan.

- Kedua jenis bahan memiliki warna yang tidak sama, sehingga tidak dapat didegradasi.

- Kedua bahan cenderung atau umumnya memiliki rasa yang tidak sama di setiap lapisannya.

- Perbandingan antara kedua atau lebih zat yang tercampur tidak sama.

- Konsentrasi yang dimiliki kedua bahan tidak sama.

- Wujudnya pun bisa berupa padatan, gas, atau cairan.

- Kedua bahan atau campuran bisa dipisahkan dengan menggunakan system mekanis yaitu filtrasi alias penyaringan biasa yang tak sulit.

7 dari 7 halaman

Perbedaan Campuran Homogen dan Heterogen

Dari kedua pengertian, ciri-ciri, dan contoh yang telah dibahas sebelumnya, kamu tentunya sudah memahami perbedaan kedua campuran ini. Perbedaan antara campuran heterogen dan homogen adalah sebagai berikut:

- Bahan dan Campuran. Bahan dan campuran homogen memiliki komposisi dan sifat seragam yang sama di seluruh bagian, sedangkan bahan dan campuran heterogen tidak memiliki komposisi seragam atau sifat seragam.

- Komponen. Campuran heterogen merupakan campuran yang komponen-komponennya masih dapat terlihat terpisah secara kasat mata. Sementara itu, campuran homogen komponennya tidak terlihat dengan mata telanjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.