Sukses

Contoh yang Termasuk Karya Seni Rupa Murni adalah Bukan Mengutamakan Fungsi

Seni rupa murni adalah fine art yang mengutamakan keindahan.

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu seni rupa murni? Memahami seni rupa adalah wujud dari garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan yang bisa ditangkap mata dan diraba oleh alat indra manusia.

Sementara seni rupa murni adalah fine art yang mengutamakan keindahan. Dalam buku berjudul Seni Rupa dan Seni Teater SMA Kelas XII oleh Drs. Margono dkk dijelaskan, pengertian seni rupa murni (fine art) adalah karya seni rupa yang hanya mengutamakan keindahan, bukan menggutamakan fungsinya.

Apa saja contoh yang termasuk karya seni rupa murni? Contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah bukan mengutamakan fungsi. Contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah lukisan, patung, pertunjukan, relief, film, fotografi, dan lainnya.

Segala karya yang hanya bisa dinikmati secara estetika saja adalah contoh seni rupa murni. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang contoh yang termasuk karya seni rupa murni, Rabu (15/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Contoh yang Termasuk Karya Seni Rupa Murni adalah Bukan Mengutamakan Fungsi

Memahami seni rupa murni adalah seni yang identik dengan keindahan. Ini menjadikan contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah berupa benda yang bisa dinikmati keindahannya.

Dalam buku berjudul Seni Rupa dan Seni Teater SMA Kelas XII oleh Drs. Margono dkk dijelaskan, pengertian seni rupa murni (fine art) adalah karya seni rupa yang hanya mengutamakan keindahan, bukan menggutamakan fungsinya.

Ini mengapa, contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah benda yang tidak memiliki fungsi apapun selain tampak indah. Apabila ditarik benang merah dengan konsep lebih sederhana, contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah mengutamakan estetika saja.

Seniman membuat contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah adalah semata sebagai ekspresi kepentingan estetis, yang tidak ada maksud menjadikannya lebih fungsional. Contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah lukisan, gambar, patung, grafis, kaligrafi, pahatan, relief, dan fotografi.

Kemudian dalam buku berjudul Pembudayaan Literasi Seni di SD oleh Mansurdin, contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah seni kriya seperti logam, serat, tekstil, kulit, kayu, dan masih banyak lagi. Jika cetakan, berupa cetakan tinggi, dalam saring, dan datar.

3 dari 3 halaman

Contoh yang Termasuk Karya Seni Rupa Murni adalah Lukisan, Patung, dan Lainnya

Apabila sudah memahami contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah bukan mengutamakan fungsi tetapi keindahan, ini contoh dan penjelasan lengkapnya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Lukisan

Contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah lukisan. Beberapa contoh karya seni lukis tradisional dapat dilihat di berbagai daerah di Indonesia seperti seni lukis kaca di Cirebon, seni lukis Kamasan di Bali, lukisan pada kulit kayu yang dibuat masyarakat di Irian Jaya dan lain sebagainya.

Adapun contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah seni lukis yang kita kenal saat ini dibuat pada kanvas yang dapat disebut sebagai seni lukis modern. Beberapa seniman seni lukis modern Indonesia yang namanya sudah dikenal di mancanegara di antaranya Affandi, Popo Iskandar, Fajar Sidik, Nanna Banna dan masih banyak lainnya.

2. Patung

Contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah patung. Di setiap benua, seni patung memiliki bentuk yang berbeda-beda dengan sejarah masing-masing yang juga berbeda.

Bahkan seiring berjalannya waktu, di mana seni kontemporer mulai berkembang pesat, patung sebagai contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah bisa menjadi semacam seni pertunjukan.

Misalnya dibeberapa tempat di Tiongkok, Jepang, Kanada, Swedia dan Rusia diadakan festival patung es yang diselenggarakan secara berkala.

3. Grafis

Contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah grafis. Mirip dengan lukisan, seni grafis merupakan salah satu jenis karya 2 dimensi. Dalam proses membuatnya, seni satu ini memakai teknik cetak.

Cara tersebut bisa dilakukan secara modern atau memakai teknologi yang canggih.

Selain itu, teknik cetak grafis sebagai contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah bisa memakai teknik yang konvensional. Beberapa jenis teknik yang biasa dipakai antara lain sablon, monotype, cukil kayu, collagraph dan juga etsa.

4. Pertunjukan

Contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah pertunjukan. Kata pertunjukan dalam hal ini diartikan sebagai "sesuatu yang dipertunjukkan; tontonan (bioskop, wayang, dsb); pameran (barang-barang)."

Sedangkan seni pertunjukan sebagai contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah bentuk sajian seni yang diperlihatkan atau dipertunjukkan kepada khalayak umum. Bisa pula orang yang banyak oleh pelaku seni atau seniman dengan tujuan untuk memberikan hiburan yang dapat dinikmati oleh para penontonnya.

5. Relief

Contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah relief. Relief adalah seni rupa murni yang unik sebab gambar hasilnya bentuknya 3 dimensi atau yang disebut dengan trimatra. Tapi gambar relief sebagai contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah dibuat di bidang 2 dimensi yang disebut dengan dwimatra.

6. Fotografi

Contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah fotografi. Fotografi berasal dari istilah Yunani yakni phos yang berarti cahaya dan graphein yang berarti menggambar. Istilah tersebut pertama kali oleh Sir John Herschel pada tahun 1839. Arti kata fotografi adalah menggambar dengan cahaya.

7. Film

Contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah film. Film sebagai karya seni, merupakan hasil dari proses kreatif berbagai unsur di antaranya seni musik, seni rupa, seni suara, teater serta teknologi dengan kekuatan gambar sebagai bentuk visualisasinya.

Film sebagai contoh yang termasuk karya seni rupa murni adalah berperan sebagai alat untuk mencurahkan ekspresi bagi penciptanya. Ini juga sebagai alat komunikator yang efektif. Ia dapat menghibur, mendidik, melibatkan perasaan, memicu diskusi dan lain sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.