Sukses

Pengertian Ilmu adalah Pengetahuan Suatu Bidang, Simak Penjelasan Para Ahli

Ilmu adalah pengetahuan, tetapi pengetahuan belum tentu ilmu.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami ilmu adalah bagian dari pengetahuan dalam suatu bidang. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu.

Dicontohkan lebih mendalam, ilmu adalah pengetahuan atau kepandaian (tentang duniawi, akhirat, lahir, batin, dan sebagainya). Sementara dalam Islam, ilmu adalah sifat mengetahui yang wajib bagi Allah SWT.

Dalam jurnal penelitian berjudul Ilmu adalah Kekuasaan Peran dan Implikasinya (Tinjauan Epistimologis) oleh Ni Ketut Tri Srilaksmi, S.H, M.Ap, dijelaskan pengertian ilmu adalah pengetahuan tentang sesuatu atau bagian dari pengetahuan.

Apa perbedaan ilmu dan pengetahuan?

Masih mengutip sumber jurnal penelitian yang sama dijelaskan, ilmu adalah pengetahuan, tetapi pengetahuan belum tentu ilmu. Syarat sebuah ilmu bisa menjadi pengetahuan adalah sistematik, general, rasional, objektif, menggunakan metode tertentu, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang ilmu, pengertian ilmu menurut para ahli, serta perbedaan ilmu dan pengetahuan, Senin (30/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli

1. Pengertian Ilmu Menurut Minto Rahayu

Pengertian ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum.

2. Pengertian Ilmu Menurut Harold H.titus

Pengertian ilmu adalah common science yang diatur serta diorganisasikan dengan mengadakan pendekatan terhadap benda atau peristiwa dengan menggunakan cara atau metode observasi yang teliti serta kritis.

3. Pengertian Ilmu Menurut NS. Asmadi

Pengertian ilmu adalah suatu sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahuai melalui penyeledikan yang sistematis dan terkendali.

4. Pengertian Ilmu Menurut The Liang Gie

Pengertian ilmu adalah rangkaian kegiatan manusia yang rasional dan kognitif dengan metode berupa macam-macam prosedur dan susunan langkah yang kemudian akan menghasilkan kumpulan pengetahuan yang sistematis mengenai berbagai gejala kealaman, kemasyarakatan atau individu untuk tujuan mencapai kebenaran yang sebar-benarnya, mendapatkan pemahaman dan memberikan penjelasan atau melakukan penerapan.

5. Pengertian Ilmu Menurut Mohammad Hatta

Pengertian ilmu adalah pengetahuan mengatur tentang suatu pekerjaan umum, karena akibat dalam suatu kelompok masalah yang sifatnya sama baik dilihat dari kedudukannya ataupun hubungannya yang tampak dari luar, maupun dalam.

6. Pengertian Ilmu Menurut Dr. H. Ali As’ad

Pengertian ilmu adalah sebuah sifat yang apabila dimiliki seseorang maka akan menjadi jelas mengenai apa yang terlintas di dalam pengertiannya

7. Pengertian Ilmu Menurut Nazir

Pengertian ilmu adalah suatu pengetahuan yang memiliki sifat umum serta sistematis, pengetahuan dari mana dapat disimpulkan dalil-dalil tertentu menurut kaidah-kaidah umum.

8. Pengertian Ilmu Menurut Popper

Pengertian ilmu adalah tetap dalam keseluruhan dan hanya mungkin direorganisasi.

9. Pengertian Ilmu Menurut Prof. DR. A. Baiquni

Pengertian ilmu adalah general consensus dari masyarakat yang terdiri dari scientist.

10. Pengertian Ilmu Menurut Ralph Ross & Ernest Van Den Haag

Pengertian ilmu adalah memiliki bentuk yang empiris, rasional, umum dan sistematik, dan yang dimana keempatnya itu serentak

11. Pengertian Ilmu Menurut DR. H.M. Gade

Pengertian ilmu adalah hasil dari sebuah pemikiran mengenai batas-batas kemungkinan pengetahuan pada manusia.

12. Pengertian Ilmu Menurut Afanasyef

Pengertian ilmu adalah pengetahuan manusia mengenai alam, pikiran serta masyarakat.

13. Pengertian Ilmu Menurut Izuddin Taufiq

Pengertian ilmu adalah penelusuran informasi maupun data yang melalui sebuah pengamatan, pengkajian serta eksperimen, yang mana memiliki guna menetapkan hakikat, landasan dasar ataupun asal usulnya.

14. Pengertian Ilmu Menurut Karl Pearson

Pengertian ilmu adalah keterangan yang stabil dan juga komprehensif mengenai suatu fakta melalui pengalaman dengan istilah yang sederhana.

15. Pengertian Ilmu Menurut Dr. Maurice Bucaille

Pengertian ilmu adalah sebuah kunci yang dapay mengungkapkan segala hal apapun, baik itu dalam jangka panjang maupun singkat.

3 dari 3 halaman

Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli

16. Pengertian Ilmu Menurut Harsojo

Pengertian ilmu adalah sekumpulan akumulasi dari pengetahuan yang disistematiskan.

17. Pengertian Ilmu Menurut D. Bernal 1977

Pengertian ilmu adalah suatu pranata atau metode yang membentuk keyakinan mengenai alam semesta dan manusia.

18. Pengertian Ilmu Menurut NS. Asmadi

Pengertian ilmu adalah sekumpulan pengetahuan yang padat serta proses mengetahuainya ini melalui sebuah penyeledikan yang sistematis dan juga terkendali (metode ilmiah)

19. Pengertian Ilmu Menurut J. Haberer 1972

Pengertian ilmu adalah sebuah hasil dari aktivitas manusia yang mana hal ini merupakan kumpulan dari teori, metode dan praktek sehingga menjadi pranata dalam masyarakat.

20. Pengertian Ilmu Menurut Prof. Dr Syed Naquib Alattas

Pengertian ilmu adalah ketibaan makna dalam diri seseorang yang mana hal ini bisa menyebabkan perubahan yang berdasarkan dari ilmu yang dicapai atau diperoleh.

21. Pengertian Ilmu Menurut Shapere

Pengertian ilmu adalah mencakup atas tiga hal yakni terdapat rasionalitasm yabf bisa digeneralisasi dan bisa disistematisasi.

22. Pengertian Ilmu Menurut Schulz

Pengertian ilmu adalah mencakup logika, yang terdapat interpretasi subjektif serta konsistensi dengan realitas sosial.

23. Pengertian Ilmu Menurut Ashely Montagu

Pengertian ilmu adalah suatu pengetahuan pada satu sistem yang asalnya dari studi, pengamatan juga percobaan dalam menentukan dasar prinsip mengenai suatu hal yang sedang dikaji.

24. Pengertian Ilmu Menurut John G. Kemeny

Pengertian ilmu adalah segala pengetahuan yang dikumpulkan dengan memakai metode ilmiah yang hal ini merupakan hasil dari suatu proses yang dibuat dengan memakai metode tersebut.

25. Pengertian Ilmu Menurut Thomas Kuhn

Pengertian ilmu adalah sebuah himpunan kegiatan yang bisa menghasilkan banyak penemuan, baik itu dalam bentuk penolakan atau dalam pengembangannya.

26. Pengertian Ilmu Menurut Poespoprodjo

Pengertian ilmu adalah suatu sebuah proses dalam perbaikan diri secara berkesinambungan yang terdiri atas perkembangan teori dan juga uji empiris.

27. Pengertian Ilmu Menurut Francis Bacon

Pengertian ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang sifatnya valid serta hanya faktalah yang bisa menjadi objek dalam pengetahuannya.

28. Pengertian Ilmu Menurut J.S. Badudu

Pengertian ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara sistematis. Contoh: ilmu agama, berarti pengetahuan tentang ajaran agama atau teologi, ilmu bahasa berarti pengetahuan tentang hal ikhwal atau tata bahasa, linguistik, dan lain-lain.

29. Pengertian Ilmu Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu.

30. Pengertian Ilmu Menurut Australian Academy of Science

Pengertian ilmu adalah kumpulan pengetahuan yang telah teruji kebenarannya dan disusun secara sistematis berdasarkan dengan metode ilmiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.