Sukses

Apa Itu Wibu? Pahami Pengertian, Ciri-Ciri, dan Perbedaannya dengan Otaku

Liputan6.com, Jakarta Apa itu wibu, sering kali menjadi perbincangan yang sudah tak asing lagi bagi kita yang tinggal di Indonesia. Wibu adalah orang yang terbosesi dengan budaya Jepang berlebihan. Maka, jika dipahami lebih jauh mengenai apa itu wibu, adalah seseorang yang menyukai dan tergila-gila dengan anime.  

Meskipun begitu, apa itu wibu dan bagaimana seseorang sudah digolongkan sebagai wibu. Bahkan ada ciri-ciri yang nyata bisa menunjukkan bahwa seseorang itu merupakan seorang wibu. Yang mempengaruhi seseorang dikatakan wibu tidak selalu berkaitan erat dengan anime.

Pasalnya, wibu sendiri bisa saja berkaitan dengan lagu-lagu Jepang, idol dari Jepang, penampilan ala Jepang, kebiasaan menggunakan bahasa Jepang, dan lain sebagainya. Kemudian, jika melihat apa itu wibu secara etimologi adalah istilah yang asal usulnya berasal dari serapan kata berbahasa Inggris, weeaboo. 

Berikut Liputan6.com ulas mengenai apa itu wibu beserta ciri-ciri dan perbedaannya dengan otaku yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/5/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Wibu

Istilah wibu berasal dari bahasa Inggris yakni weaboo. Apa itu wibu adalah sebutan untuk seseorang (meski bukan warga) yang begitu menggilai dan mencintai budaya Jepang. Melansir laman urbandictionary.com, weeaboo identik dengan kecintaan atau obsesi seseorang pada budaya Jepang meski bukan berasal dari Jepang. Para wibu sering melakukan percakapan menggunakan bahasa Jepang di kehidupan sehari-hari, meski mereka bukan warga Jepang.

Beberapa koda kota yang sering diucapkan para wibu ini di antaranya seperti ohayo, konichiwa, arigatou, daijobun, gomenasai, hingga eto. Bagi non wibu, mungkin merasa asing dengan apa yang diucapkan mereka.

Perlu diketahui juga, menjadi seorang wibu, diwajibkan untuk hafal seluruh alur film anime. Selain itu, wibu juga diwajibkan untuk rajin baca manga, dan up-to-date mengenai berita kebudayaan Jepang.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Wibu

Setelah mengetahui apa itu wibu, berikut ini ciri-ciri seseorang yang dikatakan wibu. Berikut penjelasannya:

1. Obsesi Berlebihan dengan Jepang

Ciri-ciri wibu adalah cara pandangnya terhadap negara Jepang. Wibu umumnya menganggap seluruh kehidupan yang ada di Jepang adalah hal keren dan lebih unggul dari budaya mana pun, bahkan jika dibandingkan budayanya sendiri.

 2. Media Sosial

Ciri-ciri umum yang ada pada wibu juga terlihat pada akun media sosial mereka. Biasanya wibu akan mencampurkan nama mereka dengan sematan nama Jepang. Bahkan, mereka menggunakan aksara Jepang untuk menulis nama akun sosial media mereka.

3. Punya Pacar Khayalan

Wibu banyak yang memiliki pacar khayalan. Bentuk pacar khayalan wibu biasanya seperti karakter anime atau karakter game. Mereka biasa menyebut pacar khayalan mereka dengan sebutan waifu atau husbando.

4. Meniru Perilaku Orang Jepang

Ciri berikutnya adalah mereka senang meniru perilaku orang Jepang. Mereka mencoba meniru bagaimana gaya hidup orang Jepang. Mulai dari pilihan kata, sikap, serta perilaku, mereka akan menjadikan gaya hidup orang Jepang sebagai panduan.

5. Menyisipkan Bahasa Jepang

Wibu juga sering meniru gaya berbicara atau menulis dengan menyisipkan bahasa Jepang dalam setiap kesempatan. Contohnya seperti kata ‘Ohayo’, ’Sumimasen’, ‘Nani’, atau ‘Gomen’ mungkin akan sering terdengar dari mulut mereka.

6. Sudut Pandang Terhadap Anime dan Kartun

Apabila diamati lebih jauh, mungkin anime dan kartun tidak ada bedanya. Sebab keduanya sama-sama berupa gambar serta animasi. Akan tetapi, di mata para wibu kedua hal ini tidak sama. Mereka berpegang teguh bahwa anime dan kartun merupakan dua hal berbeda.

4 dari 5 halaman

Perbedaan Wibu dengan Otaku

Sebenarnya, istilah otaku di Jepang ditujukan untuk orang-orang yang hanya fanatik pada anime Jepang. Pasalnya pada tahun 90-an, seseorang yang mendapat julukan otaku adalah orang yang hanya menekuni salah satu hobi atau bidang, hal ini sama seperti pengertian "geek" dalam dunia barat.

Geek menjadi sebuah ungkapan bagi mereka yang gila akan teknologi atau dunia game. Sehingga bisa dikatakan bahwa otaku dan geek menjadi sebuah ungkapan yang sama untuk seseorang yang menekuni sesuatu dengan berlebih. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, istilah otaku ditujukan sebagai hinaan dan diskriminasi.

Sedangkan otaku memiliki arti yang berbeda dengan wibu. Apa itu wibu adalah julukan untuk seseorang yang fanatik bukan hanya dengan anime, namun juga fanatik dengan segala hal berbau Jepang. Bila otaku hanya untuk mereka yang fanatik dengan dunia anime, seperti buku komik dan tontonan serial anime.

5 dari 5 halaman

Perbedaan Wibu dengan Waifu

Sebutan waifu atau wifu sebenarnya ditujukan seorang wibu kepada karakter anime perempuan dambaan yang bahkan dianggap sebagai pacar atau istri. Sedangkan husband merujuk pada karakter anime pria. Dua hal itu menjadi istilah atau panggilan untuk mereka yang memiliki pasangan khayalan di dunia wibu. Apa itu wibu adalah orang yang terobsesi dengan budaya Jepang berlebihan, dan menjadi sebuah istilah negatif yang saat ini tertanam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS