Sukses

Optimis Adalah Cara Pandang Positif, Ketahui Manfaat dan Upaya Penerapkannya

Optimis adalah sifat manusia yang berupa harapan positif dalam menghadapi segala hal maupun persoalan.

Liputan6.com, Jakarta Sifat optimis adalah sifat manusia yang berupa harapan positif dalam menghadapi segala hal maupun persoalan. Sifat ini perlu dimiliki seseorang dalam menjalankan kehidupan, supaya tidak ada hal yang mengganggu pikiran.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian optimis adalah orang yang selalu berpengharapan (berpandangan) baik dalam menghadapi segala hal. Atau bisa juga pengertian optimis adalah paham (keyakinan) atas segala sesuatu dari segi yang baik dan menyenangkan atau sikap selalu mempunyai harapan baik dalam segala hal.

Untuk mendapatkan sifat optimis ada hal-hal yang perlu anda perhatikan. Hal-hal tersebut dimulai dari mencintai diri sendiri dan jangan pernah menyalahkan setiap keadaan atau kondisi yang menimpa diri sendiri.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian optimis beserta manfaat dan cara menerapkannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Optimis Menurut Para Ahli

Adapun pendapat lain mengenai pengertian optimis menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Daniel Goleman

Pengertian optimis adalah harapan yang kuat. Harapan tersebut ditujukan pada segala sesuatu yang akan dihadapi di dalam kehidupan.

Robert E Franken

Pengertian optimis adalah sebuah cakupan dari variabel-variabel biologis. Di mana sebuah optimism akan dianggap sebagai hasil dari gaya penjelasan tertentu atau explanatory style. Hal itu lebih mengarah kepada pendekatan kognitif.

Secara sederhananya, sifat optimis dinyatakan dengan harapan dan keyakinan positif mengenai segala persoalan kehidupan yang akan menemukan keberhasilan (kesuksesan). Oleh karena itu, seseorang harus memiliki sifat optimis dalam hati dan pikirannya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sifat Optimis

Ada beberapa manfaat optimis yang dapat dirasakan oleh seseorang adalah sebagai berikut:

1. Memotivasi diri sendiri

Orang yang selalu optimis adalah dia yang memiliki motivasi pada dirinya. Dia akan melihat segala hal sebagai sebuah peluang, daripada sebuah masalah. Selain itu, dia akan lebih bersedia dalam mengambil tindakan. Serta aka bekerja untuk apa yang diinginkannya. Jika dihadapkan pada suatu masalah dalam hidup yang cukup pelik, maka motivasi pertama yang datang berasal dari dirinya sendiri. Mereka akan memotivasi dirinya supaya dapat bangkit. Kemudian beranjak untuk menyelesaikan masalah dengan baik.

2. Menciptakan lingkungan sosial positif

Pada kebanyakan kasus, orang yang optimis akan mengelilingi diri mereka dengan orang-orang yang memiliki aura positif. Oleh sebab itu, mereka akan senang jika diajak bergaul dan menghabiskan lebih banyak waktu secara bersama.

3. Memperjuangkan apa yang diinginkan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, orang yang memiliki sikap optimis adalah mereka yang berpikir secara realistis. Maksudnya bahwa mereka tidak akan menetapkan tujuan untuk diri mereka sendiri yang dirasa tidak memungkinkan dan diluar kemampuannya. Hal sebaliknya, orang optimis adalah mereka yang akan memperjuangkan yang diinginkan. Sebab, mereka tahu bahwa mereka dapat mewujudkannya.

4. Mengambil pelajaran dari sebuah masalah

Orang yang bersikap optimis adalah mereka yang akan merasa bahagia. Hal ini karena mereka melihat sesuatu dari sisi yang positif dan lebih cerah, sehingga mereka akan merasa lebih bahagia. Orang yang optimis akan mengambil banyak hal yang bisa dipelajari dari suatu masalah. Meskipun masalah tersebut adalah masalah besar yang sedang dihadapinya.

5. Jujur pada diri sendiri

Orang yang optimis tidak akan takut untuk mengakui kesalahannya. Hal sebaliknya, mereka akan secara terbuka mengakui apa yang menjadi kesalahan mereka. Dari penjelasan-penjelasan sebelumnya, maka dapat dikatakan bahwa orang yang bersikap optimis adalah mereka yang akan jujur pada diri sendiri. Jika membuat sebuah masalah, mereka tidak akan menyalahkan orang lain atas kesalahan tersebut. Mereka juga akan cukup merasa percaya diri dalam menerima bahwa mereka tidak selalu benar.

4 dari 4 halaman

Cara Menerapkan Sikap Optimis

Cara menerapkan atau membiasakan sikap optimis adalah sebagai berikut:

1. Berpikir positif

Anda harus melatih pikiran bahwa anda dapat melakukan berbagai macam hal baik yang akan membawa anda menuju gerbang kesuksesan.

2. Syukuri hal kecil

Anda harus mensyukuri segala hal apa pun yang telah dilakukan dengan baik di hari itu. Setelah melakukan aktivitas seharian, luangkan waktu setidaknya 10 menit untuk memikirkan hal-hal positif yang berhasil diraih pada hari itu, bahkan dari kejadian yang tidak menyenangkan sekalipun.

3. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Saat kegagalan menghampiri, jangan sepenuhnya menyalahkan diri sendiri. Anda harus membiasakan diri untuk membuat pola pikir bahwa kesalahan yang dilakukan bisa diperbaiki dan bisa menjadi pembelajaran di kemudian hari. Jadikan kegagalan tersebut sebagai dorongan untuk berupaya lebih giat agar dapat memperoleh hasil yang lebih baik di kemudian hari.

4. Hindari kata-kata negatif

Kurangi kebiasaan menggunakan kosakata yang negatif dalam melakukan berbagai macam hal. Ubah ungkapan “saya tidak bisa” atau “ini tidak akan berhasil” dengan ungkapan yang lebih positif seperti “saya harus mencoba” atau “ini bisa diusahakan”. Ungkapan positif mampu membangun pemikiran yang positif pula, sehingga menimbulkan perilaku kerja yang bersemangat dan berorientasi pada harapan kesuksesan.

5. Jadikan masa lalu sebagai pelajaran

Jangan terperangkap pada masa lalu, tapi jadikanlah masa lalu sebagai sebuah pelajaran yang berharga. Cobalah untuk fokus dengan apa yang perlu dikerjakan hari ini dan apa yang perlu direncanakan satu per satu untuk masa depan.

6. Bergaul dengan orang-orang berpikiran positif

Jika orang-orang di sekitar banyak yang memberikan aura negatif atau bahkan sengaja menghambat kesuksesan anda, mungkin kini saatnya untuk mencari suasana baru dalam pergaulan. Carilah teman yang mampu berpikir positif dalam menghadapi sesuatu, sehingga anda dapat menjadi orang yang memiliki pikiran positif pula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.