Sukses

Pengertian Reklame adalah Media Promosi dan Informasi, Simak Penjelasan Para Ahli

Reklame adalah bagian dari iklan.

Liputan6.com, Jakarta Apa arti reklame? Memahami pengertian reklame adalah wujud dari papan pemberitahuan atau pengumuman yang memuat promosi dan informasi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian reklame adalah pemberitahuan kepada umum tentang barang dagangan (dengan kata-kata yang menarik, gambar) supaya laku atau iklan.

Ada dua jenis reklame yang perlu diketahui, yakni reklame komersial dan reklame non-komersial. Reklame komersial tujuannya untuk promosi dan reklame non-komersial tujuannya untuk pemberitahuan.

Agar bisa lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang reklame, pengertian reklame menurut para ahli, ciri-ciri reklame, fungsi reklame, dan jenis-jenis reklame, Jumat (1/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengertian Reklame

Memahami pengertian reklame adalah sebuah papan pemberitahuan yang dipasang di tempat umum. Pembuatan sesuai dengan pengertian reklame adalah ada untuk menawarkan produk atau barang dagangan tertentu.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian reklame adalah pemberitahuan kepada umum tentang barang dagangan (dengan kata-kata yang menarik, gambar) supaya laku atau iklan.

Secara etimologi, pengertian reklame adalah berasal dari bahasa Spanyol "reclamos" yang artinya suatu seruan yang dilakukan secara berulang-ulang. Pengertian reklame adalah diambil juga dari bahasa latin “re clamare” atau “re clamo.” Re artinya kembali berulang-ulang dan clamare atau clamo artinya berteriak.

Ada dua jenis reklame yang perlu diketahui, yakni reklame komersial dan reklame non-komersial. Sesuai dengan penjelasan tujuan reklame sebelumnya. Reklame komersial ditujukan untuk promosi dan reklame non-komersial ditujukan untuk pemberitahuan.

Bagaimana para ahli menjelaskan tentang pengertian reklame? Ini pemaparannya:

1. Pengertian Reklame Menurut Barata

Pengertian reklame adalah aktivitas yang bertujuan menyampaikan ide, informasi barang atau jasa, agar menarik perhatian banyak orang terkait ide atau produk dan jasa yang sudah diinformasikan tersebut.

2. Pengertian Reklame Menurut W.H Van Baarle dan F.E Holannder

Pengertian reklame adalah kekuatan yang menarik dan ditujukan kepada kelompok tertentu untuk membelinya.

3. Pengertian Reklame Menurut Panji

Pengertian reklame adalah setiap bentuk kegiatan yang mempunyai tujuan guna memperkenalkan produk barang atau jasa, dan hal lainnya untuk menarik perhatian banyak orang.

4. Pengertian Reklame Menurut Kriyantono

Pengertian reklame adalah komunikasi yang dilakukan tanpa personal dan bertujuan untuk menyampaikan pesan dalam menjual suatu produk barang atau jasa serta menjadikan pihak konsumen untuk membeli produk yang dijual dan membayar berbagai media yang dimanfaatkannya.

5. Pengertian Reklame Menurut Berhouwer

Pengertian reklame adalah pernyataan yang secara sadar ditujukan kepada publik yang disampaikan dalam bentuk apapun dan dilakukan oleh seorang peserta perdagangan, dan diarahkan kepada sasaran (pangsa pasar) untuk memperbesar penjualan barang- barang atau jasa yang dimasukkan.

6. Pengertian Reklame Menurut Durianto

Pengertian reklame adalah suatu upaya komunikasi untuk membujuk khalayak orang agar bisa membeli dan juga menggunakan produk atau barang yang dipromosikan.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri, Fungsi, dan Jenis-Jenis Reklame

Bagaimana ciri-ciri yang bisa lebih mendefisinikan sebuah reklame? Lalu apa saja fungsi reklame selain promosi dan pemberitahuan? Sementara itu ada berapa jenis reklame yang perlu diketahui?

Ini penjelasan tentang fungsi reklame menurut Brata (1988: 214-215), lengkap ciri-ciri dan jenis-jenisnya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Ciri-Ciri Reklame

- Ciri-ciri reklame adalah isi reklame harus singkat, padat, dan jelas, sehingga akan lebih mudah dimengerti oleh mereka yang membacanya.

- Ciri-ciri reklame adalah harus menarik dan mencolok. Hal tersebut bisa dilakukan dari cara penempatan gambar, penebalan font, atau hal lainnya yang terdapat pada desain grafis untuk mengundang perhatian. Selain itu, juga bisa berbentuk visual seperti papan iklan atau billboard.

- Ciri-ciri reklame adalah informasi yang ditulis pada reklame harus jujur. Artinya produk atau hal lainnya harus bisa diinformasikan secara jujur dan bisa dibuktikan, sehingga akan memberikan kepuasan pada konsumen.

2. Fungsi Reklame

- Fungsi reklame adalah Memberikan informasi kepada khalayak atau konsumen tentang perusahaan, produk atau barang maupun jasa;

- Fungsi reklame adalah memengaruhi atau membujuk khalayak atau konsumen sehingga mereka ingin melakukan pembelian;

- Fungsi reklame adalah menciptakan kesan tertentu tentang jasa atau barang yang direklamekan;

- Fungsi reklame adalah memberikan kepuasan tertentu sesuai keinginan konsumen;

- Fungsi reklame adalah alat komunikasi antara penjual dengan calon pembeli atau konsumen.

3. Jenis-Jenis Reklame

Jenis Reklame Sesuai Tujuan Pengadaan:

- Reklame komersial, yaitu jenis reklame yang dibuat untuk kepentingan bisnis di mana tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan lebih besar. Contoh: poster, spanduk, baliho, dan lain-lain.

- Reklame nonkomersial, yaitu jenis reklame yang dibuat untuk kepentingan umum, misalnya imbauan, informasi layanan masyarakat, dan lainnya. Contoh: reklame donor darah, reklame pajak, reklame tertib lalu lintas, dan lain-lain.

Jenis Reklame Sesuai Sifatnya:

- Reklame peringatan, yaitu jenis reklame bersifat mengingatkan masyarakat untuk melakukan hal tertentu. Contoh: reklame tertib lalu lintas.

- Reklame penerangan, yaitu jenis reklame yang bersifat memberikan informasi kepada masyarakat umum. Contoh: reklame informasi tentang kesehatan.

- Reklame ajakan atau permintaan, yaitu jenis reklame yang sifatnya mengajak atau meminta masyarakat untuk mengikuti ajakan/permintaan. Contoh: reklame donor darah, reklame bantuan bencana alam.

Jenis Reklame Sesuai Tempat Pemasangan:

- Reklame indoor, yaitu reklame yang dipasang di dalam ruangan. Umumnya reklame indoor berukuran kecil atau sedang dengan bahan kertas. Contoh: etiket, brosur, leaflet.

- Reklame outdoor, yaitu reklame yang dipasang di luar ruangan dan terpapar sinar matahari. Umumnya reklame outdoor berukuran besar dan dibuat dengan bahan kedap air dan tahan sengatan matahari. Contoh: spanduk, papan nama, baliho.

Jenis Reklame Sesuai Medianya:

- Reklame audio, yaitu reklame yang disampaikan melalui suara, baik langsung maupun tidak langsung. Contoh: iklan di radio.

- Reklame visual, yaitu reklame yang disampaikan dalam bentuk visual atau gambar. Contoh: iklan megatron, poster, plakat, spanduk, brosur, leaflet, papan nama, dan lain-lain.

- Reklame audio visual, yaitu reklame yang disampaikan dalam bentuk gambar dan suara. Contoh: iklan di TV, iklan di YouTube.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.