Sukses

Pengertian Koda adalah Bagian Penutup dan Penegas Sesuatu, Simak Penjelasannya

Koda adalah memuat pesan moral.

Liputan6.com, Jakarta Apa arti koda? Memahami pengertian koda adalah bagian dari penutup dan penegas dari sesuatu. Dalam musik, koda adalah penutup lagu dan dalam karya sastra, koda adalah penutup cerita yang memuat amanat atau hikmah.

“Pengertian koda adalah bagian terakhir sebuah komposisi musik sebagai penutup atau penutup lagu,” dijelaskan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Hal yang sama ditegaskan dalam modul berjudul Contoh Teks Inspiratif Lengkap dengan Strukturnya yang dipublikasikan Universitas Bina Sarana Informatika. Pengertian koda adalah pesan moral yang ada dalam sebuah cerita.

“Pada bagian ini akan disampaikan kesimpulan dan pesan moral dari cerita yang disajikan,” dijelaskan.

Agar lebih memahami tentang pengertian koda, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian koda dalam musik dan pengertian koda dalam karya sastra, Rabu (30/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Koda dalam Musik dan Karya Sastra

Memahami secara bahasa, pengertian koda adalah bagian dari penutup sesuatu atau penegas sesuatu. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian koda adalah bagian terakhir sebuah komposisi musik sebagai penutup atau penutup lagu.

Apa ada makna lain yang bisa menggambarkan pengertian koda? Dalam sebuah karya sastra seperti novel, cerpen, drama, anekdot, dan lainnya, koda adalah menjadi unsur penting yang membangunnya.

Dalam sebuah karya sastra pengertian koda adalah bagian dari penutup yang menegaskan pesan atau amanat. Koda adalah bagian yang memudahkan pembaca memahami inti sari sebuah kisah atau cerita.

Hal ini ditegaskan dalam modul berjudul Contoh Teks Inspiratif Lengkap dengan Strukturnya yang dipublikasikan Universitas Bina Sarana Informatika. Pengertian koda adalah pesan moral yang ada dalam sebuah cerita.

“Pada bagian ini akan disampaikan kesimpulan dan pesan moral dari cerita yang disajikan,” dijelaskan.

Pengertian koda adalah tak hanya memuat sebuah pesan atau amanat. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, dalam sebuah anekdot (cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan berdasarkan kejadian sebenarnya), pengertian koda adalah menjadi penegas tentang hal yang dikritik dalam cerita.

Dalam sumber modul yang sama, koda adalah bagian dari struktur teks. Koda adalah struktur yang membangun sebuah teks menjadi lebih sempurna. Selain koda, struktur pembangun teks adalah orientasi (pengenalan), rangkaian peristiwa, komplikasi (puncak peristiwa), dan resolusi (penyelesaian).

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Karya Sastra

Apabila sudah memahami pengertian koda adalah amanat, pesan, hikmah, hingga penegas dalam sebuah karya sastra, selanjutnya ketahui macam-macam karya sastra yang memiliki struktur koda.

Ini penjelasan macam-macam karya sastra yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Dongeng

Dongeng merupakan salah satu karya sastra lama yang berisi cerita yang lebih bersifat fiksi atau mengandung imajinasi yang sangat luar biasa. Masyarakat percaya bahwa dongeng ini tidak benar-benar terjadi.

Umumnya pengarang sebuah dongeng tidak dapat dikenali. Dongeng adalah bentuk cerita turun temurun dari nenek moyang.

Meski begitu, kejadian pada dongeng terkesan sebagai kejadian sungguhan. Padahal, dongeng adalah cerita fiktif dan imajinatif. Dongeng yang dulunya sempat populer seperti Si Kancil Mencuri Timun.

2. Drama

Drama juga termasuk karya sastra yang tentu saja sudah banyak orang mengetahuinya. Drama sendiri merupakan salah satu bentuk dari suatu karya sastra dimana didalamnya menceritakan kehidupan dari manusia melalui media gerak dan juga suara.

Secara umum, Drama dibedakan berdasarkan genre tema yang terdapat dalam drama, yaitu komedi, musical, tragedy komedi, dan tragedi. Jadi, drama ini tidak hanya tulisan saja melainkan pertunjukan yang dapat di liat saat para pemain berdialog sesuai dengan tokohnya.

3. Cerpen

Cerpen merupakan jenis karya sastra dalam karangan pendek. Biasanya, cerpen mengisahkan tentang suatu permasalahan yang dialami oleh tokoh secara ringkas mulai dari pengenalan sampai akhir dari permasalahan yang dialami oleh tokoh.

Pada umumnya cerpen hanya mengisahkan satu permasalahan yang dialami oleh satu tokoh. Selain itu, cerpen hanya terdiri tidak lebih dari 10.000 kata.

Adapun ciri-ciri cerpen yaitu dapat dibaca dengan sekali duduk, diksi yang dipakai tidaklah rumit sehingga mudah dipahami, memiliki alur tunggal atau satu jalan cerita, serta memiliki pesan moral yang terkandung.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Karya Sastra Selanjutnya

4. Novel

Novel merupakan karya sastra yang berbentuk cerita rekaan dalam bentuk karangan panjang yang mengisahkan hidup seseorang yang diangap berkesan.

Selain itu, novel akan mengandung serangkaian cerita kehidupan tokoh dan orang-orang di sekitarnya yang diceritakan dengan menonjolkan watak juga sifat setiap pelaku cerita di dalamnya.

Misalnya saja menceritakan kasih sayang seorang anak kepada ibunya yang sakit. Semua tokoh cerita dalam novel adalah fiktip belaka. Namun, dibuat kejadiannya seolah-olah nyata terjadi pada masa tersebut.

5. Roman

Roman merupakan cerita panjang tentang kepahlawanan dan percintaan. Istialah roman berkembang di Jerman, Belanda, Prancis, dan bagian-bagian Eropa daratan yang lain.

Ada sedikit perbedaan antara roman dan novel, yakni bentuk novel lebih pendek dibanding dengan roman, tetapi ukuran luas unsur ceritanya hampir sama.

6. Prosa

Prosa adalah satu di antara bentuk dari karya sastra yang berbeda dengan puisi. Namun, banyak yang beranggapan keduanya merupakan karya sastra yang sama.

Prosa merupakan karya sastra yang disusun dalam bentuk cerita atau narasi. Prosa pada umumnya merupakan cangkokan dari bentuk monolog dengan dialog.

Bahasa prosa dekat dengan kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, prosa atau fiksi adalah karangan yang bersifat menjelaskan secara terurai mengenai suatu masalah, peristiwa, dan lain-lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.