Sukses

4 Cara Membuat Google Form untuk Kuisioner, Pahami Fitur Unggulannya

Ini cara membuat Google Form untuk kuisioner paling mudah dipahami.

Liputan6.com, Jakarta Google Form sangat cocok digunakan untuk membuat kuisioner penelitian dan semacamnya karena berbasis polling quick count. Bagaimana cara membuat Google Form untuk kuisioner tersebut?

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, cara membuat Google Form untuk kuisioner bagi pengguna bisa menambahkan jenis pertanyaan standar, fitur Drag and Drop sesuai urutan.

Kemudian menyesuaikan bentuk dengan tema foto atau warna sederhana, dan mengumpulkan tanggapan dalam Formulir atau menyimpannya ke Google Sheets Spreadsheet. Ada 12 jenis fitur unggulan yang bisa dicoba untuk kuisioner.

Berikut Liputan6.com ulas empat cara membuat Google Form untuk kuisioner, dari membuat sampai mengirimnya, Rabu (23/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Google Form untuk Kuisioner

Google Forms memiliki fungsi sebagai alat formulir berfitur lengkap yang tersedia dengan gratis. Google Form bisa dibuat hanya dengan akun Google saja.

Pengguna bisa menambahkan jenis pertanyaan standar, fitur Drag and Drop sesuai urutan, menyesuaikan bentuk dengan tema foto atau warna sederhana, dan mengumpulkan tanggapan dalam Formulir atau menyimpannya ke Google Sheets Spreadsheet.

Itu artinya cara membuat Google Form untuk kuisioner sangat bisa dilakukan dan bisa diandalkan untuk melancarkan proses penelitian. Bagaimana cara membuat Google Form untuk kuisioner tersebut?

Cara Membuat Google Form untuk Kuisioner Bagian Pertama:

1. Cara membuat Google Form untuk kuisioner, mulai ari forms.google.com, klik Blank atau pilih template.

2. Kemudian dari drive.google.com, klik New > Lainnya. Di samping Google Forms, arahkan ke Panah kanan dan cara membuat Google Form untuk kuisioner klik Blank form or From a template.

3. Cara membuat Google Form untuk kuisioner selanjutnya, beri nama formulir: di pojok kiri atas, klik Untitled form atau nama formulir template dan masukkan nama baru.

4. Tambahkan deskripsi pada cara membuat Google Form untuk kuisioner bagian ini dengan: di bawah nama form, tambahkan teks.

5. Ubah warna latar belakang atau tema dengan klik palet (Palet Warna) lalu pilih warna atau tema.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Google Form untuk Kuisioner Selanjutnya

Tidak cukup hanya dengan memahami cara membuat Google Form untuk kuisioner bagian dasar. Perhatikan dan manfaatkan form editor untuk memperbaiki kuisioner sederhana yang sudah dibuat sebelumnya.

Cara Membuat Google Form untuk Kuisioner Bagian Kedua:

1. Setelah membuat, formulir akan memenuhi bagian tengah layar, dengan ruang judul dan deskripsi diikuti kolom formulir. Pengguna bisa meng-klik bidang formulir sebagai cara membuat Google Form untuk kuisioner bagian mengedit dan menambah sebuah pertanyaan.

2. Bisa juga menggunakan kotak dropdown di sebelah lapangan untuk memilih jenis bidang, misalnya bentuk pilihan ganda, kotak centang, jawaban singkat, dan sebagainya. Pada Google Forms juga menawarkan beberapa opsi pengaturan. Toolbar, digunakan untuk menambahkan lebih banyak bidang formulir.

3. Pada menu kanan atas pengguna bisa mengubah skema warna form, sebagai cara membuat Google Form untuk kuisioner guna melihat pratinjau formulir. Menggunakan tombol Send untuk berbagi formulir dan akses opsi tambahan lain seperti menginstal add-on untuk Forms.

4. Tab Responses digunakan editor formulir untuk melihat tanggapan terhadap formulir dan bisa ditautkan ke spreadsheet. Cara membuat Google Form untuk kuisioner bagian ini, pengguna hanya perlu menambahkan pertanyaan dan mengirimkan formulirnya.

Cara Membuat Google Form untuk Kuisioner Bagian Ketiga:

1. Cara membuat Google Form untuk kuisioner bagian pertanyaan, mulai klik Untitled question dan masukkan pertanyaan. Akan ada saran berdasarkan jenis pertanyaan pengguna.

2. Mengubah jenis pertanyaan bisa klik panah ke bawah.

3. Tambahkan opsi respons (berlaku untuk jenis pertanyaan).

4. Kemudian cara membuat Google Form untuk kuisioner bagian pertanyaan untuk menentukan apakah orang harus menjawab pertanyaan, klik Required.

5. Selanjutnya untuk menambahkan pertanyaan baru, klik ‘Add Question’.

6. Untuk menambahkan salinan pertanyaan yang ada, klik ‘Duplicate’.

Perubahan dalam cara membuat Google Form untuk kuisioner bagian pertanyaan ini akan disimpan secara otomatis. Pratinjau perubahan bisa dilihat kapan saja, di kanan atas, klik ‘Pratinjau’.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Google Form untuk Kuisioner Selanjutnya

Apabila sudah memahami hal-hal terpenting dari cara membuat Google Form untuk kuisioner, berikutnya pelajari fitur tambahan lainnya. Google Forms memiliki 12 jenis fitur, yakni 9 jenis pertanyaan, bersama dengan bidang teks, foto, dan video.

Cukup klik ikon pada side bar kanan untuk menambahkan pertanyaan baru. Bisa klik ikon teks, foto, atau video untuk menambahkan media pada formulir pengguna.

Setiap fitur terdapat tombol salin untuk menduplikat cepat. Cara yang cukup sederhana untuk menambahkan pertanyaan serupa ke formulir pengguna. Ada tombol hapus, pilihan untuk membuat lapangan dibutuhkan, dan menu dengan pilihan tambahan di sisi kanan.

Jenis pertanyaan bisa diganti kapan saja, tetapi perhatikan bahwa pengaturan lapangan dan pertanyaan akan diatur ulang jika pengguna beralih dari pilihan ganda, kotak centang, atau menu ke jenis pertanyaan lainnya.

Google Form untuk kuisioner siap dikirim, pengguna bisa menggunakan fitur email, menyalin, dan menempelkan tautan dalam pesan chat atau email, menyematkannya pada situs web, atau berbagi tautan di sosial media.

Cara Membuat Google Form untuk Kuisioner Bagian Keempat:

1. Cara membuat Google Form untuk kuisioner bagian mengirim, perhatikan di kanan atas, klik Kirim.

2. Mengumpulkan alamat email: Jika pendengar formulir terbatas pada organisasi, periksa secara otomatis kumpulkan alamat email organisasi responden. Jika ingin mendistribusikan formulir secara eksternal, periksa kumpulkan alamat email.

3. Pilih bagaimana ingin mengirim formulir.

4. Masukkan alamat email di kolom Kepada. Sesuaikan saja konten subjek dan pesan.

5. Link-Klik Link ‘insert link’. URL dapat dipersingkat. Klik Salin dan tempel tautan ke obrolan, percakapan, atau email.

6. Konten situs web-Klik kode Embed. Dimensi bingkai sebaris juga bisa ditemukan. Klik Copy dan paste HTML ke dalam website atau blog.

7. Mengirim Form ke sosial media, tinggal Klik salah satu ikon sosial media.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.