Sukses

10 Keistimewaan Bulan Rajab dalam Islam, Bulan Suci Penuh Kemuliaan

Rajab adalah satu dari 4 bulan haram yang dimuliakan Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Rajab 1443 H akan jatuh pada 3 Februari 2022. Bulan ini diyakini sebagai bulan yang sakral dan penuh keistimewaan. Rajab adalah satu dari 4 bulan haram yang dimuliakan Allah SWT.

Pada bulan Rajab dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amalan baik. Bulan Rajab yang mendekati bulan Ramadan juga menjadi bulan untuk mempersiapkan bulan suci Ramadan.

Selain penuh keberkahan, bulan Rajab juga dikenal sebagai bulan terjadinya peristiwa penting dalam Islam. Di bulan ini, Rasulullah untuk pertama kalinya mendapat perintah untuk menegakkan salat 5 waktu. Keistimewaan bulan Rajab ini tentunya tak boleh terlewatkan.

Berikut 10 keistimewaan bulan Rajab, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (2/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Ayat dan hadis tentang bulan Rajab

Keistimewaan bulan Rajab dijelaskan dalam Al-Qur'an dan hadis. Berikut bunyi ayat dan hadisnya:

Dari Abi Bakrah RA bahwa Nabi SAW bersabda:

“Setahun ada dua belas bulan, empat darinya adalah bulan suci. Tiga darinya berturut-turut; Zulqa’dah, Zul-Hijjah, Muharam dan Rajab”. (HR. Imam Bukhari, Muslim, Abu Daud dan Ahmad).

Allah Ta’ala berfirman dalam QS. At Taubah: 36

”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu."

3 dari 7 halaman

Keistimewaan bulan Rajab

Bulan pengagungan

Rajab adalah bulan ketujuh dalam penganggalan Hijriyah. Kata "Rajab" berasal dari "r ajūb yang berarti pemujaan atau pengagungan. Nama Rajab secara harfiah berarti dihormati, diagungkan, dan dikagumi. Allah telah memilih Rajab di atas bulan-bulan lainnya untuk disakralkan.

Salah satu bulan suci

Rajab adalah satu dari empat bulan suci, termasuk Muharram, Zulkaidah, dan Zulhijah. Dalam bulan ini diharamkan melakukan pertempuran. Pada bulan ini umat Islam diharamkan berbuat maksiat. Rajab bersama dengan Syabān adalah awal dari bulan suci Ramaḍān.

Bulan suci mirip dengan tempat suci. Umat Islam tahu bahwa dianjurkan untuk mandi dan menyucikan diri sebelum memasuki tempat suci, dan menjadi lebih sadar akan beratnya tindakan yang dilakukan. Demikian pula, umat Islam harus berusaha memasuki bulan suci dalam keadaan suci, dan berusaha untuk menjaga kemurnian itu sepanjang bulan.

4 dari 7 halaman

Keistimewaan bulan Rajab

Peristiwa Isra Miraj

Rajab merupakan bulan di mana Isra Miraj berlangsung. Isra Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW, dari Mekah ke Yerusalem dan kemudian melalui 7 Surga untuk bertemu Allah dan mendapat perintah menjalankan salat 5 waktu. Kisah tersebut terjadi pada suatu malam pada tanggal 27 Rajab.

Lahirnya Alī ibn Abī Ṭālib

Alī ibn Abī Ṭālib diyakini lahir pada bulan Rajab. Alī ibn Abī Ṭālib adalah sepupu, menantu sekaligus sahabat nabi Muhammad SAW. Ia merupakan khalifah ke keempat sepeninggal Nabi Muhammad SAW. Menurut sumber sejarah, Ali lahir pada tanggal 13 Rajab, sekitar tahun 600 M, di Mekah.

5 dari 7 halaman

Keistimewaan bulan Rajab

Bulan tercurahkan banyak nikmat

Rajab juga dikenal sebagai 'Rajab al-Asabb' atau 'Rajab yang Melimpah'. Ini karena Allah mencurahkan banyak berkah dan nikmat-Nya di bulan ini, serta rahmat-Nya yang melimpah. Rajab juga dikenal sebagai Bulan Tawbah (pertobatan) dan Bulan Istighfar (memohon ampun).

Bulan tanpa perang

Rajab adalah bulan kedua dari bulan suci dan oleh karena itu haram untuk berperang atau terlibat dalam konflik selama waktu ini. Selama bulan Rajab, Allah melarang berlangsungnya peperangan. Rajab disebut juga 'Rajab al-Asamm' , yang berarti 'Rajab yang Membungkam'. Hal ini karena siapapun tidak dapat mendengar peperangan pedang selama Rajab, karena pertempuran dilarang.

6 dari 7 halaman

Keistimewaan bulan Rajab

Bulan memohon ampun

Para ulama mengatakan bahwa Rajab adalah bulan untuk memohon ampun, Sya'ban adalah bulan untuk mendoakan Nabi Muhammad SAW, dan Ramadan adalah bulan diturunkannya Al-Qur'an. Di bulan Rajab, Allah membebaskan manusia dari neraka setiap jamnya. Rajab adalah bulan yang sangat baik untuk bertobat. Sebesar apapun dosa yang dilakukan jika bertaubat dengan ikhlas, maka insya Allah tobat akan diterima.

Bulan menyambut Ramadan

Bulan Ramadan akan datang setelah bulan Rajab dan Syaban. Penting bagi seluruh umat Islam untuk mulai mempersiapkan diri dari sekarang, meletakkan dasar-dasar kebiasaan yang baik dan membuat rencana tindakan untuk bulan yang penuh berkah ini.

Sebagaimana Imam Abu Bakar al-Warraq al-Balkhi (rh), paman Imam Tirmidzi (rh), berkata, "Bulan Rajab adalah bulan menanam (benihmu), Sya'ban adalah bulan mengairi / menyiram. (mereka), dan Ramadan adalah bulan memanen hasilnya".

Gambaran ini dengan sempurna menggambarkan pentingnya setiap bulan menjelang Ramadan. Di bulan Rajab, umat Islam harus meletakkan fondasi dan membuat persiapan; Di bulan Sya'ban, persiapan akan semakin nyata dan ibadah yang meningkat akan menjadi kebiasaan - dan di bulan Ramadan, amal kebaikan akan melimpah.

7 dari 7 halaman

Keistimewaan bulan Rajab

Bulan yang baik untuk berpuasa

Rajab adalah bulan yang baik untuk berpuasa. Ini sebabnya sangat dianjurkan untuk melakukan puasa Rajab. Pada dasarnya puasa sunnah memang dianjurkan dilaksanakan untuk memperoleh kemuliaan Allah. Berpuasa di bulan Rajab juga bisa menjadi persiapan menyambut bulan Ramadan.

Peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada bulan Rajab

Rajab dipilih secara ilahi untuk sejumlah peristiwa bersejarah dan penting, seperti Isra Miraj. Selain Isra Miraj, Rajab juga menjadi bulan pernikahan kedua orang tua Rasulullah. Pada bulan Rajab juga, Aminah Ibu Rasulullah mengandung Rasulullah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.