Sukses

Pasar Uang adalah Jual-Beli Instrumen Keuangan Jangka Pendek, Ketahui Sumber dan Manfaatnya

Instrumen jangka pendek pasar uang jatuh tempo kurang dari satu tahun.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu pasar uang dan apa bedanya dengan pasar keuangan? Pasar uang adalah tempat jual beli instrumen keuangan jangka pendek. Instrumen jangka pendek pasar uang adalah berupa instrumen yang jatuh tempo kurang dari satu tahun.

Pasar uang berbeda dengan pasar keuangan, pasar uang adalah bagian dari pasar keuangan selain pasar modal. Bank Indonesia (BI) dalam keterangan tertulisnya menjelaskan transaksi yang dilakukan di pasar uang adalah dalam mata uang rupiah dan valuta asing.

“Pasar uang adalah berperan dalam transmisi kebijakan moneter, pencapaian stabilitas sistem keuangan, dan kelancaran sistem pembayaran,” dijelaskan.

Agar lebih memahami tentang pasar uang, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pasar uang, pasar keuangan, sumber dana, dan manfaatnya, Jumat (28/1/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memahami Pasar Uang

Pasar uang adalah tempat jual beli instrumen keuangan jangka pendek. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pasar uang adalah pasar abstrak yang mempertemukan permintaan dan penawaran dana jangka pendek antara 1-360 hari dari calon penanam dan pencari modal.

Instrumen jangka pendek pasar uang adalah berupa instrumen yang jatuh tempo kurang dari satu tahun. Pasar uang berbeda dengan pasar keuangan, pasar uang adalah bagian dari pasar keuangan selain pasar modal. Peranan pasar uang adalah penting dalam keseimbangan perekonomian.

Dalam buku berjudul Pasar Uang dan Pasar Modal oleh Eko Sudarmanto, Fastaqul Khairad, dkk, menjelaskan pasar keuangan adalah tempat terjadinya perdagangan sekuritas (surat berharga), seperti uang, saham, serta obligasi (surat utang jangka menengah maupun jangka panjang yang bisa diperjualbelikan).

“Apabila pasar keuangan (pasar uang dan pasar modal) mengalami kegagalan atau tidak berjalan maka sektor perekonomian bisa mengalami gangguan seperti terjadinya resesi atau keseluhan dalam perdagangan, akibatnya angka pengangguran tinggi,” dijelaskan.

Institusi yang terlibat dalam kegiatan jual beli atau transaksi instrumen keuangan jangka pendek di pasar uang adalah bank komersial dan institusi keuangan seperti perusahaan sekuritas atau broker. Bank Indonesia (BI) dalam keterangan tertulisnya menjelaskan transaksi yang dilakukan di pasar uang adalah dalam mata uang rupiah dan valuta asing.

“Pasar uang adalah berperan dalam transmisi kebijakan moneter, pencapaian stabilitas sistem keuangan, dan kelancaran sistem pembayaran,” dijelaskan.

Apa saja instrumen pasar uang yang dilakukan antar bank? Dalam buku berjudul Kodifikasi Peraturan Bank Indonesia yang diterbitkan BI, menjelaskan cakupan instrumen itu berupa:

1. Penerbitan Sertifikat Deposito Oleh Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank

2. Persyaratan Penerbitan dan Perdagangan Surat Berharga Komersial (Commercial Paper) Melalui Bank Umum di Indonesia

3. Sertifikat Perdagangan Komoditi Berdasarkan Prinsip Syariah Antar Bank

4. Sertifikat Investasi Mudharabah Antar Bank

3 dari 4 halaman

Sumber Pasar Uang

Instrumen pasar uang adalah sumbernya dari dana jangka pendek. Apa saja yang termasuk dana jangka pendek tersebut? Hal ini dijelaskan dalam buku berjudul Pasar Uang dan Pasar Modal oleh Eko Sudarmanto, Fastaqul Khairad, dkk.

1. Utang Dagang (trade credit)

Sumber pasar uang adalah utang dagang. Disamping merupakan pengeluaran utang dagang juga dapat berfungsi sebagai sumber dana bagi perusahaan pada saat barang telah dapat diterima, tetapi pembayaran dilakukan setelahnya.

2. Pinjaman Bank Jangka Pendek dengan Jaminan (securade short term loan)

Sumber pasar uang adalah pinjaman bank jangka pendek dengan jaminan. Kelemahan mendasar dari jenis pinjaman ini dengan adanya biaya dan syarat administrasi. Namun bagi banyak perusahaan, pinjaman bank merupakan sumber dana jangka pendek yang sangat penting.

Pinjaman tersebut hampir selalu menyertakan surat perjanjian utang yang disebut dengan promissory notes yang menyertakan kesanggupan perusahaan untuk membayar pinjaman yang telah disepakati bersama bunganya.

3. Pinjaman Jangka Pendek Tanpa Jaminan (unsecurade short term loan)

Sumber pasar uang adalah pinjaman jangka pendek tanpa jaminan. Pinjaman ini bersifat sangat penting bagi perusahaan karena tidak memiliki jaminan, namun biasanya bank mensyaratkan peminjam untuk tetap memiliki saldo dana minimum di bank (compensating balance). Untuk itu perusahaan harus mempertahankan jumlah minimum tertentu dari pinjaman untuk tetap ada di bank.

4. Letter of Credit

Sumber pasar uang adalah letter of credit. Merupakan janji tertulis dari bank bagi pihak pembeli untuk membayar sejumlah uang pada perusahaan yang dituju (penjual) apabila sejumlah kondisi telah dipenuhi. Pada umumnya perjanjian ini digunakan untuk perdagangan internasional antara pembeli sebagai importir dan penjual sebagai eksportir.

5. Commercial Paper

Sumber pasar uang adalah commercial paper. Merupakan surat berharga yang diterbitkan dan dijual oleh perusahaan besar dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan jangka pendeknya. Surat ini dijual pada lembaga keuangan atau perusahaan lain dengan harga yang lebih rendah dari nilai nominalnya pada akhir periode, surat berharga ini dibeli kembali oleh perusahaan dengan nominal sebelumnya. Perbedaan antara harga beli dan jual inilah merupakan keuntungan yang dapat dibeli.

6. Factoring

Sumber pasar uang adalah factoring. Perusahaan dapat memperoleh dana dengan tepat melalui factoring, yaitu dengan menjual piutang perusahaan pada perusahaan faktor (perusahaan pembeli piutang) yang biasanya adalah lembaga keuangan. Perusahaan membayar sejumlah persentase tertentu yang bergantung kepada kualitas piutang, biaya penagih piutang dan pada tingkat bunga yang berlaku.

4 dari 4 halaman

Manfaat dan Fungsi Pasar Keuangan

Memahami pasar uang adalah bagian dari pasar keuangan selain pasar modal, maka manfaat dan fungsi keduanya sama. Hal ini dijelaskan dalam buku berjudul Pasar Uang dan Pasar Modal oleh Eko Sudarmanto, Fastaqul Khairad, dkk.

Manfaat Pasar Keuangan:

1. Menjadi Fasilitator Perdagangan Surat Berharga

Manfaat pasar keuangan adalah menjadi fasilitator perdagangan surat berharga. Kegiatan pasar keuangan mempunyai ruang lingkup tidak hanya berfokus pada uang saja, melainkan juga dalam hal surat berharga. Pasar keuangan mempermudah individu atau perusahaan untuk  memperjualbelikan surat-surat berharga, seperti saham, obligasi dan  yang lainnya.

2. Menjadi Sumber Dana

Manfaat pasar keuangan adalah menjadi sumber dana. Pasar keuangan juga merupakan sumber dana, khususnya bagi perusahaan yang membutuhkan dana. Melalui pasar keuangan, pihak yang membutuhkan dana akan dipertemukan dengan pihak pemilik dana.

3. Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan

Manfaat pasar keuangan adalah menjaga stabilitas sistem keuangan. Pasar keuangan juga bermanfaat untuk menjaga stabilitas sistem keuangan, melalui kegiatan transaksi jual beli atau keuangan yang terjadi di dalamnya.

4. Menjadi Fasilitator Investasi

Manfaat pasar keuangan adalah menjadi fasilitator investasi. Dalam hal investasi, pasar keuangan bermanfaat dalam menyediakan pinjaman dalam jangka pendek, menengah, dan panjang baik di dalam ataupun luar negeri bagi mereka yang membutuhkannya.

Fungsi Pasar Keuangan:

1. Fungsi pasar keuangan adalah menentukan harga aktiva yang diperdagangkan melalui interaksi antara penjual dan pembeli (price discovery process).

2. Fungsi pasar keuangan adalah menyediakan mekanisme bagi investor untuk menjual aktiva kewajibannya untuk keperluan likuiditas dengan mengubah aktiva menjadi kas.

3. Fungsi pasar keuangan adalah menurunkan biaya transaksi yang timbul khususnya biaya pencarian dan biaya informasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.