Sukses

Aksi Heroik Pria Selamatkan Monyet Sekarat dengan CPR, Kisahnya Tuai Pujian

Pria beri PCR kepada monyet.

Liputan6.com, Jakarta Hubungan sesama makhluk hidup memang selayaknya berjalan dengan harmonis. Saling bertumpu hingga membuat keseimbangan alam. Sebagai manusia, sifat belas kasihan sepantasnya ada, baik kepada sesama manusia, atau untuk membantu hewan yang sedang dalam kesusahan. Inilah yang dilakukan seorang pria dengan kemurnian hatinya ia berusaha menolong seekor monyet yang sedang sekarat. 

Aksi heroiknya ini terekam dalam video yang dibagikannya di Twitter dalam akun @Thiruselvamts. Dalam keterangannya, pria tersebut berumur 38 tahun yang dengan berani memberikan napas buatan kepada seekor monyet. Pasalnya diketahui monyet malang ini sedang terluka dan dalam kondisi tak sadarkan diri. 

Melansir dari India Today, momen menyelamatkan monyet tersebut terjadi di  di Perambalur Tamil Nadu pada 10 Desember 2021. Video yang sempat viral tersebut menjadi perbincangan publik. Tak jarang netizen memberikan pujian kepada pria dengan aksinya menyelamatkan monyet. 

Bisa dibayangkan, betapa mengharukan kisah penyelamatan monyet oleh seorang pria tersebut. Apakah sang monyet selamat? Berikut Liputan6.com merangkumnya dari berbagai sumber, Senin (20/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sekarat Diserang Anjing

Pria penyelamat tersebut bernama M Prabhu yang tak sengaja mengetahui aksi kejar-kejaran seekor monyet dan anjing. Diketahui monyet tersebut mendapat gigitan berkali-kali hingga mampu menyelamatkan diri menuju ke atas pohon. Namun nahas kondisinya semakin kritis akibat gigitan anjing liar. 

M Prabhu yang berprofesi sebagai seorang sopir ambulan Kunnam taluk di Perambalur. Ia segera bergegas ke lokasi dan menemukan monyet dalam keadaan tidak sadarkan diri. Ia menggendongnya dan menempatkannya di tempat yang aman. 

3 dari 4 halaman

Berikan CPR di Tempat

Prabhu mulanya memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit hewan. Namun setelah menyadari bahwa monyet itu kehilangan denyut nadinya, dia memutuskan untuk memberikannya CPR. Resusitasi jantung paru-paru atau CPR adalah tindakan pertolongan pertama Bantuan Hidup Dasar pada orang yang mengalami henti napas karena sebab-sebab tertentu. Dia mulai memompa jantung hewan itu dan bahkan menghirup oksigen melalui mulutnya.

Usahanya akhirnya membuahkan hasil setelah monyet itu terdengar bernapas lagi. Dia kemudian membawanya ke dokter hewan pemerintah terdekat di mana monyet itu diberikan perawatan yang tepat.

4 dari 4 halaman

Tuai Pujian Netizen

Kisah mengharukan tersebut sukses membuat hati netizen tersentuh. Aksi heroik Prabhu menjadi viral dan menuai berbagai pujian. Tak jarang mereka berterima kasih kepada pria yang mau berbuat baik membantu monyet yang terluka.

”Mengapa orang mencari Tuhan di mana-mana, saya tidak tahu. lihat di sana tuhan ada di depanmu. Sedang melakukan pekerjaannya, dan menyelesaikannya,” tulis warganet.

“Hormati saudaramu. Apa yang kamu lakukan tidak akan pernah diimpikan orang dalam hidup mereka untuk melakukan ini… Orang tuamu sangat beruntung… Mencintaimu saudara,”  ucap pujian netizen lain.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.