Sukses

Kalkulator Jenis Kelamin Bayi, Ketahui Keakuratannya

Jenis kelamin bayi kerap bikin penasaran.

Liputan6.com, Jakarta Kalkulator jenis kelamin bayi kerap dicari para calon orang tua. Jenis kelamin bayi merupakan hal yang kerap bikin orang tua penasaran. Menggunakan kalkulator jenis kelamin bayi diyakini bisa membantu prediksi kelahiran buah hati.

Menurut American Pregnancy, sebuah studi pada 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Obstetrics and Gynecology menyimpulkan bahwa setidaknya 69% orang tua ingin tahu: 77,8% karena penasaran, 68% hanya ingin tahu, dan 66,8% karena teknologi saat ini memungkinkan. Ini sebabnya, banyak yang mencari kalkulator jenis kelamin bayi. 

Kalkulator jenis kelamin bayi yang paling terkenal berasal dari negeri Tiongkok. Kalkulator jenis kelamin bayi ini bahkan sudah digunakan sejak 700 tahun silam. Dengan kalkulator jenis kelamin bayi, orang tua bisa mempersiapkan kelahiran buah hati dengan lebih matang.

Namun, keakuratan kalkulator jenis kelamin bayi juga perlu dipertimbangkan. Seperti apa cara memprediksi jenis kelamin bayi dan bagaimana keakuratannya?

Berikut penjelasan tentang kalkulator jenis kelamin bayi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(17/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal kalkulator jenis kelamin bayi

Kalkulator jenis kelamin bayi merupakan metode untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Metode ini berasal dari Tiongkok dengan memanfaatkan kalender lunar. Kalkulator jenis kelamin bayi dari Tiongkok sudah digunakan lebih dari 700 tahun.

Kalkulator jenis kelamin bayi didasarkan pada astrologi Tiongkok dengan menggunakan usia dan bulan lunar. Perhitungan jenis kelamin bayi dilakukan dengan menghitung bulan pembuahan dan usia ibu saat pembuahan. Perhitungan ini diyakini bisa enentukan apakah bayi tersebut kemungkinan besar laki-laki atau perempuan.

Banyak yang mengklaim akurasi perhitungan ini mencapai 90 persen. Namun, ini kemudian dibuktikan dalam beberapa penelitian ilmiah.

3 dari 5 halaman

Cara kerja kalkulator jenis kelamin bayi

Kalkulator jenis kelamin bayi melibatkan pengubahan usia ibu dan bulan pembuahan menjadi tanggal pada kalender lunar Cina. Ini kemudian memeriksa silang data tersebut pada grafik yang sudah tersedia untuk memprediksi jenis kelamin bayi.

Jenis kelamin bayi diprediksi dengan menghitung yin, yang, Lima Elemen, Delapan Diagram, dan waktu. Ada bagan khusus yang menunjukkan jenis kelamin bayi. Bagan terdiri dari dua bagian, absis dan ordinat. Absis adalah bulan kehamilan dari Januari sampai Desember dan ordinatnya adalah usia ibu baru dari 18 hingga 45 tahun.

Bulan hamil adalah bulan pembuahan dalam penanggalan lunar, bukan bulan terakhir haid. Jika tanggal konsepsi yang tepat tidak jelas, hitung dengan menstruasi terakhir ditambah 14 hari; jika setelah tanggal 25 ditambahkan 14 hari, maka harus dihitung ke bulan berikutnya.

Usia ibu baru harus dihitung dengan usia lunar dengan cara tradisional China: usia sebenarnya ditambah satu. Misalnya, ada seorang wanita berusia 26 tahun, usia lunarnya adalah 27 tahun. Dia mengandung di bulan Juli lunar. Menurut grafik, dia akan melahirkan bayi laki-laki.

4 dari 5 halaman

Penelitian ilmiah terkait kalkulator jenis kelamin bayi

Melansir Baby Center, para peneliti di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Michigan melakukan penelitian untuk menguji metode kalender lunar Tiongkok dalam memprediksi jenis kelamin bayi. Mereka meninjau catatan 2,8 juta kelahiran Swedia. Kemudian mereka menggunakan algoritme yang disesuaikan dengan situs web untuk memperkirakan usia bulan dan bulan pembuahan setiap ibu.

Ketika mereka memeriksa prediksi metode kalender bayi Cina terhadap jenis kelamin anak-anak yang lahir, mereka menyimpulkan bahwa bagan kelahiran Cina benar sekitar 50 persen dari waktu. Ini tidak lebih akurat daripada membalik koin.

Penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Massachusetts antara 1 Januari 1995 dan 30 Juni 2008, menunjukkan hasil yang serupa. Penelitian yang dilakukan oleh Daniel Katz dan Blair Wylie yang dipublikasikan di American Journal of Obstetrics & Gynecology pada 2009 menunjukkan bahwa prediksi akurat tentang jenis kelamin janin berdasarkan kalender kelahiran Tiongkok tidak lebih baik dari lemparan koin.

Tidak ada bukti ilmiah bahwa Prediktor Gender China bekerja. Tapi karena hanya ada dua pilihan – laki-laki atau perempuan – setidaknya ada peluang 50-50 untuk membuat prediksi yang akurat. Faktanya, jenis kelamin janin tidak ditentukan oleh grafik prediksi apa pun. Para ibu dan ayah baru harus mengandalkan cara ilmiah untuk mengetahui jenis kelamin bayi seperti melalui USG.

5 dari 5 halaman

Cara mengetahui jenis kelamin bayi yang akurat

Jenis kelamin bayi bisa diketahui secara akurat dengan cara tertentu. Berikut cara mengetahui jenis kelamin bayi yang akurat:

USG

Ibu biasanya dapat mengetahui jenis kelamin bayi melalui USG. Ini akan dilakukan antara 18 dan 20 minggu. USG akan melihat gambar bayi di layar dan memeriksa alat kelamin untuk menunjukkan anak laki-laki atau perempuan.

Tes CVS

Chorionic villus sampling (CVS) adalah tes prenatal di mana sampel vili korionik dikeluarkan dari plasenta untuk pengujian. Pengambilan sampel chorionic villus adalah tes prenatal awal dan akurat yang mendiagnosis sindrom Down dan banyak kelainan genetik lainnya. Tes ini mirip dengan tes darah DNA sel bebas, tetapi lebih invasif.

Dokter mungkin menyarankan CVS jika berusia di atas 35 tahun atau jika memiliki riwayat keluarga dengan kelainan kromosom. Ini adalah tes yang akurat untuk mengetahui jenis kelamin bayi, tetapi ia menimbulkan beberapa risiko. Beberapa wanita mengalami kram, pendarahan, atau kebocoran cairan ketuban, dan ada juga risiko keguguran dan persalinan prematur.

Amniosentesis

Amniosentesis adalah tes yang membantu mendiagnosis mendeteksi masalah perkembangan pada janin. Dokter mengumpulkan sejumlah kecil cairan ketuban, yang mengandung sel-sel yang menunjukkan kelainan. Sel-sel diuji untuk sindrom Down, spina bifida, dan kondisi genetik lainnya. Selain mendeteksi cacat lahir dan kelainan lain pada bayi, amniosentesis juga mengidentifikasi jenis kelamin anak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.