Sukses

8 Penemuan Barang Antik Ini Bikin Takjub, Usianya Sampai Ratusan Tahun

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penemuan unik di tempat yang tak terduga memang sulit dipercaya. Meski begitu, penemuan tersebut memang benar adanya dan bahkan bikin bertanya-tanya bagaimana bisa ditemukan dan muncul kembali.

Setelah ditemukan, tak jarang kemudian barang antik yang ditemukan diteliti untuk mengetahui lebih detail dan usia dari barang antik tersebut. Tentunya barang antik tersebut merupakan salah satu bagian dari sejarah yang baru muncul kembali di era modern. 

Seseorang yang berasal dari Ankaran, Slovenia, menemukan cukup banyak barang antik di lautan. Bahkan ia menemukan sebuah botol antik berusia 200 tahun. Dalam benak, botol dengan usia ratusan tahun tentunya sudah hancur karena ratusan tahun berada di lautan, tapi tidak dengan botol antik tersebut.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Boredpanda tentang penemuan unik di lautan yang bikin takjub, Selasa (30/11/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 9 halaman

1. Botol Cosmacendi Maraschino Berusia 200 Tahun

Botol Cosmacendi Maraschino berusia 200 tahun yang ditemukan di lautan punya keunikan tersendiri. Botol Cosmacendi Maraschino tidak rusak dari Kekaisaran Austro-Hungaria. Setelah ditemukan, botol tersebut dikembalikan ke Istana Cosmacendi yang terletak di Zadar, Kroasia, tempat pembuat botol pernah tinggal, dan yang sekarang menjadi Museum Kaca Kuno.

3 dari 9 halaman

2. Tutup Pasta Gigi Ceri Victoria

Penemuan antik selanjutnya adalah tutup pasta gigi Ceri Victoria. Melansir dari Boredpanda, tutup pasta gigi Victorian Cherry dibuat oleh John Cosnell & Co. London. Temuan ini dari tahun 1850-1900. Pasta gigi untuk mempercantik dan merawat gigi dan gusi.

4 dari 9 halaman

3. Koin Berusia 120+ Tahun

Koin tersebut merupakan "Hellers" dari Austro - Kekaisaran Hongaria. Heller adalah istilah yang digunakan di setengah kekaisaran Austria untuk 1/100 krone Austro-Hongaria (yang lainnya adalah pengisi di setengah Hongaria), mata uang dari tahun 1892 sampai setelah kematian (1918) dari Kekaisaran.

Koin tersebut terdapat dua sisi, untuk sisi yang pertama elang berkepala dua, di sisi lain ada angka 2 dan tahun pembuatannya.

5 dari 9 halaman

4. Kelereng Tanah Liat

Penemuan unik selanjutnya yang bikin takjub adalah kelerang tanah liat. Berbeda dengan kelereng pada umumnya, kelereng tanah liat tersebut tentunya punya keunikan yang tidak ditemukan pada kelereng kaca.

Kelereng tanah liat antik, mainan Victoria yang populer - berasal dari tahun 1800-an. Ini jauh lebih umum ditemukan daripada kelereng kaca karena lebih mudah dibuat dan lebih terjangkau.

6 dari 9 halaman

5. Botol Roncegno

Air mineral alami Roncegno, diperkaya dengan senyawa besi dan arsenik dari sumber eponymous di Italia utara, dekat Trento, telah beredar sejak paruh kedua abad ke-19. Sejak tahun 1867, hak untuk menggunakan mata air dibeli oleh saudara Girolamo dan Francesco Waiz, yang perusahaannya (Dita Fratelli Waiz).

Selain produksi mata air obat - Acqua Roncegno - pada tahun 70-an abad ke-19 mengambil alih pembangunan spa termal di Roncegno.

7 dari 9 halaman

6. Vas Kaca Seni Victoria

Penemuan unik selanjutnya yang bikin takjub adalah Vas Kaca Seni Victoria. Vas kaca seni Victoria berasal dari paruh kedua abad ke-19. Ini memiliki jejak kaca citrine rigaree biru yang mengikuti di sekitar vas dan desain perak yang indah dari cabang dengan bunga, daun, dan biji ek.

Meski sudah lama, vas kaca tersebut tetap terlihat indah dan menarik bukan? Warnanya pun walaupun sudan sedikit luntur tapi semakin terlihat antik.

8 dari 9 halaman

7. Sikat gigi dengan tanda: G. B. Kent & Sons London.

Kent Brushes didirikan pada 1777. Kent Brusheh telah memasok rumah tangga Kerajaan dengan sikat rambut mereka. Ken Brushes telah terlibat dalam kedua Perang Dunia, melengkapi jutaan kuas untuk pasukan di Angkatan Darat, Angkatan Laut dan RAF, bahkan membuat kuas khusus di mana peta dan kompas disembunyikan untuk membantu upaya perang.

Munculnya sebuah penemuan unik tentunya mengingatkan penduduk saat ini akan sejarah. Bahwa kehidupan modern saat ini tak lepas dari sejarah, apalagi perihal barang-barang yang memudahkan aktivitas manusia saat ini tak lepas dari sejarah dan sebuah penemuan.

9 dari 9 halaman

8. Perangko Kaca Brainovich

Sebelum ada perangko yang seperti dikenal saat ini. Dahulu ada perangko kaca Brainovich yang sangat antik. Stempel botol Maraschino dibuat pada masa Kekaisaran Austro-Hungaria oleh Simeone Brainovich. Perangko tersebut ditemukan dari Zadar (Zara) tapi yang ini dari Split, Kroasia (Spalato).

Adanya perangko yang dikenal seperti saat ini tentunya tak jauh dari Perangko Kaca Brainovich. Seiring dengan berkembangnya zaman, sederet barang tentunya juga alami perubahan dan perkembangan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS