Sukses

Fungsi Seni Rupa, Pengertian, dan Jenis-jenisnya yang Perlu Dipahami

Fungsi seni rupa yang paling utama terdiri dari fungsi seremonial, ekspresi artistik, naratif, fungsional, dan persuasif.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi seni rupa perlu kamu pahami. Sebagai cabang seni yang bisa dilihat dan diraba oleh alat indra manusia, seni rupa memiliki beberapa jenis tertentu yang perlu kamu ketahui. Seni lukis merupakan salah satu contoh seni rupa yang sudah tidak asing lagi bagi banyak orang.

Jika dilihat dari fungsinya, ada dua jenis seni rupa, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Sementara itu, jika ditinjau dari segi wujud dan bentuknya, seni rupa juga terbagi dua, yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Fungsi seni rupa yang paling utama terdiri dari fungsi seremonial, ekspresi artistik, naratif, fungsional, dan persuasif. Kamu perlu memahami kelimanya agar paham apa saja fungsi seni rupa, yang tentunya bukan sekadar keindahan belaka.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/11/2021) tentang fungsi seni rupa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Seni Rupa

Sebelum memahami fungsi seni rupa, kamu tentunya juga harus mengetahui pengertiannya. Istilah seni rupa mengacu pada bentuk seni yang dipraktekkan terutama karena nilai estetika dan keindahannya daripada nilai fungsionalnya.

Seni rupa berakar pada gambar dan karya berbasis desain seperti lukisan, seni grafis, dan seni pahat. Bidang seni rupa terus diperluas untuk merangkul aktivitas baru yang timbul karena teknologi baru, atau penemuan artistik.

Menurut Aristoteles, pengertian seni rupa adalah hasil karya berdasarkan peniruan terhadap alam namun memiliki sifat yang ideal. Sementara itu, menurut Sussane K Langer, pengertian seni rupa adalah bentuk hasil karya manusia yang memiliki keindahan dan bisa dinikmati oleh orang lain. Dengan kata lain, seni rupa adalah proses penciptaan keindahan yang tujuannya untuk dinikmati.

Kumala Devi Chattopadhayaya juga mengumakanan pendapatnya, bahwa pengertian seni rupa adalah sebuah luapan ekspresi yang disampaikan dari seorang seniman kepada para penikmatnya. Dengan kata lain, seni rupa adalah suatu jembatan untuk membuat orang lain paham dengan apa yang dirasakan oleh seniman.

3 dari 5 halaman

Fungsi Seni Rupa

Dilansir dari Merdeka, secara garis besar fungsi seni rupa yang paling utama ada lima, yaitu seremonial, ekspresi artistik, naratif, fungsional, dan persuasif. Berikut penjelasan fungsi seni rupa tersebut: 

- Fungsi Seremonial

Fungsi seni rupa yang pertama adalah seremonial. Tujuan seremonial seni visual adalah untuk merayakan atau mengakui suatu peristiwa atau era, atau untuk berkontribusi pada aktivitas ritualistik, seperti tarian merayakan salah satu musim atau pelarian orang dari penahanan atau kelaparan. Salah satu bentuk seni seremonial yang lebih umum adalah quilting, di mana pola yang digunakan memiliki kepentingan simbolis, atau penggunaan pakaian seremonial oleh penduduk asli Amerika yang berpartisipasi dalam Pow Wow. 

- Fungsi Naratif

Sementara itu, fungsi seni rupa berikutnya adalah fungsi naratif. Tujuan naratif seni visual yaitu untuk menceritakan sebuah cerita atau membuat poin. Beberapa komunitas mural bangunan atau dinding biasanya menggambarkan cerita dari sejarah lokal. Seni naratif menjelaskan atau menggambarkan pengalaman, dokumen penting atau peristiwa sejarah, atau berkomunikasi ide dan informasi.

- Fungsi Artistik

Fungsi seni rupa ini berfokus pada artis. Jadi, hal ini merupakan ekspresi diri dari pribadi artis, emosi internal, perasaan, pengalaman atau ide-ide. Jenis seni ini terkadang, tapi tidak selalu, abstrak atau tidak objektif.

- Fungsi Fungsional

Tujuan fungsional seni rupa  yaitu berusaha untuk mempercantik benda yang ada berguna dalam kehidupan sehari-hari. Banyak benda di sekitar kita seperti  tembikar, selimut, keranjang, furnitur yang tiak hanya punya nilai kegunaan, tetapi juga dirancang atau didekorasi sedemikian rupa sehingga menyenangkan secara artistik.

- Fungsi Persuasif

Fungsi seni rupa secara persuasif yaitu untuk mempromosikan ide, filosofi, atau produk. Periklanan, pemasaran, propaganda, dan pesan visual dari ideologi juga termasuk dalam kategori ini.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Seni Rupa

Jenis Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

1. Seni Rupa Murni

Proses penciptaan seni rupa murni lebih menitik beratkan pada ekspresi jiwa semata misalnya lukisan. Contoh seni rupa murni lainnya adalah seni grafis, seni patung, seni instalasi, seni pertunjukan, seni keramik, seni film, koreografi, hingga seni fotografi.

2. Seni Rupa Terapan

Pada, seni rupa terapan proses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu misalnya seni kriya. Contoh seni rupa terapan lainnya adalah arsitektur, pakaian, kriya keramik, dan lain sebagainya.

 

Jenis Seni Rupa Berdasarkan Wujud dan Bentuknya

1. Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa 2 dimensi  hanya memiliki panjang dan lebar saja

2. Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi  memiliki panjang lebar serta ruang.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Seni Rupa

Seni lukis

Seni lukis merupakan karya seni dua demensi yang bisa mengungkapkan pengalaman atau perasaan si pencipta. Lukisan adalah karya seni rupa yang dibuat dengan melukiskan cat ke atas media kanvas.

Seni Kriya

Seni kriya termasuk jenis seni terapan. Karya seni ini mengutamakan kegunaan dan keindahan. Seni kriya termasuk karya yang di perjualbelikan dan berguna bagikehidupan masyarakat sehari- hari baik untuk alat rumah tangga maupun untuk hiasan.

Seni Patung

Seni patung merupakan karya seni 3 dimensi yang diciptakanuntuk mengungkapkan ide-ide dan perasaan dari seniman yang mempunyai nilai estestis yang tinggi. Umumnya, patung dibuat dari bahan-bahan berupa batu, logam, kayu hingga karet.

Seni Grafis

Seni grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Seni grafis bisa menjadi seni rupa murni ataupun terapan. Jika seni grafis hanya digunakan sebagai penghias, maka seni grafis termasuk dalam karya seni murni. Namun, jika seni grafis digunakan sebagai saran ilustrasi, maka seni grafis termasuk seni rupa terapan.

Seni Fotografi

Fotografi merupakan kegiatan menggambar atau menulis menggunakan cahaya. Fotografi biasanya dijadikan sebagai saran mengekspresikan diri. Seni fotografi yang indah biasanya dihasilkan dari penggunaan kamera untuk mempotret objek-objek.

Seni relief

Relief merupakan pahatan yang menceritakan tentang kisah-kisah tertentu. Biasanya, relief ditemukan di tempat-tempat bersejarah seperti museum hingga candi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.