Sukses

8 Penyebab Mata Panda dan Cara Menghilangkannya Secara Alami

Penyebab mata panda yang paling umum adalah kurang tidur, stress, atau dehidrasi.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab mata panda seringkali disebabkan karena kurang tidur, padahal tak semua mata panda atau lingkaran hitam dibawah mata terjadi karena pola tidur yang berantakan namun karena beberapa faktor.

Mata panda bisa dialami oleh pria, wanita, dan pada usia berapapun termasuk anak-anak. Ciri-cirinya, bagian kantung mata berwarna lebih gelap dari warna kulit wajah. Keberadaannya memberi kesan lebih tua dari usia sebenarnya. 

Lingkaran hitam disebabkan oleh lapisan tipis kulit di bawah mata Anda yang menunjukkan pembuluh darah lebih jelas daripada kulit di area lain dari wajah Anda. Hal ini membuat Anda akan nampak lesu dan membuat penampilan kurang menarik. Kondisi ini dapat dihilangkan secara alami, namun harus ketahui terlebih dulu penyebab mata panda.

Berikut ini penjelasan mengenai penyebab mata panda dan cara menghilangkannya secara alami yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (10/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Mata Panda

Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata sering diidentikkan dengan kurang tidur. Namun, kurang tidur bukan satu-satunya penyebab mata panda. Berikut ini penyebab mata panda yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

1. Kurang Tidur

Penyebab mata panda yang utama adalah kurang tidur. Saat kurang tidur, darah tidak mengalir dengan baik. Akibatnya, darah yang terkumpul di bawah mata dapat terlihat, karena kulit di daerah ini sangat tipis. Selain mata panda, kurang tidur juga membuat mata menjadi tampak bengkak. Sebab kurang tidur dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah, maka penampilan wajah pun dapat menjadi kusam dan muncul mata panda.

2. Faktor Usia

Penyebab mata panda yang selanjutnya adalah faktor usia. Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi semakin tipis. Perlahan-lahan, kulit juga mulai kehilangan elestasitasnya. Saat keadaan ini terjadi, pembuluh darah di bawah mata semakin terlihat jelas sehingga menyebabkan mata panda.

3. Kebiasaan Menatap Layar

Penyebab mata panda yang berikutnya adalah kebiasaan menatap layar. Menatap layar televisi, komputer, atau telepon genggam dalam waktu lama dapat mengakibatkan ketegangan pada mata. Ketegangan ini menjadikan pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata menjadi gelap.

4. Genetik

Penyebab mata panda yang selanjutnya adalah genetik. Mata panda juga bisa diturunkan dalam keluarga. Selain itu, orang yang memiliki kulit lebih gelap juga lebih berisiko mengalami mata panda.

5. Dehidrasi

Penyebab mata panda yang selanjutnya adalah dehidrasi. Dehidrasi juga dapat menjadi penyebab mata panda. Ketika tubuh kekurangan air, kulit di bawah mata akan terlihat cekung dan sayu.

6. Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Penyebab mata panda yang lainnya adalah kebiasaan merokok dan minum alkohol. Gaya hidup yang tidak baik, seperti kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, juga dapat menyebabkan mata panda karena menumpuknya cairan di dalam tubuh. Efek mengonsumsi alkohol dan merokok lama kelamaan dapat membuat aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar sehingga lingkar mata terlihat lebih gelap seperti mata panda.

7. Paparan Sinar Matahari

Penyebab mata panda yang lainnya adalah paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen penggelap kulit. Paparan sinar matahari yang mengenai mata dapat menyebabkan pigmentasi di kulit sekitar mata, sehingga warnanya menjadi lebih gelap.

8. Alergi

Penyebab mata panda yang lainnya adalah alergi. Reaksi alergi dan mata kering dapat memicu lingkaran hitam. Ketika mengalami alergi, tubuh akan melepaskan histamin sebagai respons terhadap pemicu alergi. Histamin dapat menyebabkan pembuluh darah membesar dan menjadi lebih terlihat, termasuk yang berada di bawah mata.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami

Ada beberapa cara menghilangkan mata panda secara alami yang dapat Anda coba, diantaranya:

1. Tidur yang Cukup

Cara alami menghilangkan mata panda adalah mencukupi kebutuhan istirahat. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang berkualitas dan cukup tidur setiap malam. Saat tidur, jangan lupa untuk meninggikan sandaran kepala. Tujuannya agar tidak ada cairan yang menggenang di bawah mata biang mata bengkak dan sembab.

2. Gunakan Irisan Timun

Timun dapat menenangkan mata lelah dan bengkak. Kandungan timun yang tinggi air dan vitamin C dapat membantu melembabkan kulit. Mentimun juga mengandung silika yang penting untuk menjaga jaringan kulit tetap sehat. Cara menghilangkan mata panda dengan timur cukup praktis. Anda tinggal memotong timun yang sudah dibersihkan tipis-tipis, lalu tempelkan ke area mata.

3. Kompres Mata

Salah satu cara untuk menghilangkan mata panda adalah dengan memberikan kompres dingin pada mata. Caranya, bungkus es batu dengan kain bersih, kemudian pejamkan mata Anda dan letakkan kompres dingin tersebut pada mata. Kompres dingin ini bisa mengurangi pelebaran dan perubahan warna pada pembuluh darah di bawah mata secara sementara.

4. Gunakan Teh Celup

Cara menghilangkan mata panda secara alami yang lainnya adalah dengan menggunakan teh celup. Kandungan kafein dalam teh memiliki sifat antioksidan yang dapat merangsang sirkulasi darah di sekitar mata. Cara menghilangkan mata panda dengan teh adalah dengan merebus dua kantong teh celup ke dalam air sampai mendidih. Tunggu dingin, baru letakkan ke mata. Sebelum mengompreskan ke mata, Anda juga bisa meletakkan teh celup ke lemari es untuk memberikan efek dingin pada mata.

5. Pijat Lembut Area Sekitar Mata

Cara menghilangkan mata panda yang lainnya adalah dengan memijat lembut area sekitar mata. Buruknya sirkulasi darah di sekitar mata dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam atau mata panda. Untuk mengatasinya, pijat lembut area sekitar mata untuk meningkatkan kelancaran sirkulasi darah di sana. Tapi ingat, Anda perlu hati-hati memijat area seputar mata.

6. Mengoleskan Krim

Cara menghilangkan mata panda yang lainnya adalah dengan mengoleskan krim. Untuk mengatasi mata panda, Anda bisa memakai krim yang mengandung retinol, serta vitamin C dan E, untuk membantu mencerahkan warna hitam di bawah mata.

7. Gunakan Lidah Buaya

Cara menghilangkan mata panda yang lainnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung vitamin A, C dan E yang dapat membantu menutrisi kulit dan memperbaiki kondisi kulit di sekitar mata. Untuk itu, lidah buaya cocok dioleskan sebagai masker di bawah mata dengan rutin dilakukan seminggu dua kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.