Sukses

6 Spekulasi Kasus yang Bikin Jejak Vicky Zhao Dihapus Pemerintah China

Beberapa alasan yang membuat Vicky Zhao dihapus jejaknya oleh pemerintah China.

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini nama Vicky Zhao sedang santer ramai diperbincangkan banyak media. Selain banyak orang yang penasaran akan potret terbarunya, kasus Vicky Zhao yang dihilangkan jejaknya oleh pemerintah China juga mencuri perhatian publik.

Artis berusia 45 tahun tersebut berhasil bikin penasaran fans nya yang ada di Tanah Air mengapa nama Vicky dibersihkan jejak digitalnya di China. Segala konten video, artikel dan sebagainya tentang Vicky Zhao kini telah dihapus dan tidak bisa ditelusuri di China.

Kini mulai muncul beberapa spekulasi tentang pemeran Putri Huan Zhu tentang kasus-kasus yang menyeretnya hingga membuat jejak digitalnya dihapus oleh pemerintah China. Banyak dugaan kasus seperti terlibat memanipulasi pasar saham hingga penggelapan pajak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, spekulasi kasus yang menyebabkan Vicky Zhao dihapus jejaknya oleh pemerintah China, Kamis (9/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Berhubungan dengan Jack Ma

Vicky Zhao dan suami, Huang Youlong, memiliki hubungan yang baik dengan Jack Ma, pengusaha sekaligus pemilik Alibaba. Vicky dan Suami disebut menjadi pemilik saham terbesar kedua di Alibaba. Seperti diketahui, Jack Ma merupakan musuh dari pemerintah China. Jack Ma disebut musuh oleh pemerintah China karena berani memberikan kritik tentang sistem perekonomian negaranya.

3 dari 7 halaman

2. Diduga terlibat manipulasi pasar saham

Selain diduga menjadi pemilik saham terbesar kedua Alibaba, Vicky Zhao juga dikabarkan turut membeli saham anak perusahaan Alibaba, Ant Group. Pembelian saham Vicky Zhao ini menyeret namanya ke dugaan bahwa ia terlibat dalam perdagangan orang dalam dan memanipulasi pasar saham.

4 dari 7 halaman

3. Diduga melakukan penggelapan pajak

Kasus lainnya yang menyandung Vicky Zhao adalah dugaan ia melakukan penggelapan pajak. Vicky Zhao bahkan disebut melakukan tunggakan pajak lebih parah dari aktris Fan Bingbing. Diketahui, Fan Bingbing menghilang empat bulan setelah menunggak pajak.

5 dari 7 halaman

4. Pernah pakai kaus motif bendera Jepang

Kasus lainnya yang membuat Vicky Zhao dispekulasikan dihapus jejaknya oleh pemerintah China yakni ada kaitannya dengan kaus bendera Jepang yang dipakainya. Ya, Vicky disebut pernah memakai kaus motif Jepang.

Diketahui, China dan Jepang pernah punya hubungan sejarah yang tidak baik karena China pernah dijajah Jepang. Oleh karena itu, segala hal yang berbau Jepang dan dianggap mendukung akan mendapatkan tindakan tegas dari pemerintah China.

6 dari 7 halaman

5. Agensi Vicky Zhao menaungi aktor Zheng Zhehan

Spekulasi kelima yakni berhubungan dengan aktor lain yang dinaungi oleh Vicky Zhao. Aktor yang dimaksud adalah Zheng Zhehan yang masuk di agensi Vicky.

Aktor tersebut melakukan tindakan yang tidak bisa ditoleransi pemerintah China yakni melakukan selfie di depan pemakaman tentara Jepang. Hal tersebut membuatnya langsung dihilangkan jejak digitalnya dari internet.

7 dari 7 halaman

6. Kampanye internet bersih

Penyebab terakhir Vicky Zhao dihapuskan jejak digitalnya oleh pemerintah China adalah kampanye internet bersih. Ya, Cyberspace Administration of China (CAC) sedang serius menerapkan internet bersih bebas fans toxic.

Efeknya, Vicky Zhao yang disebut punya banyak skandal dibersihkan jejak digitalnya. Kampanye internet bersih bebas fans toxic ini membuat para penggemar Vicky Zhao harus gigit jari karena tidak bisa mengakses informasi Vicky di China.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.