Sukses

29 Penyebab Asam Urat Tinggi yang Sering Diabaikan, Begini Gejalanya

Penyebab asam urat tinggi berkaitan dengan konsumsi obat, konsumsi makanan tertentu, kondisi kesehatan, usia, hingga jenis kelamin.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai penyebab asam urat tinggi ini berkaitan dengan gaya hidup. Mulai dari konsumsi obat, konsumsi makanan tertentu, kondisi kesehatan, usia, hingga jenis kelamin. Asam urat atau gout merupakan kondisi medis di mana terjadi gangguan metabolisme asam urat di dalam tubuh.

Menurut dokter spesialis rematik, Puja Khanna, MD, MPH di University of Michigan yang dipublikasikan WebMD, orang-orang obesitas memiliki lemak perut (lemak viseral) yang tinggi. Dari jurnal Arthritis Research and Therapy, kondisi ini lebih berisiko menjadi penyebab asam urat tinggi dibanding orang yang perutnya kecil.

Berbagai penyebab asam urat tinggi harus selalu diwaspadai. Seseorang yang menderita gout biasanya akan sering mengalami pembengkakan di sendi secara tiba-tiba. Persendian yang berisiko bengkak adalah ibu jari kaki, pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku.

Berikut Liputan6.com ulas lebih tentang penyebab asam urat tinggi dan gejalanya dari berbagai sumber, Senin (30/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penyebab Asam Urat Tinggi yang Sering Diabaikan

1. Konsumsi Obat-obatan

Penyebab asam urat tinggi berikutnya sebab mengonsumsi obat diuretik dan aspirin jangka panjang. Proses penyembuhan cidera atau operasi, serta kondisi medis tertentu juga bisa jadi penyebab asam urat tinggi.

Efek obat tertentu tersebut akan menghambat pembuangan asam urat oleh ginjal melalui kencing. Asam urat yang tidak terbuang akan mengendap dan mengkristal di persendian.

Akhirnya menyebakan keluhan nyeri dan sakit di kemudian hari. Kimia lain seperti obat penghambat enzim, sislosporin, dan obat-obatan kemoterapi juga menambah risiko menderita asam urat tinggi.

2. Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan bisa membuat tubuh memproduksi lebih banyak asam urat, sehingga kadarnya dapat melonjak. Penyebab asam urat tinggi yang patut diwaspadai, hal ini membuat ginjal kesulitan membuang asam urat dari tubuh.

Menurut dokter spesialis rematik, Puja Khanna, MD, MPH di University of Michigan yang dipublikasikan WebMD, orang-orang obesitas memiliki lemak perut (lemak viseral) yang tinggi. Dari jurnal Arthritis Research and Therapy, kondisi ini lebih berisiko mengalami asam urat tinggi dibanding orang yang perutnya kecil.

3. Dehidrasi Berat

Penyebab asam urat tinggi berikutnya ialah kerap mengalami dehidrasi berat. Mengutip dari Health, dosen kedokteran di Columbia University College of Physicians and Surgeons, Theodore Vanitallie, MD, di New York mengiyakan.

Hasil penelitian menyatakan bahwa dehidrasi mampu meningkatkan konsentrasi asam urat dalam darah, baik orang yang telah memiliki asam urat atau belum sama sekali.

4. Makanan Berlemak

Makanan yang mengandung lemak tinggi dapat menjadi salah satu penyebab asam urat. Makanan yang mengandung lemak tinggi dapat memicu kenaikan berat badan. Semakin berat badan naik, akan semakin sulit menghilangkan asam urat.

5. Buncis

Buncis adalah Penyebab Asam Urat Tinggi. Buncis merupakan salah satu jenis sayur yang sangat populer di Indonesia. Sayur yang memiliki nama lain green beans ini sering diolah menjadi berbagai macam menu masakan, seperti gulai buncis, oseng-oseng, dan aneka tumisan.

Meski mengandung beragam manfaat untuk kesehatan, mengonsumsi buncis secara berlebihan bisa menyebabkan asam urat. Buncis memiliki kandungan fruktosa cukup tinggi, sehingga termasuk Penyebab Asam Urat Tinggi. Oleh karena itu, bagi penderita asam urat, sebaiknya menghindari konsumsi buncis secara berlebihan.

6. Pisang

Siapa yang tidak mengenal pisang? Buah yang memiliki kulit berwarna kuning ini sangat populer di Indonesia. Selain memiliki cita rasa yang manis, pisang memiliki beragam kandungan yang baik untuk kesehatan. Namun, siapa sangka mengonsumsi buah ini secara berlebihan bisa menyebabkan asam urat.

Pisang menjadi salah satu Penyebab Asam Urat Tinggi karena mengandung fruktosa yang bisa mengingatkan asam urat. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari mengonsumsi buah ini secara berlebihan, ya!

7. Seafood

Golongan seafood selalu bisa bikin ketagihan makan. Lezat, menggugah selera, dan bergizi pula. Sayangnya seafood termasuk penyebab asam urat tinggi.

Penyebab Asam Urat Tinggi memiliki kandungan purin tinggi yang bisa memperparah asam urat. Memicu peradangan hebat dan kekambuhan tak terkendali. Jika terus dikonsumsi, seafood bisa memicu komplikasi.

8. Kembang Kol

Mengonsumsi sayur kol memang terkenal menyehatkan. Kondisi ini berbeda bagi penderita asam urat tinggi. Kembang kol memiliki kandungan purin tinggi dan termasuk penyebab asam urat tinggi.

Kandungan purin dalam Penyebab Asam Urat Tinggi ini sebesar 51 gram purin tiap 100 gramnya. Jumlah ini terbilang cukup tinggi dan membahayakan asam urat penderita. Asam urat bukanlah sesuatu yang mudah dikeluarkan tubuh secara alami.

3 dari 6 halaman

Penyebab Asam Urat Tinggi yang Sering Diabaikan

9. Makanan Kaleng

Makanan yang diawetkan dalam kaleng seperti, sarden, kornet, dan lainnya baik dihindari untuk penderita asam urat. Makanan kaleng sebagai Penyebab Asam Urat Tinggi tersebut termasuk dalam daftar yang mengandung purin tinggi yaitu 100-1.000 mg purin per 100 gram bahan.

10. Asparagus

Asparagus terkenal karena asam folat dan kalium yang dimilikinya. Mampu membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah berbagai jenis penyakit. Meski begitu penderita asam urat harus menghindarinya.

Sayuran asparagus ini termasuk penyebab asam urat tinggi karena kandungan purinnya. Meski kandungan purin dalam Penyebab Asam Urat Tinggi tidak terlalu besar, hanya 23 gram purin dalam 100 gram asparagus. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan kandungan purin di dalam kembang kol.

11. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang dikenal kaya gizi dan nutrisi. Mengonsumsinya dapat menyehatkan badan dan memenuhi asupan nutrisi harian. Hanya saja konsumsi bayam cukup berbeda bagi penderita asam urat.

Bayam termasuk penyebab asam urat tinggi karena kandungan purinnya. Purin dalam Penyebab Asam Urat Tinggi ini lebih tinggi dari kol dan asparagus. Kandungan purin di dalam 100 gram bayam, yaitu 57 gram purin.

12. Jamur

Jamur tak hanya nikmat dijadikan sayur. Jamur kerap kali diolah menjadi camilan sehat seperti jamur krispi. Sayangnya konsumsi jamur harus dihindari oleh penderita asam urat karena kandungan purinnya.

Kandungan purin inilah yang menjadikan jamur termasuk penyebab asam urat tinggi. Di dalam 100 gram Penyebab Asam Urat Tinggi ini terdapat 12-17 gram purin. Sebaiknya mulai batasi dan rutin periksakan diri.

13. Kangkung

Sayur kangkung di Indonesia terkenal sekali karena kelezatan dan kandungan nutrisinya. Meski begitu, penderita asam urat harus menghindarinya. Dalam 100 gram bayam terdapat 9-100 mg purin.

Meski begitu, Penyebab Asam Urat Tinggi masih aman jika dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan. Kangkung mengandung cukup banyak vitamin A, B6, dan C. Selain vitamin, kangkung merupakan sumber utama mineral penting seperti zat besi, magnesium, dan kalsium.

14. Tape Ketan

Tape ketan merupakan hasil fermentasi beras ketan yang sebelumnya mendapat pencampuran ragi, yang kemudian didiamkan dalam beberapa hari untuk mendapatkan hasil fermentasi berupa kandungan alkohol.

Alkohol inilah yang menyebabkan beras ketan menjadi terasa manis menyegarkan. Meski begitu jangan terlena karena tape ketan termasuk penyebab asam urat tinggi. Kandungan purin Penyebab Asam Urat Tinggi ini ada sekitar 100-1000 mg dalam setiap 100 gram tape ketannya.

15. Nanas

Buah nanas dikenal cukup menyegarkan dan bergizi tinggi. Akan tetapi buah nanas ini harus dihindari oleh penderita asam urat. Bukan karena kandungan purinnya yang tinggi.

Kali ini karena penyebab asam urat tinggi ini mengandung alkohol. Nanas yang dikonsumsi akan mengalami fermentasi di dalam saluran pencernaan dan menjadi alkohol.

4 dari 6 halaman

Penyebab Asam Urat Tinggi yang Sering Diabaikan

16. Jarang Olahraga

Penyebab asam urat tinggi selanjutnya ialah jarang berolahraga. Pada dasarnya, olahraga bisa mencegah kenaikan berat badan berlebih dan membuat jantung memompa aliran darah lebih lancar untuk menyaring asam urat. Rajin olahraga akan melatih persendian tubuh agar tidak kaku dan sakit. Sehingga mencegah rasa nyeri akibat radang dari asam urat.

17. Usia

Faktor penyebab asam urat tinggi bisa menyerang siapa saja. Namun beberapa penelitian mengungkap, bahwa pria dewasa berusia sekitar 40-50 tahun lebih rentan mengalami asam urat ketimbang wanita.

Risiko wanita mengalami asam urat saat memasuki usia menopause. Sebab hormon estrogen wanita selama masih usia subur itu membantu meningkatkan pembuangan asam urat oleh ginjal.

18. Cedera atau Operasi

Penyebab asam urat tinggi selanjutnya karena sebelumnya pernah mengalami cedera, seperti sendi jempol terluka. Muncul bintik kecil atau lobang. Kemudian asam urat akan masuk dan mengisi bintik atau bolongan di sendi, lalu menyebabkan nyeri.

Serta osteoporosis atau kondisi penipisan tulang rawan pada bantalan sendi bisa pula menjadi penyebab asam urat. Uric acid di darah mampu mengisi bintik kosong di sendi dan menyebabkan rasa nyeri cukup lama.

19. Daging Merah

Daging merah adalah penyebab asam urat tinggi yang harus diwaspadai. Mulai dari daging sapi, daging kambing, daging domba, daging kerbau, dan daging kuda. Penyebab Asam Urat Tinggi ini harus dihindari karena memiliki kandungan purin cukup tinggi.

Purin dari Penyebab Asam Urat Tinggi bisa memicu asam urat tubuh terus naik dan tidak terkendali. Dampaknya tentu saja akan membuat peradangan penderita asam urat semakin parah. Begitu juga membuat masalah asam urat terus kambuh dan membuat penderitanya tidak nyaman.

20. Daging Ayam

Selain daging merah, penderita asam urat harus menghindari daging ayam. Daging ayam termasuk penyebab asam urat tinggi. Hal ini disebabkan karena daging ayam, dari dada sampai kulitnya mengandung purin tinggi.

Bukan menghindari sepenuhnya, melainkan membatasi Penyebab Asam Urat Tinggi ini. Mengonsumsinya secara berlebihan bisa meningkatnya asam urat di dalam tubuh, karena daging ayam mengandung 175 mg/100 gram zat purin.

21. Udang

Jangan konsumsi udang berlebihan terutama bagi penderita asam urat. Udang termasuk makanan dengan kandungan purin 9-10 mg setiap 100 gramnya. Udang adalah penyebab asam urat tinggi yang harus dihindari.

Seporsi kecil Penyebab Asam Urat Tinggi ini, sekitar 3.5 ons mengandung sekitar 200 mg kolesterol dalam sekali konsumsi. Jumlah terbilang sudah sangat berlebihan dan membahayakan tubuh. Penderita asam urat bisa sampai mengalami komplikasi jantung dan stroke karenanya.

22. Jeroan

Bagi para pecinta jeroan, menghindarinya adalah petaka. Mulai dari usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, dan ginjal. Jeroan-jeroan ini termasuk penyebab asam urat tinggi.

Jadi memang Penyebab Asam Urat Tinggi ini harus dihindari, karena makanan ini mengandung purin tinggi. Bisa menyebabkan peradangan asam urat semakin parah. Sekaligus membuat asam urat kambuh tiba-tiba.

5 dari 6 halaman

Penyebab Asam Urat Tinggi yang Sering Diabaikan

23. Durian

Durian juga buah yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Meski lezat, nikmat, dan bikin nagih, durian mengandung purin cukup tinggi. Purin inilah yang menjadikan durian termasuk penyebab asam urat tinggi.

Selain purin, Penyebab Asam Urat Tinggi ini memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Jika penderita asam urat terus memaksa mengonsumsi, komplikasi bisa terjadi. Komplikasi seperti stroke, penyakit jantung, radang, dan hipertensi.

24. Nangka

Siapa sangka jika nangka termasuk penyebab asam urat tinggi? Benar sekali, buah nangka termasuk golongan buah yang memiliki kandungan purin tinggi. Maka dari itu penderita asam urat sebaiknya menghindari.

Tak hanya buah manisnya, melainkan olahan sayurnya. Misalnya saja seperti sayur gudeg. Mengonsumsi Penyebab Asam Urat Tinggi bisa memperparah peradangan dan asam urat lebih berisiko kambuh berulang.

25. Kondisi Medis Tertentu

Penyebab asam urat tinggi yang susah dihindari berikutnya ialah kondisi medis tertentu. Secara alami, melalui ginjal tubuh akan menyeimbangkan kadar purin. Hal ini dialami oleh orang dengan kondisi medis seperti:

- Hipotiroidisme (penyakit tiroid)

- Diabetes

- Sindrom metabolik

- Penyakit jantung

- Penyakit ginjal

- Kolesterol tinggi

- Leukemia

- Anemia

- Sleep apnea

- Hipertensi

26. Kedelai

Berbagai macam olahan kedelai dikenal sangat bergizi dan mengenyangkan ketika dikonsumsi. Tak hanya minumannya, tetapi olahan makanannya. Seperti tempe, tahu, tauco, dan masih banyak lagi lainnya.

Sayangnya kedelai termasuk penyebab asam urat tinggi. Hal ini disebabkan karena Penyebab Asam Urat Tinggi mengandung purin cukup tinggi. Untuk itu penderita asam urat tinggi harus menghindarinya agar peradangan tidak semakin parah dan terus kambuh.

27. Alkohol

Alkohol harus dihindari oleh penderita asam urat. Bukan hanya versi minumannya, tetapi juga berbagai makanan yang difermentasi. Makanan yang difermentasi akan menghasilkan alkohol.

Makanan yang difermentasi dengan ragi pada umumnya akan menghasilkan alkohol. Hal inilah yang menjadikannya termasuk penyebab asam urat tinggi. Mulai perhatikan dan batasi agar kekambuhan tidak datang menghampiri.

28. Gula Tinggi

Metabolisme gula memang tidak menghasilkan purin. Akan tetapi, makanan tinggi gula sederhana seperti roti tawar putih, produk roti komersial, cake, kue-kue kering, produk minuman kemasan dan minuman bersoda khususnya yang mengandung high-fructose corn syrup dapat meningkatkan kadar asam urat. Oleh karena itu, menghindari Penyebab Asam Urat Tinggi yang satu ini wajib dilakoni.

29. Melinjo

Melinjo adalah Penyebab Asam Urat Tinggi. Tanaman yang banyak ditemukan di daerah dengan iklim tropis ini, biji serta daunnya sering diolah menjadi berbagai macam makanan. Bijinya sering dimanfaatkan oleh masyarakat menjadi kripik emping, sedangkan daunnya tak jarang dijadikan sayur lodeh hingga aneka tumisan.

Meski memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan, mengonsumsi melinjo secara berlebihan bisa menyebabkan asam urat. Hal ini karena Penyebab Asam Urat Tinggi ini mengandung 150 mg purin/100 gram melinjo yang bisa meningkatkan asam urat.

6 dari 6 halaman

Gejala Asam Urat Tinggi

1. Nyeri sendi berulang

Ciri-ciri asam urat ini bisa terjadi baik pada bagian sendi kecil maupun sendi besar. Biasanya, sendi yang paling sering terkena nyeri ini ada pada bagian pangkal jempol kaki. Sendi tersebut dijuluki “podagra gout”, karena merupakan salah satu sendi yang terdampak cukup besar ketika terjadi serangan asam urat.

2. Sendi panas dan terbakar

Selanjutnya, ciri-ciri asam urat bisa menimbulkan rasa panas dan terbakar. Ketika terjadi peningkatan asam urat, maka bisa saja muncul sensasi panas seperti terbakar terutama pada area sendi. Timbulnya rasa tidak nyaman berupa panas atau bahkan terbakar tersebut, disebabkan oleh aliran darah yang terhambat karena terjadi penumpukan asam urat.

3. Bengkak dan nyeri persendian

Biasanya, ciri-ciri asam urat ini akan terlihat di beberapa bagian tubuh yang mengalami asam urat tinggi. Jika sudah mulai muncul ciri-ciri asam urat ini, maka ada baiknya Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter agar dilakukan tindak pengobatan lebih lanjut.

4. Muncul tofus

Tofus merupakan endapan kristal urat yang bisa dijumpai pada bagian permukaan kulit dan memiliki bentuk berupa benjolan. Namun, selain ciri-ciri asam urat tersebut, penderita asam urat tinggi juga berpotensi mengalami endapan kristal urat pada organ ginjal bahkan hal ini yang bisa menyebabkan batu ginjal.

5. Muncul kemerahan pada area sendi

Ciri-ciri asam urat berupa bengkak yang terjadi akibat karena asam urat, bisa menjadi salah satu penyebab mengapa muncul tanda kemerahan di sekitar area tubuh yang bengkak tersebut. Maka, jika Anda merasa mengalami ciri-ciri asam urat berupa bengkak, coba perhatikan apakah tangan dan kaki muncul kemerahan atau tidak.

6. Bentuk sendi berubah

Apabila asam urat tidak ditangani dengan tepat, maka sangat berpotensi dapat mengubah bentuk sendi bahkan menghambat fungsi sendi yang terdampak. Selain itu, adanya perubahan bentuk sendi tersebut juga dapat menganggu aspek estetika, hingga pada akhirnya akan berpotensi menurunkan kepercayaan diri penderita asam urat tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.