Sukses

14 Manfaat Susu Etawa yang Jarang Diketahui, Mengurangi Kolesterol dalam Darah

Ada beberapa manfaat susu etawa yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat susu etawa memang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Susu ini diperoleh dari kambing etawa, yaitu jenis kambing yang merupakan hasil persilangan antara kambing lokal Indonesia dan kambing Jamnapari yang berasal dari India.

Dengan perawatan yang tepat, kambing etawa dapat dijual dengan harga mencapai ratusan juta rupiah, menunjukkan nilai ekonomis yang signifikan. Namun, tidak hanya harga kambingnya saja yang bernilai, susu yang dihasilkan pun mengandung nutrisi yang luar biasa penting bagi kesehatan.

Susu etawa mengandung berbagai nutrisi diantaranya selenium, seng, tembaga, potasium, fosfor, magnesium, riboflavin, serta berbagai macam vitamin. Manfaat susu etawa yang mengandung selenium, berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, seng atau zinc dari susu etawa berfungsi mendukung sistem kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka, sementara tembaga penting untuk kesehatan jantung, pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan tulang serta jaringan ikat.

Dengan kandungan nutrisi yang begitu lengkap, susu kambing etawa dipercaya mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan. Susu kambing ini dikenal lebih mudah dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan susu sapi, karena ukuran molekul lemaknya yang lebih kecil sehingga lebih mudah dipecah dan diserap oleh sistem pencernaan. 

Untuk lebih rinci mengenai penjelasan manfaat susu etawa, berikut ini ulasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (24/6/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Melancarkan Produksi ASI

Salah satu manfaat susu etawa adalah kemampuannya untuk melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui. Kandungan kalsium dalam susu kambing etawa mencapai enam kali lipat lebih banyak, dibandingkan dengan susu sapi biasa. Kalsium ini merupakan nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil dan menyusui, terutama dalam masa pembentukan janin, di mana kalsium sangat dibutuhkan. Terlebih lagi, memasuki usia kehamilan trimester ketiga, kebutuhan akan kalsium semakin meningkat. Susu kambing etawa dipercaya mampu meningkatkan produksi air susu ibu (ASI), sehingga bisa menjadi sumber nutrisi yang baik bagi ibu dan janin. Selain kalsium, susu kambing etawa juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya yang mendukung kesehatan ibu dan perkembangan janin.

2. Meningkatkan Kecerdasan Anak

Selain bermanfaat untuk ibu hamil dan menyusui, susu etawa juga diketahui dapat meningkatkan kecerdasan anak. Nutrisi yang terkandung dalam susu kambing, seperti Riboflavin (vitamin B2) dan vitamin B3, sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel otak serta saraf. Dengan mengonsumsi susu kambing etawa secara rutin, anak-anak dapat mengalami peningkatan daya ingat dan kecerdasan. Tidak hanya bermanfaat bagi anak-anak, kandungan ini juga membantu pertumbuhan sel otak pada janin, memberikan dukungan optimal bagi perkembangan otak sejak dalam kandungan. Oleh karena itu, susu kambing etawa menjadi pilihan yang baik untuk mendukung perkembangan otak dan fungsi kognitif anak secara keseluruhan.

3. Mencegah Stres

Manfaat lain dari susu etawa adalah kemampuannya untuk mencegah stres. Ketika diminum dalam keadaan hangat, susu kambing etawa dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh dan pikiran, membantu menghilangkan stres dan kelelahan. Susu kambing etawa mengandung zinc dan magnesium, dua mineral penting yang membantu memperkuat jaringan saraf. Dengan mengonsumsi susu kambing etawa secara rutin, Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit yang berkaitan dengan saraf. Disarankan untuk meminum susu kambing etawa setelah makan, karena selain membantu mencegah stres, susu ini juga dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, sehingga membantu menjaga stabilitas energi dan mood sepanjang hari.

4. Baik untuk Mencegah dan Mengobati Diabetes

Susu etawa juga memiliki manfaat signifikan dalam mencegah dan mengobati diabetes. Susu ini mengandung A2-Betakasein dan asam amino esensial yang dapat membantu proses pembentukan insulin, yang sangat penting bagi penderita diabetes. Insulin adalah hormon yang mengatur kadar gula darah, dan produksi yang cukup dari insulin dapat membantu mengontrol diabetes. Untuk mendapatkan manfaat optimal, penderita diabetes disarankan untuk meminum susu kambing etawa yang murni dari peternakan, tanpa tambahan pemanis buatan atau bahan lainnya. Susu kambing etawa yang murni dapat memberikan manfaat kesehatan maksimal, membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mendukung pengelolaan diabetes secara keseluruhan.

5. Membantu Melawan Peradangan

Manfaat susu etawa lainnya adalah kemampuannya untuk membantu melawan peradangan. Susu kambing etawa mengandung mikrobiota yang dapat menormalisasi mikrobiota usus manusia. Mikrobiota ini memicu respon imun tubuh, membantu melawan peradangan dan menjaga kesehatan usus. Dengan mengonsumsi susu kambing etawa secara teratur, Anda dapat mendukung sistem imun tubuh dalam melawan infeksi dan peradangan, sehingga menjaga kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, kandungan anti-inflamasi dalam susu kambing etawa membantu meredakan gejala peradangan, memberikan rasa nyaman dan mendukung pemulihan yang lebih cepat dari berbagai kondisi inflamasi.

 

3 dari 5 halaman

6. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat susu etawa yang sangat signifikan adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium yang terdapat dalam susu etawa memiliki peran penting dalam menetralkan tekanan darah. Kalium bekerja dengan cara menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh, sehingga membantu mencegah tekanan darah tinggi yang merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Dengan sirkulasi darah yang lebih lancar dan tekanan darah yang terkontrol, risiko terkena penyakit jantung dan stroke dapat diminimalkan. Selain itu, nutrisi lain yang terdapat dalam susu etawa, seperti magnesium dan vitamin D, juga turut berperan dalam mendukung fungsi jantung yang sehat dan menjaga elastisitas pembuluh darah, sehingga meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

7.  Mengobati Penyakit Pernapasan

Susu etawa juga dikenal dengan khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit pernapasan. Dalam dunia pengobatan alternatif, susu etawa sering digunakan sebagai terapi tambahan untuk kondisi seperti asma, tuberkulosis (TBC), dan flek paru-paru. Kandungan flourin dan betakasein dalam susu etawa memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pernapasan serta mempercepat proses penyembuhan infeksi. Konsumsi rutin susu etawa dapat membantu melonggarkan saluran pernapasan, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi gejala sesak napas. Dengan demikian, susu etawa dapat menjadi bagian dari upaya pencegahan dan pengobatan penyakit pernapasan secara alami.

8. Tinggi Nutrisi

Susu etawa merupakan sumber nutrisi yang sangat kaya dan lengkap. Susu ini mengandung berbagai mineral esensial seperti kalsium, magnesium, potasium, tembaga, dan seng yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, susu etawa juga mengandung berbagai vitamin penting, termasuk vitamin A, B, C, dan D, serta beberapa jenis vitamin B kompleks. Komposisi nutrisi ini membuat susu etawa lebih unggul dibandingkan dengan susu sapi dalam hal kandungan nutrisi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam susu kambing, seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor, lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Hal ini menjadikan susu etawa sebagai pilihan yang baik untuk mendukung kesehatan tulang dan mencegah demineralisasi. Selain itu, konsumsi rutin susu etawa dapat membantu memenuhi kekurangan zat besi dan magnesium dalam tubuh, meningkatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan zat besi, dan mendukung berbagai fungsi biologis penting.

9. Mencegah Osteoporosis dan Anemia

Susu etawa juga berperan penting dalam pencegahan osteoporosis dan anemia. Kalsium yang tinggi dalam susu etawa membantu mempercepat regenerasi hemoglobin, menjadikannya cara yang aman dan alami untuk mengatasi kekurangan kalsium dan anemia. Selain itu, tingginya kadar seng dan selenium dalam susu etawa juga berperan dalam mencegah penyakit neurodegeneratif. Penyerapan zat besi yang lebih baik dari susu etawa membantu memperbaiki kepadatan tulang dan mempercepat pergantian tulang, sehingga membantu mencegah osteoporosis. Dengan mengonsumsi susu etawa secara rutin, Anda dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko anemia secara signifikan.

10. Mengurangi Kolesterol dalam Darah

Manfaat lain dari susu etawa adalah kemampuannya dalam mengurangi kadar kolesterol dalam darah. susu etawa mengandung Medium Chain Triglycerides (MCT) atau asam lemak rantai sedang yang langsung dibawa oleh aliran darah melalui pembuluh darah vena ke hati untuk dimetabolisasi. Di dalam hati, MCT diproses menjadi energi dan tidak disimpan dalam bentuk cadangan lemak atau diubah menjadi kolesterol. Energi yang dihasilkan dari metabolisme MCT digunakan untuk pembakaran seluler di seluruh tubuh, mengaktifkan kelenjar endokrin, dan menstimulasi sintesis insulin oleh pankreas. Perbaikan dalam produksi insulin dan fungsi hormon tiroid berkontribusi pada penurunan kadar kolesterol darah, sehingga mendukung kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Dengan demikian, mengonsumsi susu etawa secara rutin dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap dalam batas normal dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

4 dari 5 halaman

11. Perawatan Kecantikan

Manfaat susu etawa yang pertama adalah kemampuannya dalam membantu merawat kecantikan kulit. Susu kambing memiliki sifat yang mudah diserap oleh kulit, sehingga banyak produk kecantikan yang menggunakan susu kambing sebagai bahan utama. Susu etawa sangat kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, termasuk asam laktat yang membantu dalam proses regenerasi sel kulit mati, vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, vitamin B yang penting untuk menjaga kelembapan kulit, serta niacin dan thiamin yang membantu memperbaiki tekstur kulit. Penggunaan produk yang mengandung susu kambing etawa secara teratur dapat membuat kulit tampak lebih cerah, halus, dan sehat. Selain itu, sifat anti-inflamasi alami dari susu kambing juga dapat membantu mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit, menjadikannya pilihan yang baik untuk perawatan kulit sensitif.

12. Meningkatkan Antibodi

Manfaat berikutnya dari susu kambing etawa adalah kemampuannya dalam meningkatkan antibodi atau sistem kekebalan tubuh. Susu kambing etawa mengandung flourin dalam jumlah yang signifikan, yang berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh secara alami. Kandungan flourin dalam susu kambing etawa diketahui lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi, bahkan bisa mencapai sepuluh kali lipatnya. Flourin membantu memperkuat sistem imun, sehingga tubuh menjadi lebih tangguh dalam melawan berbagai infeksi dan penyakit. Bagi Anda yang sedang dalam masa pemulihan setelah sakit atau ingin meningkatkan kekebalan tubuh, mengonsumsi susu kambing etawa secara rutin dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, Anda akan lebih jarang mengalami sakit dan lebih cepat pulih ketika terserang penyakit.

13. Menyehatkan Lambung

Manfaat lain dari susu etawa adalah kemampuannya dalam menyehatkan lambung. Susu etawa memiliki kandungan mineral alkaline yang dapat menetralkan asam lambung, sehingga membantu mencegah dan mengatasi penyakit maag. Mineral alkaline ini bekerja dengan cara menyeimbangkan pH dalam lambung, sehingga mengurangi risiko iritasi dan peradangan. Susu kambing etawa juga mudah dicerna oleh sistem pencernaan, yang membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk orang yang memiliki masalah pencernaan. Konsumsi rutin susu kambing etawa dapat membantu menjaga kesehatan lambung, mengurangi gejala gangguan pencernaan, dan meningkatkan kenyamanan pencernaan secara keseluruhan.

14. Cocok untuk Diet

Manfaat lain dari susu kambing etawa adalah bahwa susu ini sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam program diet. Susu kambing etawa dikenal baik untuk pencernaan, karena kandungan lemak dan proteinnya dapat dicerna dengan mudah oleh lambung. Lemak dalam susu kambing etawa adalah lemak sehat yang membantu dalam proses pembakaran lemak tubuh dengan lebih efisien. Selain itu, protein dalam susu kambing etawa membantu meningkatkan rasa kenyang, sehingga Anda tidak merasa lapar terlalu cepat dan bisa mengurangi frekuensi makan berlebihan. Dengan mengonsumsi susu kambing etawa secara teratur, Anda dapat mengontrol asupan kalori dengan lebih baik dan mendukung program penurunan berat badan Anda. Susu kambing etawa juga membantu menjaga energi tubuh selama diet, sehingga Anda tetap bertenaga dan tidak merasa lemas.

5 dari 5 halaman

Efek Samping

Selain manfaat susu etawa yang beragam dan berkhasiat, susu kambing ini juga memiliki beberapa efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan atau dengan cara yang tidak tepat. Berikut penjelasannya:

Menimbulkan Rasa Mual

Salah satu efek samping yang dapat timbul akibat konsumsi susu etawa yang tidak tepat adalah rasa mual. Hal ini sering terjadi jika susu diminum saat perut masih kosong. Perut yang kosong dapat lebih sensitif terhadap kandungan susu, yang menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa mual. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan terlebih dahulu sebelum meminum susu etawa , terutama bagi mereka yang belum pernah mencobanya sebelumnya. Ini akan membantu mencegah perut kosong yang dapat memicu rasa mual.

Muntah

Efek samping lain yang dapat terjadi adalah muntah. Kondisi ini biasanya muncul ketika seseorang terus memaksakan diri untuk mengonsumsi susu etawa, meskipun perut sudah menunjukkan tanda-tanda penolakan. Selain itu, bau khas susu etawa yang kuat juga bisa menjadi faktor pemicu. Bau ini bisa memicu respons otomatis dari otak yang menolak susu tersebut, sehingga menyebabkan muntah. Untuk menghindari kondisi ini, sebaiknya konsumsi susu etawa dilakukan secara bertahap dan dengan memperhatikan reaksi tubuh.

Menambah Berat Badan

Bagi mereka yang sedang menjalani program diet, penting untuk berhati-hati dalam mengonsumsi susu etawa, karena susu ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Ini terutama terjadi jika susu dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Kandungan kalori dan lemak dalam susu kambing bisa berkontribusi pada penambahan berat badan jika tidak diatur dengan baik. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi susu etawa , penting untuk mengetahui takaran dan frekuensi yang dianjurkan. Disarankan untuk memilih susu etawa yang rendah lemak atau dalam bentuk bubuk, yang bisa lebih mudah dikontrol asupannya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.