Sukses

9 Manfaat Masker Madu dan Jeruk Nipis, Simak Cara Membuatnya

Manfaat masker madu dan jeruk nipis baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan bibir secara alami.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat masker madu dan jeruk nipis baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan bibir secara alami. Untuk wajah, manfaat masker madu dan jeruk nipis mampu mengatasi masalah jerawat, flek hitam, hingga penuaan dini. Tertarik untuk mencoba?

Tak cuma itu, manfaat masker madu dan jeruk nipis pun sangat baik menjaga kesehatan bibir dari paparan sinar UV. Sifat kedua campuran bahan alami ini sangat menenangkan. Ini mengapa manfaat masker madu dan jeruk nipis sangat efektif mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah hingga membuatnya tampak merah merona kembali.

Pemilik kulit wajah berminyak juga patut berbahagia. Manfaat masker madu dan jeruk nipis ampuh mengontrol minyak berlebih di kulit wajahmu. Bila sebelum mengenakan makeup merawat wajah dengan manfaat masker madu dan jeruk nipis, bisa dipastikan minyak di kulit tidak kunjung merusak riasanmu.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat masker madu dan jeruk nipis dan cara membuatnya dari berbagai sumber, Kamis (1/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Masker Madu dan Jeruk Nipis

Bahan:

- 1 sendok teh air perasan jeruk nipis segar

- 1 1/2 sendok makan madu organik

Langkah membuat masker madu dan jeruk nipis:

1. Campur air perasan jeruk nipis dan madu hingga menjadi pasta dengan kekentalan pas.

2. Oleskan di wajah dan diamkan selama 15 menit.

3. Setelah itu bilas kembali wajah dengan air bersih.

3 dari 5 halaman

Manfaat Masker Madu dan Jeruk Nipis

1. Mengatasi Jerawat

Jerawat memang sering mengganggu penampilan dan kepercayaan diri, apalagi jika munculnya jerawat tersebut tak hanya satu. Nah, manfaat masker madu dan jeruk nipis yang jarang diketahui adalah mampu mengatasi jerawat.

Penambahan madu pada pembuatan masker jeruk nipis ini bermaksud untuk membuat manfaat masker madu dan jeruk nipis membuat peradangan pada jerawat mereda. Madu sebagai bahan antiseptik dapat menghilangkan bakteri pada jerawat.

Cara penerapan manfaat masker madu dan jeruk nipis yakni dua sendok perasan jeruk nipis dicampur denagan 4 sendok makan madu murni. Aduk dua bahan hingga tercampur rata kemudian oleskan pada wajah untuk masker. Tunggu hingga sekitar 30 menit agar hasil maksimal.

2. Menyamarkan Flek Hitam

Manfaat masker madu dan jeruk nipis bisa membantu menyamarkan flek hitam. Nutrisi yang terkandung dalam madu bukan hanya membuat kulit wajah bebas dari flek hitam saja. Bisa juga membuat kulit menjadi lembut. Sementara kandungan pada jeruk nipis dapat membuat sel kulit mati terangkat dengan baik dan flek hitam secara perlahan jadi samar.

Cara menerapkan manfaat masker madu dan jeruk nipis yakni, siapkan 3 sendok makan madu murni dan 1 sendok makan air jeruk nipis. Campur kedua bahan hingga rata dan oleskan pada wajah. Oleskan perlahan menggunakan tangan dan diamkan sekitar 10-15 menit agar manfaat masker madu dan jeruk nipis lebih meresap dalam kulit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Kamu bisa menggunakan masker ini satu kali dalam seminggu.

3. Mengatasi Kulit Kusam

Kulit kusam dapat disebabkan karena polusi udara, bersentuhan dengan sinar matahari begitu lama, kelelahan hingga kurang istirahat atau kurang tidur. Untuk mengatasi masalah ini selain rajin cuci muka juga bisa menggunakan bahan jeruk nipis dan madu.

Manfaat masker madu dan jeruk nipis bisa dijadikan salah satu nutrisi kulit, agar kembali sehat dan cerah. Selain itu, kandungan vitamin C pada jeruk nipis mampu dijadikan sebagai antioksidan alami sehingga tidak mudah terkena radikal bebas.

Lakukan perawatan dari manfaat masker madu dan jeruk nipis secara rutin. Cara menerapkan manfaat masker madu dan jeruk nipis, campur 1 sendok teh perasaan jeruk nipis dan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dengan lembut. Biarkan 10 menit, setelah melakukan treatment ini bilas dengan air bersih.

4 dari 5 halaman

Manfaat Masker Madu dan Jeruk Nipis

4. Mengatasi Wajah Berminyak

Manfaat masker madu dan jeruk nipis mampu mengatasi masalah wajah berminyak yang berlebihan. Selain ketika foto wajah berminyak berwarna mengkilap, dengan perawatan yang salah juga malah akan menimbulkan jerawat serta wajah yang kusam.

Jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang di dalamnya juga terkandung asam alpha hidroksida yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Gunakan ramuan jeruk nipis dan madu ini untuk masker. Penerapan manfaat masker madu dan jeruk nipis, siapkan 1 sendok makan perasan jeruk nipis ditambah dengan 2 sendok madu murni yang dicampur hingga rata.

Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah didiamkan beberapa saat bilas dengan air bersih. Selain mengurangi minyak berlebih, penggunaan ramuan ini bisa untuk mengecilkan pori-pori.

5. Mencegah Penuaan Dini

Bagi yang kurang menjaga kesehatan kulit, tanpa disadari penuaan dini pun dapat terjadi. Dalam kehidupan penuh stres seperti sekarang ini, masalah penuaan dini harus diperhatikan betul. Beruntung hanya dengan manfaat masker madu dan jeruk nipis masalah penuaan dini bisa dihindari.

Penerapan manfaat masker madu dan jeruk nipis adalah mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan madu dan kemudian dioleskan pada wajah dengan menggunakan kapas. Setelah itu, manfaat masker madu dan jeruk nipis bisa dirasakan usai mengeringkan dan membersihkan wajah dengan menggunakan air hangat dan usap dengan handuk bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Menghilangkan Bekas Jerawat

Tak hanya menyembuhkan jerawat. Manfaat masker madu dan jeruk nipis juga ampuh menghilangkan bekasnya. Manfaat masker madu dan jeruk nipis ini berasal dari sifat antiseptik dan antioksidan yang dimiliki madu. Tidak hanya memperbaiki kulit yang rusak tetapi juga mempercepat proses penyembuhan bekas luka dari jerawat.

Menggunakan tabir surya yang cukup selama musim panas atau ketika bermain di pantai tropis tidak menjamin terbebas dari sunburn. Sinar UV yang keras dapat menyebabkan masalah kulit seperti kulit terbakar, tanda-tanda awal penuaan, peradangan dan bintik-bintik gelap. Gunakan masker madu untuk mengatasinya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Masker Madu dan Jeruk Nipis

7. Mencerahkan Kulit Wajah

Madu bisa membuat kulit nampak cerah berseri secara alami. Kecerahan alami ini bisa didapat dari manfaat masker madu dan jeruk nipis. Khasiat dari antibakterinya membantu menenangkan peradangan dan melindungi kulit dari kuman.

Manfaat masker madu dan jeruk nipis akan bertindak sebagai agen pembersih. Membuka sumbat pori-pori dan ampuh menghilangkan komedo. Sifat pemutihnya membantu menghilangkan bekas luka dan pigmentasi, membuat wajah memiliki warna kulit yang merata.

Cara penerapan manfaat masker madu dan jeruk nipis sangat mudah. Campur dua sendok makan air perasan jeruk nipis dan satu sendok makan madu. Gunakan ramuan tersebut di seluruh kulit wajah dan pijat perlahan selama beberapa menit. Biarkan mengering lalu cuci bersih dengan air hangat. Setelah itu bilas lagi dengan air dingin.

8. Eksfoliasi

Manfaat masker madu dan jeruk nipis baik digunakan untuk eksfoliasi. Tak banyak yang tahu, manfaat masker madu dan jeruk nipis ini terbilang ampuh mengangkat sel kulit mati. Apalagi madu memiliki tekstur yang lembut, nyaman diterapkan di wajah. Manfaat ini berasal dari kandungan enzim di dalamnya. Untuk hasil yang maksimal, bisa buat scrub madu atau mencampurkannya dengan bahan lain.

Pemilik kulit kering untuk mencampurkan madu dengan oat untuk masker dan scrub wajah. Sementara pemilik kulit berminyak, bisa mencampurkan madu dan jeruk nipis atau tepung. Aplikasikan campuran tersebut sambil memijat halus wajah selama 3-5 menit. Setelah itu diamkan masker madu selama 5 menit di wajah, baru kemudian bilas dengan air.

9. Mengatasi Bibir Kering

Area wajah yang perlu dirawat selain kulit adalah bibir. Perawatan bibir yang alami dan mudah bisa mengandalkan manfaat masker madu dan jeruk nipis. Manfaat masker madu dan jeruk nipis untuk bibir ini bisa memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar UV sehari-hari.

Selain sinar UV, sebenarnya penggunaan lipstik secara terus menerus dapat membuat bibir pecah-pecah dan dehidrasi. Mengoleskannya secara teratur bisa dijadikan solusi, menghaluskan dan melembutkan secara alami.

Oleskan madu yang dicampur sedikit jeruk nipis ke bibir setiap malam sebelum tidur. Obat alami untuk bibir pecah-pecah ini dapat meningkatkan kesehatan bibir. Sekaligus membuatnya nampak lebih merona secara alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini