Sukses

Arti Bersin Menurut Kesehatan dan Mitos di Berbagai Negara

Bersin merupakan salah satu reaksi tubuh merespons zat asing.

Liputan6.com, Jakarta Arti bersin kerap kali dikaitkan dengan firasat-firasat tertentu. Bersin merupakan salah satu reaksi tubuh merespons zat asing. Siapa pun pasti pernah mengalami bersin. Bersin biasanya didahului oleh sensasi menggelitik di hidung.

Arti bersin secara medis sangat terkait dengan sistem pernapasan. Bersin bisa disebabkan oleh berbagai hal. Ini bisa karena benda asing yang masuk ke sistem pernapasan, masalah pernapasan seperti flu, atau alergi.

Di sisi lain, dalam berbagai budaya, arti bersin telah dikaitkan dengan sebuah firasat atau kepercayaan. Mitos-mitos telah berkembang mengenai arti bersin. Meski arti bersin banyak dikaitkan dengan mitos atau firasat, arti bersin tetaplah berhubungan dengan kondisi tubuh.

Berikut arti bersin menurut kesehatan dan mitos-mitosnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(27/03/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Arti bersin menurut kesehatan

Dalam istilah medis, bersin disebut juga dengan sternutasi. Bersin adalah mekanisme yang digunakan tubuh untuk membersihkan hidung. Hidung akan merespons untuk membersihkan dirinya saat benda asing seperti kotoran, serbuk sari, asap, atau debu masuk ke lubang hidung.

Ketika lapisan halus hidung mengalami semburat pertama zat asing, ia mengirimkan sinyal listrik ke otak. Sinyal ini memberi tahu otak bahwa hidung perlu membersihkan dirinya sendiri. Otak memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya bersin. Tubuh kemudian merespons dengan mempersiapkan diri untuk kontraksi yang akan datang. Dalam kebanyakan kasus, mata dipaksa menutup, lidah bergerak ke langit-langit mulut, dan otot menahan bersin. Semua ini terjadi hanya dalam beberapa detik.

Arti bersin secara medis adalah cara tubuh menghilangkan iritan dari hidung atau tenggorokan. Bersin adalah salah satu pertahanan pertama tubuh terhadap serangan bakteri dan gangguan lainnya.

3 dari 6 halaman

Penyebab bersin

Arti bersin secara medis bisa disebabkan oleh anyak hal. Berikut penyebab bersin yang paling umum:

Alergi

Alergi adalah kondisi yang sangat umum yang disebabkan oleh respons tubuh terhadap organisme asing. Dalam keadaan normal, sistem kekebalan melindungi tubuh dari penyerang berbahaya seperti bakteri penyebab penyakit.

Jika seseorang memiliki alergi, sistem kekebalan tubuh biasanya mengidentifikasi organisme yang tidak berbahaya sebagai ancaman. Alergi dapat menyebabkan seseorang bersin ketika tubuh mencoba mengeluarkan organisme ini.

Infeksi

Infeksi yang disebabkan virus seperti flu dan pilek juga bisa membuat bersin. Ada lebih dari 200 virus berbeda yang dapat menyebabkan flu. Namun, kebanyakan pilek disebabkan oleh rhinovirus.

4 dari 6 halaman

Iritan dan pemicu bersin

Arti bersin tidak selalu merupakan masalah kesehatan serius seperti flu atau infeksi. Seseorang bisa saja bersin jika tidak sengaja menghirup atau berkontak dengan iritan pemicu bersin. Berikut beberapa pemicu bersin yang sering ditemui;

Iritan kimiawi

Iritan kimiawi contohnya seperti bubuk cabai, lada, debu, dan berbagai bubuk-bubuk lainnya. Iritan ini bertindak sebagai bahan kimia iritan pada saraf di mukosa hidung, yang menyebabkan bersin. Iritasi kimiawi lain yang menyebabkan bersin termasuk bau menyengat, parfum, dan asap tembakau.

Iritan fisik

Iritasi fisik seperti sinar matahari yang cerah juga dapat menyebabkan bersin. Kondisi ini disebut refleks nasookular. Ini melibatkan koneksi refleks antara mata dan hidung, yang menyebabkan rangsangan saraf di dalam selaput lendir hidung, yang mengakibatkan bersin.

5 dari 6 halaman

Cara menghentikan bersin

Identifikasi penyebab bersin

Mengidentifikasi penyebab bersin dapat mengobatinya dengan tepat. Jika bersin disebabkan oleh alergi terhadap sesuatu dan kau kesulitan menentukan pemicu alergi, dokter dapat melakukan tes alergi.

Atasi alergi

Alergi musiman sangat umum terjadi. Alergi yang terkait dengan suatu tempat, dapat berasal dari kontaminan seperti jamur atau bulu hewan peliharaan. Pil anti alergi atau semprotan intranasal harian yang dijual bebas (OTC) mungkin cukup untuk mengendalikan gejala.

Lindungi diri dari bahaya lingkungan

Orang-orang dalam beberapa pekerjaan lebih mungkin untuk mengalami iritasi udara. Debu yang dapat terhirup biasa terjadi di banyak tempat kerja dan dapat sangat mengiritasi hidung dan sinus. Selalu kenakan alat pelindung, seperti masker atau respirator, saat bekerja di sekitar debu yang dapat terhirup.

Mengurangi jumlah paparan debu dengan mencegahnya terbentuk atau dengan menggunakan sistem ventilasi untuk menghilangkan partikel debu adalah cara lain untuk mencegah menghirup partikel debu berbahaya.

Hindari menatap sinar matahari

Sekitar sepertiga orang memiliki kondisi yang menyebabkan mereka bersin saat melihat cahaya terang. Bahkan melangkah keluar pada hari yang cerah dapat menyebabkan beberapa orang bersin. Lindungi mata dengan kacamata hitam atau hindari paparannya sebisa mungkin.

Jangan makan terlalu banyak

Beberapa orang bersin setelah makan besar. Kondisi ini tidak dipahami dengan baik oleh komunitas medis. Untuk menghindari bersin saat atau setelah, kunyah perlahan dan makan makanan dalam porsi kecil.

6 dari 6 halaman

Arti bersin menurut mitos dan kepercayaan

Arti bersin menurut mitos di Indonesia

Di Indonesia, tak sedikit yang percaya bahwa bersin tiba-tiba merupakan pertanda sedang dibicarakan atau "digosipin" orang lain. Mitos ini biasanya mengatakan bahwa ketika ada orang yang membicarakanmu, seakan ada orang yang menggelitiki hidung. Kamu seakan ditelepati orang tersebut untuk merasakan sesuatu dan bersin jadi salah satu reaksinya.

Arti bersin menurut mitos di Polandia

Di Polandia, bersin juga bisa berarti seseorang membicarakan. Orang Polandia percaya, jika bersin artinya ibu mertua sedang membicarakan mereka. Jika mereka belum menikah, artinya ketika mereka menikah, hubungan mereka dengan ibu mertua akan menjadi buruk.

Arti bersin menurut mitos di Jepang

Di Jepang, masyarakat percaya bahwa bersin sekali berarti seseorang menggosipkan sesuatu yang baik tentangmu. Bersin dua kali berarti akan terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan. Bersin tiga kali berarti ada gosip yang sangat, sangat tidak menyenangkan sama sekali.

Arti bersin menurut mitos di Inggris

Dalam kepercayaan Skotlandia dan Inggris, bayi berada di bawah mantra peri sampai mereka bersin. Ketika bayi mengalami bersin pertamanya, mereka akan kehilangan pesona malaikat dan kepolosan dan dianggap mulai tumbuh besar.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.