Sukses

Tujuan Promosi Menurut Para Ahli, Kenali Bentuk-Bentuknya

Liputan6.com, Jakarta Tujuan promosi punya peran penting, khususnya pada bidang pemasaran. Promosi merupakan salah satu bentuk pengenalan atau penawaran terhadap suatu produk atau jasa kepada calon konsumen. Dengan promosi, sebuah produk atau jasa dapat dengan mudah dikenali oleh khalayak.

Ada beragam jenis promosi yang bisa dilakukan dalam kegiatan pemasaran. Semua jenis ini selalu berdasar pada tujuan promosi yang ada. Bagi kamu yang sedang menggeluti bidang pemasaran atau sedang memasarkan sebuah produk atau jasa, tujuan promosi sangat penting dipahami.

Mengetahui tujuan promosi bisa membantumu membuat strategi promosi yang tepat. Ilmuwan dan ahli telah banyak merumuskan seputar tujuan promosi dalam ilmu pemasaran. tujuan promosi bisa kamu manfaatkan untuk memahami promosi dan pemasaran yang baik.

Berikut tujuan promosi menurut para ahli, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(24/12/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tujuan promosi menurut Kotler dan Armstrong

Menurut Kotler dan Armstrong (2008:205) tujuan promosi adalah:

- Mendorong pembelian pelanggan jangka pendek atau meningkatkan hubungan pelanggan jangka panjang.

- Mendorong pengecer menjual barang baru dan menyediakan lebih banyak persediaan.

- Mengiklankan produk perusahaan dan memberikan ruang gerak yang lebih banyak.

- Untuk tenaga penjualan, berguna untuk mendapatkan lebih banyak dukungan tenaga penjualan bagi produk lama atau baru atau mendorong wiraniaga mendapatkan pelanggan baru.

3 dari 5 halaman

Tujuan promosi menurut Boone dan Kurtz

Sedangkan menurut Boone dan Kurtz (2002:134) tujuan promosi adalah sebagai berikut:

Menyediakan informasi

Menyediakan informasi ini merupakan tujuan strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan hanya menyebabkan informasi yang memberitahukan calon pembeli tentang produk atau jasa yang akan dipasarkan.

Mendiferensikan sebuah produk

Tujuan dari promosi ini adalah mendiferensiasikan roduk atau tujuan jasa perusahaan dengan produk atau jasa pesaing. Dengan jasa mengaplikasikan konsep yang disebut positioning. Pemasar berupaya meraih tempat didalam benak konsumen, maksudnya yaitu mengkomunikasikan perbedaan-perbedaan signifikan mengenai atribut, harga, kualitas, atau manfaat dari produk atau jasa konsumen.

Menaikan penjualan

Menaikan penjualan adalah tujuan paling umum dari strategi promosi. Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, beberapa strategi berkonsentrasi pada merangsang permintaan primer walaupun sebagian menstabilkan penjualan.

Menstabilkan penjualan

Stabilitasi penjualan adalah tujuan lain dari promosi, perusahaan biasanya mempromosikan konten penjualan selama periode penurunan penjualan, dan memotivasi tenaga penjualan dengan menawarkan hadiah- hadiah seperti liburan, televis, dan beasiswa kepada mereka yang meraih target tertentu.

Menonjolkan nilai produk

Sejumlah promosi diajukan untuk menonjolkan nilai produk dengan menjelaskan manfaat-manfaat kepemilikan dari produk yang kurang dikenal pembeli.

4 dari 5 halaman

Tujuan promosi menurut Fandi Tjiptono

Menurut Fandi Tjiptono, tujuan utama promosi adalahmenginformasikan, memengaruhi, dan membujuk, serta mengingatkan pelanggan sasaran tentang perusahaan dan bauran pemasarannya. Berdasarkan tujuan promosi tersebut dapat dijabarkan bahwa tujuan promosi adalah:

Menginformasikan (informing), dapat berupa:

- Menginformasikan pasar mengenai keberadaaan suatu produk baru,

- Memperkenalkan cara pemakaian yang baru dari suatu produk,

- Menyampaikan perubahan harga kepada pasar,

- Menjelaskan cara kerja suatu produk,

- Menginformasikan jasa-jasa yang disediakan oleh perusahaan,

- Meluruskan kesan yang keliru,

- Mengurangi ketakutan atau kekhawatiran pembeli,

- Membangun citra perusahaan.

Membujuk pelanggan sasaran (persuading) untuk:

- Membentuk pilihan merek,

- Mengalihkan pilihan merek tertentu,

- Mengubah persepsi pelanggan terhadap atribut produk,

- Mendorong pembeli untuk berbelanja saat itu juga,

- Mendorong pembeli untuk menerima kunjungan waraniaga (salesman).

Mengingatkan (reminding), dapat berupa:

- Mengingatkan pembeli bahwa produk yang bersangkutan dibutuhkan dalam waktu dekat,

- Mengingatkan pembeli akan tempat-tempat yang menjual produk perusahaan,

- Membuat pembeli tetap ingat walaupun tidak ada kampanye iklan.

- Menjaga ingatan pertama pembeli jatuh pada produk perusahaan.

Tujuan promosi jangka panjang

Menurut David Aaker, dalam Manajemen Ekuitas Merk, tujuan promosi dapat bersifat jangka panjang. Ini karena promosi dapat membuat konsumen menjadi setia dan loyal terhadap suatu produk atau jasa. Secara jangka panjang promosi ditujukan untuk mencapai hal-hal berikut:

- Menguatkan asosiasi dan kesadaran merek,

- Menguatkan loyalitas merek,

- Memberikan kesan kualitas yang diinginkan.

5 dari 5 halaman

Bentuk-bentuk promosi

Dalam pemasaran, bentuk-bentuk promosi disebut dengan bauran promosi atau promotional mix. Bauran ini merupakan kombinasi strategi pemasaran untuk mencapai semua tujuan promosi. Menurut Kotler danArmstrong bentuk-bentuk pemasaran meliputi:

Periklanan (Advertising)

Periklanan merupakan bentuk presentasi dan promosi tentang ide barang dan jasa. Tujuan utama periklanan adalah meningkatkan permintaan atas produk yang ditawarkan.

Penjualan perorangan (personal selling)

Personal Selling, merupakan usaha untuk memperkenalkan suatu produk melalui komunikasi langsung (tatap muka) agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Promosi penjualan (sales promotion)

Promosi penjualan merupakan kegiatan pemasaran selain personal selling, periklanan dan publisitas yang mendorong efektivitas pembelian konsumen dengan menggunakan alat seperti peragaan, pameran, demonstrasi dan sebagainya, juga potongan harga seperti diskon pembelian produk.

Hubungan masyarakat (public relation)

Hubungan masyarakat merupakan kegiatan membangun hubungan baik dengan publik terkait untuk memperolehdukungan, membangun “citra perusahaan” yang baik dan menangani atau menyingkirkan gossip, cerita dan peristiwa yang dapat merugikan.

Pemasaran langsung (direct marketing)

Direct marketing adalah pemasaran yang menggunakan berbagai media untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, biasanya menelepon konsumen untuk mendapat respons langsung. Dengan demikian maka promosi merupakan kegiatan perusahaan yang dilakukan dalam rangka memperkenalkan produk kepada konsumen sehingga dengan kegiatan tersebut konsumen tertarik untuk melakukan pembelian.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS