Sukses

Cara Buat Akun Google dari Komputer dan HP, Mudah dan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Buat akun Google tidaklah sulit. Akun Google atau juga dikenal sebagai Gmail merupakan akun yang punya banyak kegunaan. Cara buat akun Google bisa membantumu menikmati beragam fitur dari Google.

Buat akun Google diwajibkan bagi kamu yang ingin menggunakan layanan Google seperti Drive, Maps, Meet, Docs, Hangout, dan banyak lagi. Cara buat akun Google merupakan langkah pertama untuk bisa menggunakan layanan Google ini.

Bagi kamu pengguna ponsel Android, kamu juga diwajibkan memiliki akun Google agar seluruh sistem yang ada di ponsel dapat terintegrasi dengan fitur yang tersedia. Tak perlu bingung bagaimana cara membuat akun Google.

Cara buat akun Google cukup sederhana. Kamu bisa buat akun Google dari PC, ponsel, atau tablet. Cara buat akun Google juga terbilang cepat dan bisa dilakukan siapa saja. Berikut cara buat akun Google dari berbagai perangkat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(15/12/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara buat akun Google di komputer

Cara buat akun Google di komputer sangatlah mudah. Kamu cukup memerlukan browser dan koneksi internet yang stabil. Berikut cara buat akun Google di komputer:

1. Buka browser lalu masuk ke https://accounts.google.com/signup. Saat membuat Akun Google, Google akan memintamu mengisi informasi seperti nama depan, nama belakang, username, dan password.

2. Pada isian setelah nama, kamu akan diminta untuk menuliskan username, kamu dapat memilih sendiri apa usernamemu.

3. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Ada beberapa kemungkinan hal ini terjadi, antaranya:

-Username yang kamu buat sudah digunakan orang lain

-Username yang kamu buat sangat mirip dengan nama pengguna yang sudah ada (misalkan, jika contoh@Gmail.com sudah ada, kamu tidak dapat menggunakan cont0h@Gmail.com)

-Username sama seperti nama pengguna yang pernah dipakai seseorang, yang kemudian telah dihapus

-Tidak disediakan oleh Google untuk mencegah spam atau penyalahgunaan

Jika menemui hal semacam ini kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka atau mencoba username yang lain.

6. Klik next dan Isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar. Lalu kamu diminta untuk mengisi tanggal lahir dan jenis kelamin. Selain itu data yang diminta seperti nomor HP dan akun recovery bersifat opsional.

7. Klik Next Step, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan, klik pada I Agree.

8. Kamu telah berhasil membuat akun Google sekarang. Akun Google sudah siap digunakan.

3 dari 4 halaman

Cara buat akun Google di ponsel

Cara buat akun Google di ponsel pada dasarnya sama seperti cara buat akun Google di komputer. Berikut caranya:

1. Cari menu setting atau pengaturan di HP.

2. Cari menu account atau akun.

3. Pilih add account atau tambah akun.

4. Cari ikon google.

5. Akan muncul pilihan sign in dan create a new account.

6. Pilih create a new account.

7. Isi nama depan dan nama belakang.

8. Klik next.

9. Lalu isi tanggal lahir dan jenis kelamin.

10. Klik next.

11. Pilih nama sebagai username.

12. Klik next.

13. Jika ternyata terdapat tulisan "That username is taken. Try another" Itu tkamunya orang lain telah memakai username yang kamu pilih.

14. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka.

15. Klik next.

16. Selanjutnya adalah memilih password. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa. Samakan isian kolom atas dengan bawah.

17. Klik next.

18. Langkah selanjutnya adalah tidak wajib diisi. Jika kamu ingin mengisinya kemudian klik next. Jika tidak, kamu klik skip.

19. Akan muncul kotak Privacy and Terms.

20. Klik I Agree.

21. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password.

22. Klik Next.

13. Kemudian muncul pilihan pembayaran. kamu bisa melewatinya dengan pilih No Thanks, lalu klik Next.Aplikasi akan memproses. Setelah itu kamu akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah memiliki akun Google baru.

14. Dengan daftar Google, kamu akan dengan semakin mudah mengakses layanan lain seperti YouTube, Google, dan Play Store.

4 dari 4 halaman

Keuntungan buat akun Google

Gmail tidak punya masa kedaluwarsa

Akun Gmail tidak seperti akun email Yahoo yang akan terhapus otomatis apabila tidak dibuka selama 4 bulan. Gmail tidak mengenal kata kedaluwarsa, alias berlaku selamanya. Bahkan Gmail masih bisa diakses meskipun bertahun-tahun tidak pernah dibuka.

Satu akun untuk semua

Untuk menikmati layanan-layanan yang diberikan oleh Google, misalnya seperti Google Drive, YouTube, Blogger, Google+, dan sebagainya, cukup masuk menggunakan satu akun Gmail saja.

Kapasitas penyimpanan cukup besar

Google secara cuma-cuma memberi ruang penyimpanan 15 GB pada Gmail, dan itu sudah sangat cukup.

Melihat lampiran tanpa didownload

Fitur Gmail lainnya yaitu memungkinkan pengguna melihat file seperti gambar, pdf, office tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Anti-spam terbaik

Gmail menerapkan sistem pengamanan yang sangat baik. Sebab email yang masuk ke kotak masuk Gmail akan ditolak bila tidak memiliki SSL. Email tersebut akan langsung diarahkan ke kategori spam. SSL (Secure Socket Layer) sendiri merupakan protokol kriptografi penyedia alur komunikasi yang aman di internet, itulah mengapa segera buat akun Gmail.

Penyaringan spam miliki google sangat efektif. Gmail mencoba menyaring adanya upaya spam, virus, dan phising iklan, tapi tidak penyaringan yang 100 persen efektif.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS