Sukses

8 Cara Membuat Masker Labu Kuning dan Manfaatnya

Labu kuning juga bermanfaat untuk wajah.

Liputan6.com, Jakarta Labu kuning tak hanya lezat dikonsumsi, tapi juga bermanfaat bagi kulit wajah. Labu mengandung asam retinoat, antioksidan, beta-karoten, dan vitamin A, C, dan E. Semua nutrisi ini mampu menyehatkan dan meningkatkan tampilan kulit.

Manfaat labu kuning untuk wajah bisa dinikmati semua jenis kulit. Labu kuning bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Masker labu kuning terutama bai untuk kulit yang sensitif. Masker ini membuat wajah terasa segar dan bercahaya.

Masker ini sangat mudah dibuat dengan bahan-bahan yang mudah ditemui. Nutrisi dalam labu kuning membantu melawan kerusakan akibat sinar matahari dan kerutan. Labu kuning juga memiliki enzim buah yang membantu mengelupas sel kulit mati secara alami.

Berikut cara membuat masker labu kuning dan manfaatnya, dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Senin(16/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Manfaat masker labu kuning

Anti penuaan

Labu merupakan sumber vitamin C yang merupakan antioksidan kuat. Labu kuning juga mengandung beta-karoten yang membantu mengatasi kerusakan akibat sinar UV dan memperbaiki tekstur kulit.

Masker ini membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga meningkatkan warna dan elastisitas kulit. Labu juga melindungi kulit dari kerusakan radikal yang menyebabkan keriput dan bahkan kanker kulit.

Atasi jerawat

Labu merupakan sumber vitamin B yang baik seperti niasin, riboflavin, B6 dan folat. Niasin meningkatkan sirkulasi, dan karenanya, bermanfaat dalam mengobati jerawat. Seemntara folat membantu meningkatkan sirkulasi yang meningkatkan pergantian dan pembaruan sel.

3 dari 8 halaman

Masker labu kuning dan pala

Masker ini akan membantu membuat kulit lebih lembut dan meningkatkan produksi kolagen untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Dalam mangkuk kosong, campurkan dua sendok makan bubur labu segar dengan satu sendok teh madu mentah.

Tambahkan seperempat sendok teh bubuk pala ke dalam campuran ini dan aduk rata. Tambahkan satu sendok teh cuka sari apel dan aduk semua bahan sampai mencapai konsistensi yang agak kental.

Oleskan masker ini ke kulit yang baru dibersihkan dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air bersih setelahnya.

4 dari 8 halaman

Masker labu kuning dan madu

Madu mentah melembabkan kulit dan mencerahkan bintik hitam yang membandel. Ditambah dengan campuran telur, masker ini menutrisi dan melembabkan kulit kusam.

Kocok telur dan campur dengan dua sendok makan bubur labu segar. Tambahkan dua sendok teh madu mentah dan aduk hingga halus. Oleskan masker ini untuk membersihkan kulit dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air dingin dan sabun pencuci muka setelahnya.

5 dari 8 halaman

Masker labu kuning dan kenari

Enzim dan vitamin dalam labu, dikombinasikan dengan bubuk kenari dan yogurt, membantu mengangkat sel kulit mati dan menyegarkan kulit. Ditambah madu, masker yang bertindak sebagai humektan alami, menarik kelembapan ke kulit, dan memiliki sifat antimikroba.

Campur dua sendok makan bubur labu dengan dua sendok makan kenari yang telah digiling halus dalam mangkuk. Tambahkan satu sendok teh madu mentah dan satu sendok makan yogurt ke dalam campuran ini. Taburkan sejumput bubuk kayu manis dan aduk semua bahan.

Oleskan scrub ini ke kulit dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 5 hingga 10 menit. Bilas dengan air dingin.

6 dari 8 halaman

Masker labu kuning, kopi, dan yogurt

Bubuk kopi segar berfungsi sebagai exfoliant alami untuk menghilangkan sembab dan meremajakan kulit. Asam laktat dalam yogurt membantu menyingkirkan sel kulit mati.

Campur masing-masing satu sendok makan bubur labu dengan biji kopi bubuk. Tambahkan tiga sendok teh yogurt dan setengah sendok teh madu, aduk sampai halus. Pijat lembut wajah dengan masker ini dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin.

7 dari 8 halaman

Masker labu kuning dan susu

Campurkan dua sendok makan bubur labu, serta masing-masing setengah sendok teh madu, dan susu dalam mangkuk kecil dan aduk rata. Oleskan masker dengan menggunakan jari-jari atau kuas berukuran sedang. Hindari area dekat mata.

Biarkan masker mengering selama sekitar 20 menit. Bersihkan masker dengan lembut menggunakan waslap yang hangat dan lembap. Lalu ikuti dengan pelembap.

Masker labu kuning untuk bintik hitam

Untuk memudarkan flek hitam, siapkan masker wajah dengan mencampurkan satu sendok makan bubur labu, satu sendok teh madu, satu sendok teh air jeruk nipis, dan satu sendok teh minyak vitamin E. Oleskan campuran ini pada wajah yang lembab selama 30 menit atau sampai mengering dan bilas dengan air hangat.

8 dari 8 halaman

Masker labu kuning untuk kulit berminyak

Jika memiliki kulit berminyak, kamu bisa mencoba masker wajah dengan mencampurkan satu sendok makan bubur labu dengan satu sendok teh cuka sari apel. Oleskan masker ini pada wajah yang lembap dan biarkan hingga mengering atau hingga 30 menit.

Bilas dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin. Setelah itu, oleskan pelembap sesuai jenis kulit.

 

Masker labu kuning untuk kulit kering

Untuk kulit kering, campurkan dua sendok teh bubur labu dengan setengah sendok teh madu, seperempat sendok teh susu dan seperempat sendok teh krim kocok kental. Oleskan ini secara merata pada wajah, hindari area mata biarkan selama 10-15 menit.

Masker ini akan mengangkat sel kulit mati, menutrisi dan melembapkan kulit. Bilas dengan air hangat dan gunakan pelembab khusus sesuai jenis kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.