Sukses

7 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Olahraga, Bisa Sebabkan Cedera

Kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga harus segera kamu hindari.

Liputan6.com, Jakarta Kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga harus segera kamu hindari. Sekarang ini, memang banyak orang sudah mulai sadar akan pentingnya olahraga untuk menjaga kesehatan. Namun, kegiatan ini tentunya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Kamu harus mempersiapkan diri dengan matang sebelum atau setelah olahraga, mulai dari aspek fisik, asupan makanan hingga istirahat. Mengenali berbagai teknik dalam pelaksanaan olahraga sangat penting untuk kamu ketahui agar terhindar dari cedera.

Kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga bisa menyebabkan cedera. Padahal, tujuan utama seseorang berolahraga tentunya adalah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar, maka manfaat yang ingin kamu dapatkan jadi tidak optimal.

Biasanya, cedera yang paling sering terjadi adalah cedera otot, tendon, ligamen, saraf, persendian, bahkan tulang. Jika kamu mengalami cedera, jangan dipaksakan untuk tetap berolahraga. Sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/9/2020) tentang kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Olahraga

Tidak Memperhatikan Asupan Sebelum Olahraga 

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga adalah tidak memperhatikan asupan sebelum olahraga. Hal ini berkaitan dengan salah satu tujuan olahraga, yaitu untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Contohnya saja, banyak orang yang memilih berolahraga di pagi hari karena udara masih segar. Namun, mereka berolahraga dengan perut kosong. Padahal, olahraga membutuhkan tenaga yang cukup banyak. 

Oleh karena itu, sebelum olahraga, kamu disarankan untuk makan agar memiliki sumber tenaga. Porsinya tak perlu banyak dan berikan jeda sekitar 30 menit sebelum melaksanakan olahraga. Selain itu, makan dengan porsi yang terlalu banyak sebelum olahraga, apalagi dalam jeda yang terlalu singkat, akan membuat kamu mengalami sakit perut, mual, dan cepat lelah.

Tidak Melakukan Pemanasan

Tidak melakukan pemanasan merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga berikutnya. Padahal, pemanasan merupakan salah satu menu wajib sebelum berolahraga. Pemanasan bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan denyut nadi, asupan darah, dan mempersiapkan otot agar siap untuk digunakan saat berolahraga. Pemanasan biasanya dilakukan dengan melakukan jogging dan peregangan otot (stretching). 

Jika tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga, kamu bisa mengalami cedera karena tubuh belum siap untuk melakukan aktivitas berat. Akibatnya, risiko terjadinya cedera otot, ligamen, atau tendon menjadi makin besar.

3 dari 4 halaman

Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Olahraga

Teknik yang Salah

Teknik dalam olahraga juga harus kamu pahami terlebih dahulu agar mendapatkan manfaat yang maksimal bagi tubuh. Teknik yang salah merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga yang mengakibatkan cedera.

Oleh karena itu, carilah informasi bagaimana teknik yang tepat dalam melakukan olahraga tertentu. Selain itu, variasi gerakan dan teknik juga penting dalam melakukan jenis olahraga apa pun untuk mengurangi risiko cedera.

Terlalu Berlebihan Berolahraga

Kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga berikutnya adalah terlalu berlebihan. Walaupun kamu memiliki tujuan untuk menjaga kesehatan, kalau dilakukan secara berlebihan, olahraga hanya akan menyebabkan cedera. Jadi, penting untuk mengetahui kemampuan dan batasan tubuh kamu dalam berolahraga. 

Berhentilah saat sudah mencapai batas yang mampu ditanggung tubuh.  Misalnya, jangan angkat beban yang terlalu berat atau memaksakan terus berlari jika kamu belum terbiasa. Lakukan latihan secara bertahap agar terhindar dari cedera.

Tidak Konsisten

Banyak orang yang malas melakukan olahraga secara konsisten setiap minggunya. Saat ia sedang malas, maka ia meninggalkan aktivitas berolahraga. Apalagi, sekali berhenti berolahraga bisa memicu rasa malas berolahraga kemudian.

Padahal, untuk mendapatkan tubuh yang bugar, kamu harus berolahraga dengan konsisten. Tidak ada jenis olahraga apa pun yang dapat memberikan hasil instan. Buatlah jadwal agar kamu bisa berolahraga setidaknya dua atau tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

4 dari 4 halaman

Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Olahraga

Tidak Melakukan Pendinginan

Sama pentingnya dengan pemanasan, pendinginan juga penting untuk dilakukan setelah kamu selesai berolahraga. Lakukan hal yang sama pada pendinginan, yaitu jogging dan stretching. Pendinginan bertujuan untuk mengembalikan fungsi jantung, suhu tubuh, dan ukuran otot ke batas normal agar pemulihan menjadi optimal. 

Oleh karena itu, jangan sampai kamu melewatkan pendinginan saat berolahraga. Kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga ini harus dihindari agar manfaat olahraga dapat dirasakan secara optimal oleh tubuh.

Kurang Istirahat

Kurang istirahat juga merupakan kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga. Beristirahat yang cukup juga sangat penting dalam melakukan aktivitas olahraga. Istirahatlah yang cukup, karena tubuh memerlukan waktu untuk memulihkan diri setelah melakukan aktivitas berat seperti olahraga. 

Olahraga yang disarankan adalah minimal 30 menit sebanyak 3-5 kali dalam seminggu atau terhitung 150 menit dalam seminggu. Tidurlah yang cukup setelahnya.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga. Kamu perlu menghindarinya agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari risiko cedera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.