Sukses

7 Artis Tanah Air dengan Penghasilan YouTube Tertinggi, Baim Wong Paling Atas

Liputan6.com, Jakarta Ketika smartphone kini sudah menjadi milik sejuta umat, dunia hiburan pun ikut mengalami perubahan tren. Diawali oleh para konten kreator yang meraup banyak atensi dari masyarakat, kini para artis pun turut berkecimpung meramaikan platform YouTube. 

Tak hanya lebih mudah dikelola, namun channel YouTube juga sudah menjadi lahan basah bagi para pegiat dunia hiburan Tanah Air. Bahkan sejumlah artis kini lebih memilih untuk fokus mengelola kanalnya masing-masing. 

Sudah memiliki nama di dunia hiburan, maka tentu tak sulit bagi para seleb ini untuk mendapatkan atensi dari jutaan pengguna YouTube. Konten yang diunggah pun selalu dapat jutaan views yang nilainya bisa dikonversi mencapai miliaran rupiah.

Dilansir dari laman Social Blade, "TOP 250 YOUTUBERS IN INDONESIA", kanal YouTube Baim Wong dan Paula Verhoven kini menempati posisi nomor 9 dengan pendapatan tertinggi di Indonesia. Meski demikian, pasangan yang menikah tahun 2018 ini menepati posisi teratas sebagai YouTuber yang berasal dari kalangan artis.

Selain Baim dan Paula kira-kira siapa sajakah artis lain yang memiliki pendapatan tinggi di YouTube? Berikut ulasan selengkapnya dilansir dari Social Blade oleh Liputan6.com, Rabu (24/6/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

1. Baim Wong dan Paula Vehoeven

Menempati nomor 9 sebagai YouTuber dengan pendapatan terbanyak, Baim dan Paula juga sekaligus menjadi urutan pertama sebagai artis dengan penghasilan YouTube tertinggi dengan mengelola 2 kanal sekaligus.

Channel pertama mereka yakni Baim Paula memiliki sebanyak 14,5 Juta subscribers dari 741 video yang mereka unggah. Sementara di akun kedua mereka, yakni Bapau Family memiliki sebanyak 3 juta subscribers dari 201 video.

Dengan belasan juta subscriber tersebut, tentu pasangan yang menikah pada tahun 2018 ini meraup pendapatan yang fantastis. Dilansir dari laman Social Blade, pasangan ini berhasil memperoleh lebih dari 57 ribu hingga 916 ribu dollar AS tiap bulan. Jika dikonversikan menjadi kurang lebih Rp800 juta hingga Rp12 miliar rupiah.

 

3 dari 8 halaman

2. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Di bawah rangking Baim dan Paula, terdapat Rans Entertaiment yang menempati rangking 11 oleh Social Blade. Pasangan ini juga sekaligus menjadi artis yang menjelma sebagai YouTuber dengan pendapatan tertinggi kedua.

Melalui dua channel YouTube yakni Rans Entertaiment dan Rans Music, pasangan ini berhasil menarik atensi publik dengan berbagai konten kreatif.

Bahkan, belum lama ini, kanal YouTube Rans Entertaiment baru saja memecahkan dua rekor MURI sekaligus kala melakukan live streaming selama 30 jam nonstop. Rekor tersebut yakni penghargaan channel YouTuber terlama yang melakukan siaran langsung dengan penonton terbanyak di Indonesia.

Dari dua channel YouTube tersebut, Raffi dan Nagita berhasil meraup pendapatan 42 ribu hingga 682 ribu USD atau jika dikonversikan sebesar Rp600 juta hingga Rp9,6 miliar setiap bulannya.

4 dari 8 halaman

3. Andre Taulany

Berada di posisi ke 12 berdasarkan urutan Social Blade, meski baru memiliki 3,6 juta subscribers namun pendapatan YouTube Andre Taulany tentu tak kalah bersaing dengan artis-artis lainnya. Video-video komedi yang ia unggah berhasil menarik atensi dan mengundang gelak tawa warganet.

Mantan vokalis band Stinky ini sempat mengungkapkan keinginan untuk fokus mengelola channel YouTubenya. Dari 273 video yang ia unggah, ia berhasil meraup 30 ribu hingga 483 ribu USD atau sekitar Rp423 juta hingga Rp6,8 miliar rupiah per bulan.

5 dari 8 halaman

4. Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier berada di urutan ke 22 sekaligus menjadi artis YouTuber nomer empat dengan pendapatan tertinggi. Mantan pesulap ini sukses dengan konten podcastnya yang mengundang berbagai tokoh terkenal seperti Sandiaga Uno dan Bintang Emon.

Kini akun Youtube-nya berhasil meraih lebih dari 10 juta subscribers dengan 613 video. Dari jutaan subscribers tersebut, ayah Azka Nikola Corbuzier ini diperkirakan berhasil meraih 33 ribu hingga 541 ribu USD atau Rp476 juta hingga Rp7,6 miliar rupiah tiap bulan.

6 dari 8 halaman

5. Panji Petualang

Sempat menghilang dari layar kaca, nama Panji Petualang atau Panji sang Penakhluk kini turut meramaikan YouTube Indonesia. Dikenal sebagai sosok yang mampu menjinakkan satwa liar, Panji kini menempati urutan ke 30 Social Blade dan sukses memiliki 7 juta subscribers sejak Maret 2017.

Kini, pria bernama asli Muhammad Panji ini sedang menikmati pundi-pundi rupiah yang berasal dari kanal YouTube tersebut. Setiap bulannya, ditaksir ia meraih 20 ribu hingga 334 ribu USD atau Rp295 juta hingga Rp4,7 miliar rupiah.

 

7 dari 8 halaman

6. Atta Halilintar

Mengawali kariernya sebagai YouTuber, Atta Halilintar kini juga terlibat dalam proyek film layar lebar. Sulung dari Gen Halilintar ini menempati urutan ke 34 dari Social Blade.

Dari 23,9 juta subscribers ia dapatkan sejak bergabung pada Januari 2014, diperkirakan ia berhasil meraup sekitar 27,9 ribu hingga 445 ribu USD atau sekitar Rp394 juta hingga Rp6,2 miliar setiap bulannya.

8 dari 8 halaman

7. Sule

Siapa yang tak kenal dengan sosok Sule? Tak hanya sukses di layar kaca, namun komedian satu ini juga berhasil menempati peringkat ke 45 di Social Blade.

Konten-konten videonya seperti Sasundaan, Apa Adanya dan My Epriting menghiasi channel Youtube-nya, Sule Channel. Bergabung sejak April 2015, Sule Channel berkembang menjadi salah satu akun Youtube yang diminati banyak orang. Total 1501 video dibuatnya hingga mencapai 4,8 juta subscribers. Kini Sule bisa menikmati pundi-pundi rupiah yang ia dapat dari Youtube.

Total pendapatan sahabat Andre Taulany ini dari Youtube diperkirakan mencapai 16,7 ribu hingga 268 ribu USD atau sekitar Rp235 juta hingga Rp3,7 miliar per bulannya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS