Sukses

12 Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan, Aman untuk Diabetes

Biji bunga matahari bisa jadi camilan sehat.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat biji bunga matahari tak bisa dianggap remeh begitu saja. Meski kecil, manfaat biji bunga matahari cukup besar dan berguna bagi kesehatan secara keseluruhan. Biji bunga matahari atau kuaci secara teknis merupakan buah dari tanaman bunga matahari.

Biji bunga matahari biasanya terbungkus dalam cangkang hitam-putih yang tidak dapat dimakan. Biji bunga matahari memiliki rasa yang ringan, manis, dan gurih. Manfaat biji bunga matahari didapat berkat kaya akan lemak sehat, senyawa tanaman bermanfaat dan beberapa vitamin dan mineral.

Manfaat biji bunga matahari di antaranya bisa mencegah peradangan, penyakit jantung, hingga diabetes. Manfaat biji bunga matahari juga sangat kaya akan antioksidan.

Manfaat biji bunga matahari bisa dijadikan camilan sehat. Manfaat biji bunga matahari juga aman dikonsumsi setiap hari. Penting untuk memilih biji bunga matahari yang rendah sodium, tidak bertunas, dan masih layak dikonsumsi. Berikut manfaat biji bunga matahari, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(4/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat biji bunga matahari

Cegah peradangan

Manfaat biji bunga matahari adalah bisa membantu mencegah peradangan. Vitamin E dan bentuk antioksidan lainnya dalam biji bunga matahari membantu mencegah peradangan yang merusak tubuh. Peradangan adalah faktor risiko untuk banyak penyakit kronis seperti jantung, diabetes, dan kanker.

Cegah penyakit jantung

Biji bunga matahari mengandung zat besi, magnesium, mangan, dan kalium yang membantu menjaga cairan dan volume darah, mengatur tekanan darah dan melindungi terhadap stroke dan penyakit jantung. Magnesium dalam biji bunga matahari membantu mencegah kehilangan kalium dan mendukung fungsi jantung.

3 dari 7 halaman

Manfaat biji bunga matahari

Kaya antioksidan

Manfaat biji bunga matahari mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Biji labu bunga matahari mengandung antioksidan seperti karoten dan vitamin E. Antioksidan ini berperan mencegah peradangan yang menjadi penyebab penyakit mulai dari radang sendi, diabetes, jantung, hingga kanker.

Sumber magnesium

Jenis kuaci seperti biji bunga matahari merupakan sumber magnesium yang tinggi. Magnesium dibutuhkan untuk lebih dari 600 reaksi kimia dalam tubuh. Magnesium penting untuk mengontrol tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, membentuk dan memelihara tulang yang sehat, dan mengatur kadar gula darah.

4 dari 7 halaman

Manfaat biji bunga matahari

Sumber vitamin E

Vitamin E memainkan sejumlah peran penting dalam tubuh, termasuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengatur ekspresi gen. Vitamin E adalah kelompok senyawa yang larut dalam lemak dengan kemampuan antioksidan yang kuat. Vitamin E juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Sumber vitamin B

Biji bunga matahari juga merupakan sumber vitamin B yang baik. Vitamin B berperan mengubah makanan menjadi energi, menjaga kulit, sistem saraf dan mata tetap sehat. Biji bunga matahari mengandung tujuh dari delapan vitamin B esensial. Biji bunga matahari merupakan sumber folat dan vitamin B6 yang sangat baik. Kedua vitamin ini diperlukan untuk metabolisme protein dan produksi sel darah merah.

5 dari 7 halaman

Manfaat biji bunga matahari

Anti mikroba

Manfaat biji bunga matahari yang tak kalah baik adalah menjadi agen anti mikroba. Biji ini dapat menghambat pertumbuhan spesies bakteri tertentu, seperti Salmonella typhi, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Vibrio cholera. Biji bunga matahari juga memiliki sifat anti jamur. Manfaat biji bunga matahari ini berkat kandungan tanin, alkaloid, dan saponin yang merusak siklus sel protein bakteri dan jamur.

Sumber selenium

Biji bunga matahari merupakan sumber selenium yang tidak dapat diproduksi tubuh. Nutrisi kecil ini diperlukan untuk reproduksi, pembentukan DNA dan metabolisme hormon tiroid. Selenium juga dikenal akan sifat antioksidannya yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas dan timbulnya penyakit kronis

6 dari 7 halaman

Manfaat biji bunga matahari

Lancarkan pencernaan

Manfaat biji bunga matahari selanjutnya adalah baik untuk pencernaan. Biji bunga matahari kaya akan serat yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Memenuhi kebutuhan serat harian dapat mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

Seimbangkan hormon

Manfaat biji bunga matahari selanjutnya adalah dapat menyeimbangkan hormon. Ini berkat kandungan fitoestrogen, metabolit nabati yang secara struktural dan fungsional mirip dengan hormon. Senyawa ini bisa membantu menyeimbangkan hormon estrogen dan testosteron yang diketahui sebagai hormon reproduksi.

7 dari 7 halaman

Manfaat biji bunga matahari

Baik untuk diabetes

Biji bunga matahari aman dikonsumsi penderita diabetes. Efek biji bunga matahari pada gula darah dan diabetes tipe 2 telah diuji dalam beberapa penelitian. Efek penurunan gula darah dari biji bunga matahari sebagian disebabkan oleh senyawa tanaman asam klorogenat. Studi menunjukkan bahwa orang yang makan 1 ons (30 gram) biji bunga matahari setiap hari sebagai bagian dari diet sehat dapat mengurangi gula darah puasa sekitar 10% dalam enam bulan.

Bantu turunkan kolesterol

Biji bunga matahari dapat memengaruhi proses metabolisme yang dapat mengurangi risiko kolesterol tinggi. Asam lemak lemak tak jenuh, terutama asam linoleat dalam biji bunga matahari juga membantu menurunkan kolesterol. Manfaat biji bunga matahari untuk kolesterol dapat mengurangi keinginan untuk m

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini