Sukses

Beda Folat dan Asam Folat, Jangan Sampai Keliru

Folat dan asam folat kerap disamakan begitu saja.

Liputan6.com, Jakarta Folat dan asam folat merupakan nutrisi penting untuk tubuh. Folat dan asam folat merupakan bentuk dari vitamin B-9. Vitamin B9 adalah nutrisi yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan sel dan pembentukan DNA.

Kadar vitamin B9 yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa kondisi kesehatan seperti risiko penyakit jantung, cacat lahir, dan kanker. Karena sangat mirip, tak jarang orang salah menyebut antara folat dan asam folat.

Keduanya membantu tubuh menciptakan sel-sel baru, seperti sel darah merah. Meski sangat mirip, ada beberapa perbedaan utama antara asam folat dan folat. Asam folat dan folat terbentuk dari sumber berbeda. Cara pemrosesan keduanya di dalam tubuh juga memiliki perbedaan.

Berikut perbedaan folat dan asam folat dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (15/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Perbedaan folat dan asam folat: Bentuk

Bentuk folat

Folat adalah bentuk vitamin B9 yang terbentuk secara alami dalam tumbuhan. Istilah folat berasal dari kata Latin "folium," yang berarti daun. Faktanya, sayuran berdaun adalah salah satu sumber makanan folat terbaik.

Bentuk aktif vitamin B9 adalah folat yang dikenal sebagai asam levomefolic atau 5-methyltetrahydrofolate (5-MTHF).

Bentuk asam folat

Asam folat adalah bentuk sintetis dari vitamin B9. Asam folat juga dikenal sebagai asam pteroylmonoglutamic. Asam folat adalah bentuk folat sintetis yang biasanya ditambahkan pada makanna dan minuman.

3 dari 7 halaman

Perbedaan folat dan asam folat: Proses penyerapan pada tubuh

Cara penyerapan folat

Folat melewati sistem pencernaan dan memasuki aliran darah melalui usus. Dalam sistem pencernaan, sebagian besar folat makanan diubah menjadi 5-MTHF sebelum memasuki aliran darah.

Cara penyerapan asam folat

Tidak seperti folat, tidak semua asam folat yang dikonsumsi diubah menjadi bentuk aktif vitamin B9, 5-MTH. Sebaliknya, asam folat perlu dikonversi di hati atau jaringan lain. Proses ini lambat dan tidak efisien pada beberapa orang.

Bahkan dosis kecil, seperti 200-400 mcg per hari, mungkin tidak sepenuhnya dimetabolisme sampai dosis berikutnya diambil. Akibatnya, asam folat yang tidak dimetabolisme biasanya terdeteksi dalam aliran darah. Karena kadar asam folat yang tidak termetabolisme telah dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan.

Namun, satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi asam folat bersama dengan vitamin B lainnya, khususnya vitamin B6, membuat konversi lebih efisien.

4 dari 7 halaman

Sumber folat

Folat hadir secara alami dalam banyak makanan. Beberapa makanan mengandung lebih banyak folat daripada yang lain. Menurut National Institutes of Health (NIH), lima makanan dengan kadar folat tertinggi adalah hati sapi, bayam, kacang tolo, sereal sarapan yang diperkaya, dan asparagus.

Sayuran hijau gelap, buah-buahan, kacang-kacangan, makanan laut, telur, produk susu, unggas, jus jeruk, dan biji-bijian semuanya mengandung folat. Mengonsumsi makanan yang bervariasi dengan berbagai sumber folat akan membantu seseorang mempertahankan keseimbangan nutrisi yang baik.

Daging dan produk susu adalah sumber folat yang baik, tetapi mereka mungkin juga kaya akan lemak tidak sehat. Pilih daging tanpa lemak dan susu rendah lemak.

5 dari 7 halaman

Sumber asam folat

Asam folat hadir dalam berbagai olahan makanan dan suplemen. Sumber asam folat meliputi pasta fortifikasi, sereal sarapan, roti, nasi, dan tepung jagung.

Asam folat juga hadir dalam bentuk suplemen vitamin. Suplemen biasanya mengandung 400-1.000 mikrogram (mcg) asam folat. Suplemen folat biasanya dikonsumsi sebagai vitamin prenatal. Suplemen lain mengandung 5-methyltetrahydrofolate (5-MTHF), juga dikenal sebagai levomefolate, yang dianggap sebagai alternatif yang memadai untuk asam folat.

6 dari 7 halaman

Manfaat folat dan asam folat

Mengurangi risiko cacat lahir

Sangat penting untuk mengonsumsi folat atau asam folat yang cukup selama kehamilan. Ini membantu melindungi terhadap keguguran dan cacat tabung saraf pada janin.

Sehatkan jantung

Suplemen asam folat telah diteliti mampu menurunkan kadar homosistein. Kadar homosistein yang meningkat dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Asam folat dan vitamin B12 dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Turunkan tingkat depresi

Status folat yang rendah telah dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi dan respons yang buruk terhadap pengobatan antidepresan. Satu studi menunjukkan bahwa suplemen nutrisi dapat membantu mengobati suasana hati yang rendah.

Cegah kanker

Asupan folat yang tinggi dapat melindungi terhadap kanker tertentu, termasuk kanker payudara, usus, paru-paru dan pankreas. Ini kemungkinan karena peran folat dalam ekspresi gen untuk mengendalikan kapan gen dihidupkan atau dimatikan.

7 dari 7 halaman

Dampak buruk kekurangan folat dan asam folat

Memiliki kadar folat yang rendah dalam darah dapat menyebabkan anemia defisiensi folat. Ketika ini berkembang, tubuh membuat sel-sel darah merah yang lebih besar yang tidak berfungsi dengan baik.

Gejala umumnya meliputi kelelahan, tingkat energi yang rendah, perasaan kesemutan di lengan, tangan, kaki, atau kaki, sariawan, masalah dengan penglihatan, hingga hilang ingatan.

Asam folat bekerja dengan vitamin B lainnya untuk mengontrol kadar asam amino yang disebut homocysteine. Memiliki kadar homocysteine yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini