Sukses

5 Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat tape singkong untuk kesehatan didapatkan dari nutrisi yang dikandungnya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat tape singkong sebagai salah satu kudapan khas Indonesia mungkin masih belum banyak diketahui. Padahal, makanan hasil fermentasi ini tidak hanya memiliki rasa yang lezat saja, tetapi juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan.

Dilansir dari Daftar Komposisi Bahan Makanan Indonesia yang diterbitkan oleh Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Ahli Gizi Indonesia (DPP PERSAGI), dalam 100 gram tape singkong, terkandung sejumlah nutrisi, meliputi, 173 kandungan kalori, 0,5 gram protein, 0,1 gram lemak, 42, 5 gram karbohidrat, 30 gram kalsium, 30 miligram Fosfor, dan 56 gram Air.

Manfaat tape singkong untuk kesehatan didapatkan dari nutrisi yang dikandungnya tersebut. Namun, kamu harus memperhatikan jumlah konsumsinya, karena jika terlalu berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek samping bagi tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (27/1/2020) ragam manfaat tape singkong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Baik untuk Pencernaan dan Mengontrol Tekanan Darah

Baik untuk Pencernaan 

Manfaat tape singkong untuk kesehatan yang pertama adalah baik untuk pencernaan. Proses fermentasi selama pembuatan tape singkong memiliki potensi dalam membawa manfaat untuk tubuh.

Seperti yang telah diketahui, makanan fermentasi dapat membantu merangsang pertumbuhan berbagai bakteri baik atau probiotik di dalam usus. Meningkatkanya pertumbuhan bakteri baik di dalam usus akan memengaruhi kesehatan usus secara menyeluruh.

Selain melancarkan pencernaan, bakteri baik juga membantu dalam proses penyerapan nutrisi dan meredakan gangguan pencernaan seperti diare, perut kembung, dan sembelit. Jadi manfaat tape singkong memang sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Probiotik atau bakteri baik merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga lancarnya sistem pencernaan. Bakteri baik yang ada pada tape singkong berasal dari mikroorganisme yang ada dalam ragi tape.

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat tape singkong selanjutnya adalah dapat mengontrol tekanan darah. Tape singkong mengandung kalsium yang merupakan mineral yang baik untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Kalsium memiliki peran dalam pelebaran pembuluh darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

Manfaat tape singkong yang satu ini juga menjadikan tape singkong sebagai makanan yang dapat menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung. Kamu bisa mengatasi penyakit tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi tape singkong ini.

3 dari 5 halaman

Sumber karbohidrat yang baik, Mencegah Anemia, dan Menguatkan Tulang

Sumber Karbohidrat yang Baik

Manfaat tape singkong selanjutnya adalah sebagai sumber karbohidrat. Singkong merupakan sumber karbohidrat yang lebih baik daripada nasi karena memiliki kadar indeks glikemik lebih yang lebih rendah. Sebagai sumber karbohidrat, tape singkong bisa menjadi sumber energi bagi tubuh.

Selain itu, karbohidrat kompleks yang dikandung pada tape singkong juga membuatnya menjadi lebih lama dicerna oleh sistem pencernaan sehingga membuat kamu bisa kenyang lebih lama. Hal ini membuat tape singkong bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Dengan begitu, tentunya kamu bisa memilih tape singkong sebagai makanan untuk diet. Dengan manfaat tape singkong yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama, dan memiliki kandungan lemak yang rendah, jadi sangat bagus untuk program diet.

Mencegah Anemia

Selain itu, manfaat tape singkong juga bisa digunakan untuk mencegah anemia. Rendahnya produksi sel darah merah yang disebabkan oleh berbagai faktor dapat menyebabkan anemia.

Mikroorganisme yang ada dalam ragi tape singkong dipercaya dapat membantu produksi vitamin B12 bagi tubuh. Kandungan vitamin B12 dan kalsium dalam tape singkong dipercaya memiliki peran dalam proses produksi sel darah merah sehingga anemia pun dapat dicegah.

Menguatkan Tulang

Manfaat tape singkong untuk kesehatan juga dapat menguatkan tulang. Untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis, kamu dapat mencoba konsumsi tape singkong.

Di dalam tape singkong ditemukan mineral penting untuk tulang, seperti kalsium dan fosfor. Karena itulah tape singkong dipercaya dapat membantu menjaga kekuatan serta kesehatan tulang.

4 dari 5 halaman

Efek Samping Konsumsi Tape Singkong Berlebihan

Makanan fermentasi memang mengandung bakteri baik yang bermanfaat untuk tubuh. Namun, kebanyakan mengonsumsi makanan fermentasi dapat membahayakan kesehatan.

Penumpukan bakteri baik di dalam tubuh dapat menyebabkan perut kamu mudah bergas dan kembung.

Selain itu, kudapan ini juga menghasilkan produk sampingan berupa alkohol. Kadar alkohol yang terkandung di dalam tape singkong memang cuma sedikit. Meski begitu, jika tape dikonsumsi dalam porsi banyak tentu akan memengaruhi kesehatan tubuh. 

Oleh karena itu, makanlah tape singkong dengan porsi yang wajar, tidak terlalu banyak maupun sedikit.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Tape Singkong

Setelah mengenali berbagai macam manfaat tape singkong dan efek sampingnya, kamu bisa lebih bijak dalam mengonsumsi makanan fermentasi satu ini. Pembuatan tape singkong juga tidak begitu sulit, jadi kamu bisa membuatnya di rumah.

Tape singkong berasal dari fermentasi singkong. Biasanya singkong yang diolah adalah singkong yang manis, yang berwarna putih atau kuning.

Berikut cara membuat tape singkong:

- Sebelum proses fermentasi, kamu perlu mencuci singkong terlebih dahulu hingga bersih.

- Lalu kukus hingga matang.

- Setelah itu, taburi singkong dengan ragi.

- Proses fermentasi bisa dilakukan dengan cara membungkus singkong dalam daun pisang atau ditempatkan pada sebuah wadah khusus yang kedap udara selama 2-3 hari. Semakin lama proses fermentasi, maka tekstur singkong akan semakin empuk.

Nantinya, proses fermentasi yang tepat akan menghasilkan tape singkong yang rasanya manis, sedikit asam dan beraroma alkohol. Rasa manis tape berasal dari ragi yang memecah karbohidrat dalam singkong menjadi gula sederhana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.